London Calling: Duel Dua Tim Terbaik Eropa di Stamford Bridge


Dua tim terbaik dari Perancis dan Jerman akan kembali bertemu di final Liga Champions Wanita musim ini. Juara bertahan Olympique Lyon akan bertemu dengan underdog dari Jerman yakni VFL Wolfsburg pada 23 Mei atau 24 Mei dini hari waktu Indonesia di Stamford Bridge markas dari Chelsea.

Ini memang merupakan pertemuan pertama bagi kedua tim. Lyon sudah menginjakkan kaki ke Final Liga Champions Wanita sebanyak 4 kali beruntun dan meraih gelar Liga Champion Wanita sebanyak 2 kali beruntun pada tahun 2011 dan 2012.

Bagi Wolfsburg ini merupakan final perdana bagi mereka dan lebih hebatnya lagi Die Wolfinnen lolos ke babak final di debut perdana mereka di Liga Champions Wanita, serta ini merupakan final Liga Champions Wanita ke 6 kalinya secara beruntun bagi tim Jerman.

Lyon tengah mengincar target untuk menjadi tim pertama yang meraih gelar Liga Champions Wanita untuk ketiga kalinya secara beruntun, namun Wolfsburg juga berpeluang untuk meraih gelar Liga Champions Wanita perdananya musim ini. Faktanya tim Jerman sebelumnya FFC Frankfurt, FCR Duisburg dan Turbine Potsdam mampu meraih gelar Liga Champions Wanita ketika debut perdana mereka di Final Liga Champions Wanita.

Baik Wolfsburg maupun Lyon keduanya sukses meraih gelar juara Liga Domestik musim ini. Perbedaannya adalah Wolfsburg baru pertama kali meraih gelar Frauen Bundesliga sedangkan Lyon sudah meraih gelar Liga Perancis sebanyak 7 kali secara beruntun.

Wolfsburg tidak akan diperkuat oleh Selina Wagner karena mengalami cedera ACL ketika menghadapi Leverkusen 1 Mei lalu, bek andalan mereka Verena Faisst karena sakit Demam Glandular dan Viola Odebrecht karena akumulasi kartu.

Namun, Wolfsburg bisa sedikit bernafas lega dengan kembalinya Zsanett Jakabfi dan Alexandra Popp juga berpeluang tampil di Final Liga Champions Wanita setelah mengalami cedera ligamen luar 1 pekan silam. Selain itu Wolfsburg juga baru saja mengontrak bek muda asal Swiss berusia 17 tahun Noelle Maritz.

Lyon juga harus bermain di partai Final tanpa diperkuat oleh Laetitia Tonazzi karena cedera betis saat Lyon membantai Arras dengan skor 9-0 di lanjutan Liga Perancis pekan lalu. Namun, Lyon bisa bernafas lega dengan kembalinya Lara Dickenmann pasca cedera betis di partai Final.

Selain itu kabar gembira juga datang dari Lyon, dimana striker andalannya asal Swedia Lotta Schelin resmi memperpanjang kontraknya hingga Juni 2016, serta meraih gelar pemain putri terbaik di Liga Perancis musim ini pada 19 Mei lalu.

Melihat dari komposisi skuad kedua tim, keduanya sama-sama berpeluang meraih kemenangan di Stamford Bridge pada 23 Mei mendatang. Tim terbaik dalam pertandingan ini akan meraih gelar Liga Champions Wanita pada musim ini. Wasit asal Rumania Theodora Albon akan memimpin jalannya partai Final Liga Champions Wanita di Stamford Bridge.

Laga ini akan disiarkan secara langsung di Eurosport pada hari Jumat, 24 Mei mulai pukul 01.15 WIB dinihari. Bila tv kabel/satelit anda memiliki channel Eurosport, ada bisa menyaksikan secara langsung dari tv anda.

Bila anda selalu livestreaming, anda bisa menyaksikan laga ini di http://schoener-fernsehen.com/ lalu klik Eurosport apabila anda ingin menyaksikannya dengan komentator berbahasa Jerman.

Sedangkan bila anda ingin streaming Eurosport dengan komentator berbahasa Inggris anda bisa streaming di http://www.stopstream.com/ atau di http://www.sportlemon.tv/ lalu klik Eurosport yang letaknya berada paling atas sendiri dari daftar chanel kedua link streaming ini.

Berikut adalah perkiraan Starting Line-up dari kedua tim:

Wolfsburg:

Pelatih: Ralf Kellermann

Alisa Vetterlein

Luisa Wensing – Josephine Henning – Lena Goessling – Laura Vetterlein

Zsanett Jakabfi – Nadine Kessler – Anna Blasse

Lina Magull

Martina Muller – Conny Pohlers

Lyon:

Pelatih: Patrice Lair

Sarah Bouhaddi

Corine Franco – Wendie Renard – Sonia Bompastor – Laura Georges

Camille Abily – Amandine Henry – Megan Rapinoe

Louisa Necib – Eugenie Le Sommer

Lotta Schelin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s