10 Nominasi Pebola Wanita Di FIFA Women Player Of The Year 2013


Hari ini FIFA dan France Football mengumumkan 10 nominasi kategori pesepakbola wanita terbaik di Ballon D’Or 2013 dan juga untuk 10 nominasi pelatih tim sepakbola putri terbaik tahun ini. Tiga nominasi teratas akan diumumkan pada awal Desember nanti oleh FIFA dan France Football, dan pemenang akan diumumkan pada malam gala FIFA World Player 2013 pada 13 Januari 2014 mendatang di Zurich Kongreshaus. Disini kami akan membahas 10 nominasi pemain kategori pesepakbola wanita terbaik di Ballon D’Or 2013 terlebih dahulu.

1. Nadine Angerer (Jerman – Brisbane Roar)

Kiper sekaligus kapten Jerman ini mengantarkan timnas Jerman meraih gelar Eropa ke 8 atau 6 kali secara beruntun pada tahun ini, plus aksi gemilangnya di final EURO 2013 dengan menggagalkan penalti dari dua pemain Norwegia Solveig Gulbrandsen dan Trine Ronning. Natze juga terpilih sebagai pemain terbaik Eropa versi UEFA pada awal September lalu, menyisihkan Lotta Schelin dan rekan senegaranya Lena Goessling. Saat ini pemain yang memiliki ciri khas dengan topinya ini bermain untuk klub Australia Brisbane Roar.

 

2. Lena Goessling (Jerman – VfL Wolfsburg)

Lena Goessling membantu Wolfsburg menciptakan sejarah baru di sepakbola Wanita dengan meraih treble winners mulai dari Frauen Bundesliga, DFB Pokal dan Liga Champions. Bahkan di Final Liga Champions, Goessling membantu Wolfsburg mengalahkan Lyon dalam waktu normal. Goessling juga sebagai Player Of The Match saat Wolfsburg menundukkan Lyon di Final Liga Champions Wanita musim lalu. Selain itu Goessling juga membawa Jerman meraih gelar Eropa yang ke 8 atau 6 kali secara beruntun.

 

3. Lotta Schelin (Swedia – Olympique Lyon)

Lotta Schelin adalah top skor di EURO 2013 dengan perolehan 5 gol meskipun Swedia hanya tembus di babak semifinal. Schelin juga membawa Lyon meraih gelar Liga Perancis dan Coupe De France tahun ini, namun gagal membawa Lyon meraih gelar Liga Champions untuk ketiga kalinya secara beruntun. Lotta Schelin juga menjadi pemain terbaik Liga Perancis musim ini.

 

4. Nilla Fischer (Swedia – VfL Wolfsburg)

Nilla Fischer adalah peraih Silver Boot pada EURO 2013 dengan 3 gol. Ia di transfer ke klub treble winners musim lalu VfL Wolfburg dari klub Damallsvenskan Linkoping FC pada musim panas ini, berkat penampilannya bersama timnas Swedia di EURO 2013 Juli lalu. Semula Fischer dijadwalkan baru bergabung dengan Wolfsburg pada Januari 2014 mendatang, namun Linkoping lebih memilih melepas bek berusia 29 tahun ini lebih cepat.

 

5. Yuki Ogimi (Jepang – Chelsea)

Sebelum ditransfer ke Chelsea, Ogimi adalah top skor di Frauen Bundesliga musim lalu bersama Turbine Potsdam. Musim lalu adalah musim terakhir bagi striker timnas Jepang bersama Turbine Potsdam, dimana Potsdam hanya menjadi runner up di Frauen Bundesliga dan DFB Pokal.

 

6. Saki Kumagai (Jepang – Olympique Lyon)

FFC Frankfurt tidak mengalami musim yang bagus pada musim lalu, begitu juga dengan Saki Kumagai dengan timnas Jepang. Musim panas ini ia baru saja menandatangani kontrak bersama Juara Perancis Olympique Lyon dari klub Jerman FFC Frankfurt.

 

7. Marta Vieira Da Silva (Brazil – Tyreso FF)

Sejak 2005 lalu Marta selalu menjadi nominator pada penghargaan ini, bahkan ia meraih penghargaan tersebut pada tahun 2006, 2007, 2008, 2009, dan 2010. Pada 2011 dan 2012 ia juga masuk nominasi FIFA Women Player Of The Year namun kalah bersaing dari Homare Sawa dan Abby Wambach. Marta juga baru saja melakukan comebacknya di Liga Champions bersama Tyreso FF dan membawa klub Swedia ini lolos ke 16 besar Liga Champions Wanita, menyingkirkan klub Perancis Paris Saint Germain.

 

8. Abby Wambach (Amerika Serikat – Western New York Flash)

Abby Wambach memecahkan rekor gol terbanyak timnas AS milik Mia Hamm 21 Juni lalu saat menundukkan Korea Selatan dengan skor 5-0 di Red Bull Arena. Terakhir Mia Hamm mengoleksi 158 gol dalam 257 caps, sementara itu Abby Wambach sudah mengoleksi 162 gol dalam 209 kali penampilannya bersama timnas AS.

9. Alex Morgan (Amerika Serikat – Portland Thorns)

Alex Morgan membawa Portland Thorns meraih gelar NWSL untuk pertama kalinya pada musim pertama NWSL digelar, namun performa di timnas AS pada tahun ini tidak sebagus kompatriotnya Abby Wambach ataupun Christen Press.

 

10. Christine Sinclair (Kanada – Portland Thorns)

Sama halnya dengan Alex Morgan, Christine Sinclair juga membawa Portland Thorns meraih gelar NWSL perdananya musim ini pada musim pertama NWSL digelar. Sebenarnya agak mengejutkan mendengar nama Sinclair di Nominasi FIFA Ballon D’Or tahun ini, karena ia tidak terlalu bagus di level timnas tahun ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s