Preview Final EURO 2013: Jerman vs Norwegia


Duel ulangan Grup B akan tersaji di Final Piala Eropa 2013 antara Jerman melawan Norwegia di Friends Arena pada hari Minggu malam (28/7). Pada 17 Juli lalu Norwegia sempat menundukkan Jerman dengan skor tipis 1-0 di Kalmar, melalui gol dari Ingvild Isaksen.

Kedua tim baik Jerman maupun Norwegia akan menurunkan formasi terbaiknya di laga Final Euro 2013, yang akan disaksikan kurang lebih sebanyak 50 ribu penonton di Friends Arena, Solna di sebelah utara Stockholm.

Ini akan menjadi pertemuan ke 37 bagi kedua tim, dari 36 pertemuan terakhir mereka: Jerman menang 17 kali, Norwegia menang 14 kali dengan 6 kali hasil imbang.

Pertemuan Jerman dan Norwegia menjadi pertemuan ke 4 di laga Final Piala Eropa, dari 3 pertemuan terakhir Jerman selalu menang di laga Final Piala Eropa pada tahun 1989 ketika Jerman merengkuh gelar Eropa perdananya di Osnabruck, Jerman lalu pada tahun 1991 di Aalborg, Denmark dan terakhir pada tahun 2005 di Blackburn, Inggris.

Kemudian Jerman dan Norwegia juga bertemu di laga Final Piala Dunia Wanita 1995 di Solna tepatnya di Rasunda Stadium, dimana Norwegia unggul 2-0 atas Jerman dan meraih gelar Piala Dunia Wanita untuk pertama kalinya bagi Norwegia.

Kedua tim baik Jerman dan Norwegia juga memiliki pemain muda yang mumpuni. Rata-rata usia pemain timnas Jerman adalah 23,5 tahun, kemudian rata-rata usia pemain Norwegia adalah 25,3 tahun.

 

Peta kekuatan Finalis Women’s EURO 2013:

Kiper: 

Untuk Kiper Jerman masih tetap diisi oleh kapten Nadine Angerer yang baru saja pindah ke Brisbane Roar.

Sementara posisi kiper di Norwegia tetap menjadi milik kiper Bente Nordby Ingrid Hjemlseth. Kedua kiper ini sudah memiliki lebih dari 100 caps.

Bek:

Di kubu Jerman, mereka harus kehilangan bek kiri Babett Peter, Linda Bresonik dan Verena Faisst karena cedera dan sakit.

Namun bisa teratasi dengan duet senior Annike Krahn dan Saskia Bartusiak di centre back serta bek sayap muda Leonie Maier dan Jennifer Cramer.

Di kubu Norwegia, posisi centre back diisi oleh duet senior Trine Rønning dan Marit Fiane Christensen dimana kedua pemain ini sudah memiliki lebih dari 200 caps, serta full back Toril Akerhaugen dan Maren Mjelde.

Tengah:

Cederanya Kim Kulig di kubu Jerman membuat Silvia Neid harus memutar otak untuk mencari pelapisnya, di posisi defensive Midfielder saat ini diisi oleh Nadine Kessler dan Lena Goessling yang membawa VfL Wolfsburg meraih treble winners musim ini.

Kemudian duet Lena Lotzen dan Simone Laudehr yang baru saja pulih dari cedera, serta Melanie Leupolz siap jadi alternatif.

Kemudian di tim Norwegia, posisi tengah masih diisi oleh dua pemain berpengalaman seperti kapten Ingvild Stensland dan playmaker senior Solveig Gulbrandsen. Kemudian Ingvild Isaksen yang mencetak gol pertamanya di timnas Norwegia saat mengalahkan Jerman melengkapi barisan tengah Gresshoppene.

Depan:

Jerman tetap mengandalkan Celia Okoyino da Mbabi dan Anja Mittag di lini depan, sementara Dzsenifer Marozsan merupakan playmaker dari DFB Frauen saat ini.

Di kubu Norwegia, lini depan diisi oleh duet maut pemain berusia 18 tahun Ada Hegerberg dan Caroline Graham Hansen. Kemudian Kristin Hegland mendampingi peran dua remaja ini di lini depan. Elise Thorsnes menjadi alternatif di lini depan Gresshoppene.

Prediksi Line Up Jerman:

Angerer

Cramer – Bartusiak – Krahn – Maier

Kessler – Goessling

Lotzen – Laudehr – Marozsan

Mittag

Prediksi Line Up Norwegia:

Hjelmseth

Mjelde – Ronning – Christensen – Akerhaugen

Gulbrandsen – Isaksen – Stensland

Hansen – Hegerberg – Hegland

Sama-Sama Berambisi

Jerman mengusung misi "Laganda 008" seperti yang terletak di gelang mereka yang berarti team spirit dan angka 8 adalah misi untuk mengejar gelar Eropa Die Frauen Nationalmannschaft yang ke 8, atau mempertahankan gelarnya sebanyak 6 kali secara beruntun sejak Piala Eropa Wanita bergulir pada tahun 1984 lalu.

Sementara Norwegia, mereka berambisi untuk mematahkan dominasi Jerman yang sudah berlangsung sejak tahun 1995 hingga saat ini, dimana Jerman mempertahankan gelar Eropa sampai tahun 2009 untuk kelima kalinya secara beruntun.

Laga ini akan digelar di Friends Arena, Solna tepatnya di sebelah utara Stockholm, Swedia. ARD sebagai salah satu stasiun televisi nasional Jerman akan menayangkan laga semifinal EURO 2013 antara Swedia vs Jerman ini (tersedia livestream), juga Eurosport diseluruh region Eropa pada pukul 21.00 WIB atau 16.00 waktu setempat.

Dan yang jelas tidak ada stasiun televisi nasional yang mau menayangkan seru semifinal EURO 2013 ini, namun jika anda memiliki Indovision atau Oke Vision anda bisa menyaksikannya secara langsung di MNC Sports 1.

Jangan lupa follow twitter kami di @womensfootie_id apabila anda tidak bisa menyaksikan laga semifinal EURO 2013, kami juga akan membagikan link streaming alternatif di twitter.

Bagaimana prediksi anda mengenai skor akhir dari laga semifinal antara Jerman vs Norwegia ? Menurut kami peluangnya adalah 50:50, karena keduanya sama-sama kuat dilihat dari komposisi skuad kedua tim.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s