FIFA Beri Lampu Hijau Wolfsburg Soal Noelle Maritz


FIFA akhirnya memberi lampu hijau kepada VfL Wolfsburg Frauen soal penyelesaian kepindahan Noelle Maritz dari FC Zurich ke Die Wolfinnen, izin akhir saat ini hanyalah soal formalitas. Meskipun aplikasi sudah dimasukkan dengan benar kepada FIFA, pemain berusia 17 tahun ini harus menyaksikan dua laga Wolfsburg di Frauen Bundesliga dari bangku penonton.

Sekarang transfer Noelle Maritz sudah disahkan oleh FIFA, kini ia bisa tampil saat Wolfsburg menjamu Burg Gretesch di ajang DFB Pokal kemudian menghadapi Sindelfingen di Frauen Bundesliga.

Dalam proses transfer pemain dan pemain internasional, ada peraturan tertentu dari FIFA yang harus dipenuhi. Seorang pemain hanya bisa pindah ke klub luar misalnya Noelle Maritz sendiri berasal dari Swiss dan bermain untuk FC Zurich sebelumnya. Ia hanya bisa pindah ke klub luar Swiss (misalnya), jika usianya sudah mencapai minimal 18 tahun. Maritz sendiri akan genap berusia 18 tahun pada 23 Desember mendatang.

FIFA menempatkan aturan ini dalam Pasal 19, dari kutipan FIFA tertulis tentang "Peraturan untuk status dan transfer pemain." Aturan tersebut berlaku untuk transfer pemain sepakbola pria maupun wanita.

Kewajiban internasional oleh pemain dibawah umur hanya tersedia dalam kasus luar biasa yang memerlukan ijin khusus FIFA. Masalah ini adalah datang  selama berminggu-minggu dalam kasus Noelle Maritz. Bek Swiss berusia 17 tahun ini sudah memenuhi syarat untuk bermain dalam pertandingan Bundesliga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s