Profil Vivianne Miedema, De Fenomeen


IMG_96780389945682

Sepak bola wanita di Belanda memang masih kurang populer dibanding sepakbola prianya, namun Belanda haruslah beruntung memiliki mesin gol muda nan berbahaya seperti Vivianne Miedema. Lahir di Hoogeveen, 15 Juli 1996, pemain yang biasa dipanggil Anna ini memiliki passion yang cukup kuat di sepak bola. Miedema juga tidak pernah bosan dalam urusan mencetak gol. Bahkan sang adik, Lars juga seorang pebola junior yang memperkuat U15 PEC Zwolle, sebelumnya Lars juga pernah memperkuat tim junior SC Heerenveen.

Miedema mengawali karir juniornya di klub lokal HZVV (Hoogeveense Zaterdag Voetbal Vereniging) saat usianya masih 5 tahun, saat itu ia bermain untuk tim putra.  8 tahun berselang, Miedema kecil melanjutkan karirnya di klub rival VV de Weide.

Masa kecil Vivianne Miedema berbeda dengan anak-anak pada umumnya karena ia selalu memiliki sepak bola dalam hidupnya. Walaupun mungkin mereka melewatkan sesuatu hal di dunia luar, “Kami mengalami hal-hal lain yang sebagian besar dari mereka tidak pernah dilakukan. Saya mengerti bahwa tidak semua orang ingin menjdi sama. Saya pikir selama anda menikmati hidup ini anda bersedia untuk berkorban.” jelas Miedema kepada uefa.com.

MG_4419-001

Tahun 2011, Vivianne Miedema dikontrak oleh klub profesional Belanda, SC Heerenveen dan menjadi pemain termuda di skuad Heerenveen pada saat itu dan juga termuda pada level tertinggi di sepakbola wanita. 2011 silam, Heerenveen duduk di posisi akhir klasemen Eredivisie Belanda. BeNe League diluncurkan mulai musim 2012/13, ketika itu Heerenveen tergabung di BeNe League B dan Vivianne Miedema menjadi top skor BeNe League B dengan 22 gol dari 14 laga di Heerenveen.

Miedema_857DD1A27CAB45D8C1257C890040C5A2_8.jpg

Untuk gelar individu, Miedema terpilih sebagai atlet putri terbaik di Drenthe pada tahun 2013 lalu berkat penampilan cemerlangnya bersama SC Heerenveen.

Musim 2013/14 adalah musim terakhir Vivianne Miedema di Heerenveen, bahkan ia kembali menjadi top skor di BeNe League di musim terakhirnya bersama Heerenveen dengan torehan 39 gol dari 26 laga. Unggul jauh dari Ellen Jansen (FC Twente) yang hanya mencetak 24 gol dari 26 laga.

Pada Level tim nasional bersama timnas Belanda, Miedema memulai debutnya di timnas U15 Belanda pada Maret 2010. Dari 9 laga bersama timnas U15 Belanda, Miedema mampu membukukan 10 gol dan di tim U17 Belanda dengan membukukan 22 gol dari 11 laga sekaligus menjadi pencetak gol terbanyak di timnas junior Belanda.

18-jarige-oranje-dame-scoort-wereldgoal-570x268

Miedema mulai melakoni debut di timnas senior Belanda pada 26 September 2013 kontra Albania di Tirana saat Belanda menang 4-0 pada kualifikasi Piala Dunia Wanita 2015. Satu bulan berselang, Miedema langsung mencetak hat trick saat Belanda mengalahkan Portugal dengan skor 7-0. Untuk sementara Vivianne Miedema membukukan 10 gol di Kualifikasi Piala Dunia Wanita 2015, total gol yang dicetak Miedema di timnas senior Belanda adalah 12 gol dari 11 laga.

Karena penampilan cemerlang Miedema bersama timnas Belanda membuat sejumlah klub besar Eropa tertarik meminang pemain berusia 18 tahun ini termasuk Olympique Lyon, FC Rosengard dan Bayern Munich. Setelah sempat mendatangi ketiga klub tersebut untuk mengecek fasilitas dan sebagainya, 6 Juni 2014 Vivianne Miedema memutuskan untuk bergabung dengan Bayern Munich pada musim Allianz Frauen Bundesliga 2014/15 dengan kontrak selama dua tahun atau sampai 2016, selain itu Vivianne Miedema akan mengenakan nomor kostum 10 yang pernah digunakan Julia Simic saat masih membela Bayern.

Bpc-63kIMAAhVaQ.jpg large

Miedema mengemukakan alasannya mengapa ia lebih memilih Bayern Munich, bukan semata-mata karena uang melainkan karena bagi Miedema Bayern sudah seperti keluarga ketika ia berkunjung ke markas Bayern Frauen, “Dari beberapa klub besar Eropa, saya memilih Bayern karena saya merasa Bayern bisa menjadi sebuah keluarga besar.” jelas striker berusia 18 tahun ini. Kemudian Miedema mengatakan kepada RTV (media Belanda) tentang alasan ia lebih memilih Bayern dibanding Rosengard ataupun Lyon, “klub seperti Lyon dan Rosengard telah meraih segalanya, jadi tantangan bermain di Bayern Munich jauh lebih besar.”

Bayern Munich memiliki kesan tersendiri bagi Miedema, “Pada kunjungan saya ke Bayern Munich ini merasa cukup baik dan saya melihat klub sebesar Bayern Munich. Itu merasa seperti sebuah keluarga yang hangat dan memiliki percakapan yang menyenangkan. Dalam percakapan saya dengan pemandu bakat, Ger Beckers dan kemudian dengan pelatih Thomas Wörle yang mengatakan kepada saya ambisi dari klub untuk masa depan serta berbicara tentang sepak bola dan ide-ide menarik bagi saya. Saya berharap untuk datang dan bermain untuk Bayern dan saya berharap tujuan dan impian Bayern dapat tercapai. "Kontribusi saya dan penilaian kemampuan, bersama dengan tim." kata Miedema

“Ada banyak tawaran dari klub berbeda dan yang anda lakukan adalah pergi dan melihat-lihat beberapa fasilitas klub. Perasaan yang saya miliki dengan klub benar-benar dominan berdasarkan keputusan saya. Bayern sudah seperti keluarga dan itu yang saya cari. Serta ambisi mereka ingin finis di posisi dua musim depan  dan lolos ke Liga Champions.” terang Miedema kepada uefa.com

Selain itu menurut Miedema, Munich jauh lebih mudah untuk dijangkau dari rumahnya di Belanda selama dua sampai tiga jam saja dibanding Malmo, Swedia ataupun Inggris, sehingga keluarga Miedema bisa lebih sering menyaksikan aksi Miedema di Grunwalder Stadium. Serta ambisi Bayern untuk lolos ke Liga Champions Wanita pada musim depan membuat Miedema jauh lebih memilih Bayern.

Sebelum tanda tangan kontrak dengan Bayern, Miedema sempat gagal tes mengemudi tahap akhir. Saat ini Midema sudah menyelesaikan studinya di Belanda dan selama 6 bulan kedepan ia ingin fokus Bersama Bayern, kemudian 3 jam seminggu untuk belajar Bahasa Jerman. Untungnya Miedema memiliki kesepakatan dengan Bayern bahwa ia tidak perlu bekerja di luar sepak bola.

2128224_w2

Pada ajang Piala Eropa U19 putri yang baru saja berakhir di Norwegia, Vivianne Miedema kembali menunjukkan kelasnya sebagai rookie yang berbahaya di lini depan Belanda. Sempat mengalami masalah pada pangkal pahanya saat menghadapi Norwegia di laga awal U19 Euro yang membuatnya harus absen, Belanda saat itu hanya bermain imbang tanpa gol dari Norwegia.

Miedema baru tampil saat mengalahkan Skotlandia 3-2, saat itu ia mencetak dua gol walaupun hanya bermain pada babak pertama. Bagi Miedema, mencetak gol menggunakan kaki kiri atau kanan sama saja. Puncaknya saat semifinal U19 Euro, Vivianne Miedema mencetak hat trick penting untuk meloloskan Belanda ke final U19 Euro pertamanya setelah mengalahkan tim penuh kejutan Irlandia dengan skor telak 4-0. "Mereka membawa saya disini untuk mencetak gol dan ketika tidak mencetak saya mendengar tentang hal itu. Saya pikir mereka senang dengan saya sekarang." kata Miedema

2128306_w2

Gol tunggal Vivianne Miedema ke gawang Spanyol di partai final membuat Belanda menyabet gelar U19 Euro untuk pertama kalinya. Selain itu, Vivianne Miedema juga menjadi top skor di U19 Euro 2014 Norwegia dengan torehan 6 gol. Miedema memang lebih dari mesin gol untuk Belanda dan juga klub barunya, Bayern Munich. Bayern-pun seharusnya beruntung memiliki rekrutan terbaik sekelas Vivianne Miedema, dari 8 rekrutan yang mereka rekrut musim 2014/15 Allianz Frauen Bundesliga. Selama masih terjaga dari cedera, Miedema akan menjelma menjadi pemain muda terbaik dunia bahkan bukan tidak mungkin menjadi lebih baik dari Alex Morgan, Sydney Leroux, Dzsenifer Marozsan atau Alexandra Popp. Target Vivianne Miedema setelah menjuarai Piala Eropa U19 di Norwegia bersama timnas U19 Belanda adalah tampil impresif di musim barunya bersama Bayern Munich, lancar berbahasa Jerman dan lolos tes mengemudi.

Mampukah Vivianne Miedema tampil impresif bersama Bayern Munich musim 2014/15 Allianz Frauen Bundesliga ? Ini patut kita tunggu juga.

 

Profil

Nama                        : Vivianne Miedema

Tempat Lahir         : Hoogeveen, Belanda

Tanggal Lahir         : 15 Juli 1996

Panggilan                : Anna

Klub Saat ini           : Bayern Munich

Klub Sebelumnya: SC Heerenveen

Tim Junior               : HZVV (Hoogeveense Zaterdag Voetbal Vereniging), VV de Weide

 

Tim Nasional:

2010-2011 U15 Belanda

2010-2012 U16 Belanda

2011-2012 U17 Belanda

2013-2014 U19 Belanda

2013-sekarang Timnas Senior Belanda

 

Prestasi:

2013: Top skor BeNe League B, Atlet putri terbaik Drenthe

2014: Top Skor BeNe League

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s