Preview dan Fakta Final UWCL 2013/14: Tyreso FF vs VfL Wolfsburg


perang bintang

Untuk pertama kalinya Tyreso FF melaju ke final Liga Champions Wanita musim ini, lawannya-pun tidak tanggung-tanggung adalah juara bertahan musim lalu VfL Wolfsburg. Kedua tim ini akan bersua di Estadio do Restelo pada 22 Mei atau 23 Mei dinihari, anyway kedua tim ini baru pertama kali bertemu dalam catatan pertemuan kedua tim. 

Namun sebelum bertemu Tyreso pada 22 Mei nanti, Wolfsburg sudah pernah bertemu tim Swedia yakni juara Liga Swedia, FC Rosengard dengan agregat 5-2 pada babak 16 besar Swedia. Sementara Tyreso di babak 32 besar mampu menaklukkan raksasa Perancis PSG dengan agregat 2-1. Lalu di babak semifinal Tyreso sukses menaklukkan wakil Inggris Birmingham City dengan agregat 3-0, sementara Wolfsburg harus bersusah payah menaklukkan rivalnya di Bundesliga, Turbine Potsdam dengan agregat 4-2.

Tyreso berpeluang menjadi tim Swedia kedua yang menjuarai UWCL setelah Umea IK pada tahun 2003 dan 2004. Sementara Wolfsburg berpeluang mempertahankan gelarnya untuk menyamai pencapaian Olympique Lyon (2011, 2012) dan Umea IK (2003, 2004) yang sukses mempertahankan gelar dua kali berturut-turut. Ini merupakan final ketujuh secara beruntun (total 11 final) bagi wakil Jerman. Kemudian sempat kalah dari Lyon pada tahun 2011 dan 2012 sebelum Lyon menelan kekalahan dari Wolfsburg pada musim lalu di Stamford Bridge.

Sementara itu bagi wakil Swedia ini merupakan final ketujuh bagi mereka setelah Umea IK sukses menjuarai kompetisi Eropa pada tahun 2003 dan 2004, namun kalah di final pada tahun 2002, 2007 dan 2008, lalu Djurgarden IF DFF pada tahun 2005.

Bicara soal final UWCL musim ini, final ini juga merupakan pertemuan kelima di final UWCL antara wakil Jerman dan Swedia dalam 13 musim. FFC Frankfurt sukses menaklukkan Umea IK pada tahun 2002 dan 2008, namun Umea IK berhasil membalas kekalahan mereka pada thun 2005. Kemudian Turbine Potsdam menaklukkan wakil Swedia Djurgarden pada tahun 2005.

Dipastikan Tyreso akan tampil 100% full team di final UWCL, sementara VfL Wolfsburg harus kehilangan Lina Magull karena cedera engkel, Johanna Tietge karena cedera ACL dan Josephine Henning yang masih diragukan tampil karena mengalami masalah pada lututnya. Jika musim lalu Selina Wagner absen karena cedera ACL, maka di final pada Jumat dinihari (23/5) ia berpeluang tampil menghadapi Tyreso. Verena Faisst juga berpeluang tampil menghadapi Tyreso setelah musim lalu ia absen karena sakit.

 

Fakta Kedua Finalis UWCL 2013/14:

– Beberapa pemain Tyreso akan segera meninggalkan klub pada musim panas nanti seperti Meghan Klingenberg, Whitney Engen, Christen Press, Caroline Seger, Marta dan Veronica Boquete.

– Musim depan Wolfsburg akan memiliki tambahan pemain baru: Babett Peter (FFC Frankfurt) dan Caroline Graham Hansen (Stabaek FK). Kemudian Ivonne Hartmann akan kembali ke klub lamanya FF USV Jena.

– Madelaine Edlund comeback ke skuad Tyreso pada musim dingin setelah cuti melahirkan disaat Tinja-Riika Korpela, Fabiana, Rilany, Mayara dan Thaisa direkrut sebagai pemain baru Tyreso.

– Marta menjadi inspirator kemenangan Umea IK 10 tahun silam saat mengandaskan FFC Frankfurt dengan agregat 8-0. Ia mencetak 2 gol di kandang Umea saat menang 3-0, lalu leg kedua menang 5-0 di Frankfurt.

– Marta juga berpartisipasi di final UWCL 2008 (masih bernama Women’s Cup) saat takluk 3-2 di Frankfurt, dimana Conny Pohlers juga mencetak gol untuk FFC Frankfurt.

– Conny Pohlers menjadi top skor UWCL sepanjang masa dengan koleksi 48 gol.

– Conny Pohlers menjadi top skor di final UWCL dengan 8 gol, disusul oleh Marta dengan 4 gol lebih sedikit dibanding Pohlers. Jika Pohlers main di final UWCL besok maka ia berpeluang menyamai rekor 8 caps di final UWCL milik Anna Paulson.

– Musim ini akan menjadi penampilan terakhir Conny Pohlers di final UWCL sebelum memutuskan gantung sepatu pada musim depan.

– Nadine Kessler, Josephine Henning, Viola Odebrecht, dan Alexandra Popp pernah menjuarai UWCL di dua klub berbeda. Jika Kessler, Henning dan Odebrecht pernah memenangi gelar UWCL bersama Turbine Potsdam dan VfL Wolfsburg, maka Alexandra Popp pernah memenanginya bersama FCR 2001 Duisburg (sekarang MSV Duisburg).

– Ralf Kellermann berpeluang menyamai pencapaian Bernd Schröder (Turbine Potsdam, 2005 & 2010), Hans-Jürgen Tritschoks (FFC Frankfurt 2006 &
2008) dan Patrice Lair (Olympique Lyon, 2011 & 2012) jika Wolfsburg mampu mempertahankan gelar UWCLnya musim ini.

 

Laga ini akan disiarkan secara langsung di Eurosport pada hari Jumat, 23 Mei mulai pukul 01.30 WIB dinihari melalui livestreaming. Anda bisa menyaksikan laga ini di http://schoener-fernsehen.com/ lalu klik Eurosport apabila anda ingin menyaksikannya dengan komentator berbahasa Jerman.

Sedangkan bila anda ingin streaming Eurosport dengan komentator berbahasa Inggris anda bisa streaming di http://www.stopstream.com/ atau di http://www.sportlemon.tv/ lalu klik Eurosport yang letaknya berada paling atas sendiri dari daftar chanel kedua link streaming ini atau cari sesuai jadwal pertandingan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s