Sonia Bompastor Gantung Sepatu Usai Final Piala Perancis


Sonia Bompastor akan mengakhiri kariernya di sepak bola setelah laga final Coupe De France antara Lyon kontra AS Saint-Etienne malam ini di Clermont-Ferrand, yang juga bertepatan dengan hari ulang tahunnya yang ke 33.

Bompastor ingin lebih berkonsentrasi dengan keluarganya setelah pensiun dari sepak bola terlebih setelah tidak lagi menjadi pilihan utama di timnas Perancis oleh pelatih Bruno Bini.

Kapten dari Olympique Lyon ini telah memenangkan delapan gelar Liga Perancis dan dua gelar Liga Champions Wanita, serta merupakan pesepakbola wanita terbaik dunia pada dekade ini.

Bompastor mengawali kariernya bersama La Roche ESOF sebelum hijrah ke Montpellier HSC pada tahun 2002. Di Montpellier, Bompastor sukses membawa Montpellier menjuarai Liga Perancis pada musim 2003/04 dan 2004/05, pada musim berikutnya Montpellier juga menjuarai Piala Perancis dan memasuki babak semifinal UEFA Women’s Cup.

Eks kapten dari timnas Perancis ini bergabung dengan Lyon pada tahun 2006, serta membawa Lyon meraih gelar Liga Perancis tiga kali secara beruntun dan double winners pada musim 2007/2008, kemudian pada tahun 2009 Bompastor mencoba peruntungannya di Amerika Serikat bersama klub WPS (sekarang menjadi NWSL) Washington Freedom, lalu bergabung dengan Paris Saint Germain dengan status pinjaman.

Bompastor kembali ke Lyon pada tahun 2010 saat Lyon sudah ditangani oleh eks pelatih Montpellier saat Bompastor masih menjadi pemainnya yakni Patrice Lair. Saat kembali ke Lyon, Bompastor sukses membawa Lyon meraih tiga gelar Liga Perancis dan dua gelar Liga Champions Wanita pada musim 2010/2011 dan 2011/2012, namun sayangnya musim ini Lyon harus takluk dari Wolfsburg di final Liga Champions Wanita yang digelar di Lyon 23 Mei kemarin.

Bersama timnas Perancis, Bompastor memiliki 156 caps dan mencetak 18 gol terhitung sejak tahun 2000 hingga 2012. Bompastor juga memperkuat Perancis di Piala Eropa 2001, 2005 dan 2009 serta Piala Dunia 2011 dan Olimpiade 2012 di London. Perancis finis di urutan ke 4 pada Piala Dunia 2011 dan Olimpiade 2012 di London.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s