Profil Pemain: Anouk Hoogendijk


Berbicara soal timnas putri Belanda mungkin tidak akan bisa lepas dari nama Anouk Hoogendijk. Ia merupakan salah satu bek andalan dari timnas putri Belanda. Saat ini dia memperkuat tim putri Ajax Amsterdam di BeNe League.

Nama lengkapnya adalah Anouk Anna Hoogendijk, dia lahir di Utrecht pada 6 Mei 1985 silam. Ia bermain di posisi gelandang bertahan.

Anouk Hoogendijk mengawali karier sepak bolanya saat berusia 12 tahun di tim junior bersama CSW, SV Argon dan Legmeervogels. Selain itu ia juga pernah menjadi kontestan di “Geef Nooit Op” (Never Give In) di salah satu televisi di Belanda.

Hoogendijk mengawali karier seniornya bersama SV Saestum pada tahun 2004 hingga 2007. Bersama Saestum ia mengantarkan timnya menjuarai Liga Belanda dan Piala Super Belanda pada tahun 2005 dan 2006. Serta di UEFA Women’s Cup ia sukses mengantarkan Saestum hingga babak perempatfinal pada tahun 2006.

Pada tahun 2007, Hoogendijk hijrah ke FC Utrecht hingga tahun 2010. Dari penampilannya sebanyak 37 kali di Utrecht ia juga mencetak 4 gol juga membawa Utrecht menjuarai Piala Super Belanda dan KNVB Beker pada tahun 2010. Kemudian ia kembali ke Utrecht pada tahun 2012.

Tahun 2011, Hoogendijk mencoba peruntungannya bersama Bristol Academy selama 8 bulan pada Januari 2011.

Kemudian pada tahun 2012, Hoogendijk hijrah ke Ajax Amsterdam.

 

Tim Nasional

Hoogendijk mengawali karier tim nasionalnya bersama timnas putri Belanda pada usia 14 tahun di level U-17, dua tahun kemudian ia dipromosikan ke level U-19. Pada Agustus 2004, Hoogendijk mulai bermain di tim senior Belanda. Prestasi tertingginya adalah membawa Belanda lolos hingga babak semifinal Piala Eropa 2009 di Finlandia. Kini Hoogendijk mengoleksi caps bersama timnas Belanda sebanyak 80 kali dengan mencetak 7 gol.

Debut perdananya di timnas senior Belanda adalah saat menghadapi Jepang di Zeist dimana Belanda takluk 0-2 dari Jepang pada 6 Agustus 2004 silam.

Pada Piala Eropa nanti ia tetap akan menjadi bagian terpenting di timnas Belanda, karena Belanda tergabung di grup B bersama Jerman, Islandia, dan Norwegia pada Piala Eropa Putri 2013 yang akan digelar pada 10 Juli hingga 28 Juli di Swedia.

Luar Lapangan

Hoogendijk belajar di Sports an der Academy of physical education di Amsterdam, selain itu ia juga menjadi model untuk apparel asal Amerika Serikat yakni Nike.

Nama             : Anouk Anna Hoogendijk

Tempat Lahir  : Utrecht, Belanda

Tanggal Lahir  : 6 Mei 1985

Panggilan        : Anouk

Klub Saat ini    : Ajax Amsterdam

Klub Sebelumnya: SV Saestum, FC Utrecht, Bristol Academy

Tim Junior         : CSW, SV Argon dan Legmeervogels

Prestasi:

Juara Liga Belanda 2005-2006 (SV Saestum)

Juara Piala Super Belanda 2005-2006 (SV Saestum), 2010 (FC Utrecht)

KNVB Beker 2010 (FC Utrecht)

Tim Nasional:

2004-sekarang Timnas Senior Putri Belanda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s