Eks VfL Wolfsburg Rebecca Smith Pensiun


Kapten timnas Selandia Baru sekaligus eks VfL Wolfsburg Rebecca Smith resmi pensiun dari karier sepakbolanya setelah 10 tahun berkarier di sepakbola dan timnas Selandia Baru. Bek berusia 32 tahun ini sudah lebih dari 12 bulan berjuang untuk melawan cedera lututnya, sehingga harus absen dari 7 laga bersama timnas Selandia Baru dan juga kompetisi Frauen Bundesliga bersama VfL Wolfsburg.

Rebecca Smith tampil sebanyak 74 kali bersama timnas Selandia Baru, ia mengawali debutnya saat menghadapi Samoa pada tahun 2003 silam. Termasuk dua ajang Piala Dunia dan Olimpiade. Ia lahir dan mengawali karier di Amerika Serikat. Bex Smith tembus caps ke 50 saat partai persahabatan menghadapi Australia pada 12 Mei 2011.

Pemain kelahiran Los Angeles, AS, 17 Juni 1981 ini kemudian melanjutkan kariernya di Jerman, Swedia dan Australia, hingga mengakhiri kariernya bersama VfL Wolfsburg dimana ia bergabung sejak tahun 2009 dan pada akhir musim lalu Wolfsburg sukses meraih treble winners.

Bex Smith mengawali karier juniornya di Palos Verdes Breakers, South Bay Gunners dan Fram CQ Soccer Club. Lalu ia Bergabung bersama Chadwick School dimana ia bersekolah disana pada 1995 dan lulus pada tahun 1999. Lalu ia menjadi kapten di Duke University pada tahun 1999 hingga 2003.

Kemudian Bex Smith memulai petualangannya di Jerman pada tahun 2004 dengan bergabung bersama FFC Frankfurt, kemudian pada tahun 2005 ia bergabung bersama FSV Frankfurt. Pada tahun 2005, Bex Smith mencoba peruntungan di Swedia dengan bergabung bersama Sunnana SK hingga tahun 2008.

Bex Smith sempat berada di Australia dengan bergabung bersama Newcastle Jets pada tahun 2008. Pada tahun 2009, ia kembali ke Jerman dengan bergabung bersama VfL Wolfsburg. Bersama Wolfsburg, Bex Smith mengantarkan Die Wolfinnen lolos ke Liga Champions untuk pertama kalinya saat musim 2011/12. Prestasi terbaiknya adalah dengan menjuarai Frauen Bundesliga, DFB Pokal dan Liga Champions pada musim lalu meskipun ia jarang tampil karena dalam masa pemulihan cedera lututnya. Akhir musim lalu juga menjadi musim terakhir Kapten timnas Selandia Baru ini bersama VfL Wolfsburg.

Bex Smith akan tampil dengan blazer resmi Federasi Sepakbola Selandia Baru saat Football Ferns menghadapi Brazil pada Valais Cup di Swiss pada 23 September, ia mengatakan bahwa keputusan tersebut tidaklah mudah baginya.

Setelah berhenti dari sepakbola ia akan menjabat sebagai manajer untuk kompetisi sepakbola wanita untuk FIFA. Sebenarnya ia sudah ditawari untuk menjabat posisi tersebut saat ia masih menjalani rehabilitasi cedera lututnya, saat masih membela VfL Wolfsburg.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s