Profil Peserta Piala Dunia Wanita U-20 Kanada 2014: Grup A dan B


453183358

Pada kesempatan kali ini saya telah menyusun sebuah Panduan lengkap tentang keenambelas negara peserta Piala Dunia Wanita U-20 yang akan diselenggarakan di Kanada 6 – 25 Agustus 2014 (waktu Indonesia). Turnamen resmi dari otoritas tertinggi sepakbola dunia, FIFA di lakukan secara dwitahunan dengan gelaran perdana pada 2002 lalu, dengan Amerika Serikat sebagai pemenang trofi terbanyak yakni 3 kali. Pada kejuaraan terdahulu di Jepang 2012, Amerika Serikat menjadi juara dengan menundukan “Die Frauen Nationalmanschaft” Jerman di partai final.

Berikut pembagian grup yang ada di U-20 Women’s World Cup 2014

clip_image001

Mari kita bahas satu per satu kekuatan tiap – tiap grup.

GRUP A

Grup A diisi oleh empat negara dan salah satunya adalah tuan rumah turnamen; Kanada. Bagaimana dengan prediksi mereka di turnamen ini? Mari kita bahas satu per satu

1. Kanada

453182886

Kanada merupakan salah satu kekuatan sepakbola wanita di Amerika Utara, bersama Amerika Serikat dan Meksiko yang juga mendominasi. Namun prestasi mereka di U-20 WWC tidaklah baik. Dari lima kali keikutsertaan mereka dalam turnamen, “Canucks” gagal membawa pulang piala.

Canada v Ghana: Group B - FIFA U-17 Women's World Cup Costa Rica 2014

Generasi emas sepakbola wanita Kanada dimulai dari talenta muda seperti Jessie Fleming, gelandang muda asal London NorWes SC. Kemampuannya di lini tengah menjadi salah satu kekuataan untuk skuad Andrew Olivieri. Jessie telah bergabung dengan tim U-17, U-20, hingga tim senior sepanjang kariernya.

Keberanian mereka dalam mengembangkan pemain-pemain muda berbakat memberikan efek yang cukup baik untuk masa depan sepakbola wanita Kanada. Kadeisha Buchanan dan Sura Yekka adalah sosok penting di lini belakang, keduanya pernah bermain untuk tim senior. Nichelle Prince dan Amandine Pierre-Louis akan menjadi kekuatan “Canucks” untuk meraih piala di rumah sendiri.

Skuad Lengkap Kanada

2. Finlandia

1984728_w2

Kejutan datang dari Eropa bagian utara; Finlandia mengawali debut mereka di turnamen ini. Tetapi bukan berarti Finlandia adalah tim baru di sepakbola wanita, khususnya di Eropa. Mereka memiliki tim yang baik dan kompetisi yang baik pula. Tahun lalu, secara mengejutkan tim U19 Finlandia lolos ke semifinal U19 Euro di Wales, karena pencapaian inilah Finlandia berhak maju ke putaran final Piala Dunia Wanita U20 2014 di Kanada.

varis_vera_671_2013a

Keberadaan Finlandia tidak terlepas dari sosok Vera Varis, penjaga gawang asal Honka ini menunjukkan kemampuan baik nya di kualifikasi Eropa dan U-19 Euro Championship. Varis juga kerap mendapat kepercayaan bermain di tim senior.

Dengan bermain menyerang, mengandalkan gelandang berbakat Nora Heroum dan striker berbahaya Juliette Kemppi, dua pemain Aland United yang menjadi kunci permainan mereka pada turnamen ini. Selain ujian untuk pertahanan mereka yang dikomandoi Emma Koivisto. Menarik untuk menunggu kejutan dari “Huuhkajat”.

Skuad Lengkap Finlandia

3. Ghana

tumblr_inline_n9s3v7h4T61qhwmys

Salah satu tim kuat asal Afrika, akan jadi penantang serius di Grup ini. Ghana memulai kampanye mereka untuk menjadi tim Afrika pertama yang menjuarai U-20 WWC. Kunci bermain baik sejak laga perdana melawan Kanada menjadi harapan untuk melaju lebih jauh, keduanya pun sempat berjumpa di babak grup U-17 WWC tahun ini.

104069667

Rebecca Asante akan menjadi batu karang untuk pertahanan Ghana, menjadi salah satu pemain berpengalaman untuk skuad Hayford Bashir. Kemampuan nya untuk berduel satu lawan satu cukup baik.

Ghana akan bermain dengan memanfaatkan kecepatan dan kelebihan fisik mereka seperti pada umumnya negara Afrika lainnya. Tim yang solid berdasar para pemain Hasaacas Club seperti kiper Beatrice Nkeita dan gelandang Fatima Alhassan akan membantu komunikasi tim terjalin baik.

Skuad Lengkap Ghana

4. Korea Utara

tumblr_inline_n9s3zrY5fm1qhwmys

Mantan juara U-20 WWC di Rusia 2006, Korea Utara akan bertarung hingga akhir di grup ini untuk menunjukkan kedigdayaan Asia seperti delapan tahun lalu. Ketimbang tetangga mereka, Korea Selatan nasib “Chollima” lebih baik. Dengan tim yang kuat dan pembinaan serius rasanya tidak diragukan lagi kekuatan mereka di masa mendatang.

153364261

Ri Un-Sim, sebagai salah satu predator yang dimiliki Korea Utara dia akan sangat berpengaruh untuk kemajuan tim ini.

Pelatih Hwang Yong Bong nampaknya harus mempertahankan pondasi tim yang sudah terjalin baik sejak tahun sebelumnya. Diharapkan Korea Utara dapat kembali memberikan kejutan di turnamen serupa setelah tergusur oleh tim-tim Eropa.

Skuad Lengkap Korea Utara

GRUP B

Grup B dapat dikatakan sebagai “Grup of Death” di U-20 WWC kali ini. Disini ada Amerika Serikat, sang juara turnamen 3 kali. Kekuatan dari Eropa, Jerman. Dan ada juga runner up dan juara ketiga pada edisi 2006, Tiongkok dan Brasil. Bagaimana ketatnya persaingan di Grup ini? Mari kita bahas satu per satu

1. Brasil

2276614_FULL-LND

Selalu menjadi tim utama di babak kualifikasi Amerika Selatan membuat “As Canarinhas” bermimpi lebih jauh. Mimpi untuk memiliki trofi Piala Dunia Wanita pertama mereka. Semua bermula dari kesempatan di level U-20, yang harus dipersiapkan dengan baik.

152786805

Byanca akan menjadi sosok penting di lini depan Brasil, alumni turnamen U-17 di Azerbaijan 2012 akan kembali menunjukkan kemampuan nya pada level yang lebih tinggi.

Bueno Dorival, pelatih Brasil mempersiapkan tim ini dengan sebaik-baiknya. Mereka tahu siapa yang akan dihadapi di grup ini, jadi para bek seperti Leticia Santos dan Camila harus mendapatkan latihan ekstra.

Skuad Lengkap Brasil

2. Tiongkok

tumblr_inline_n9s45hipV51qhwmys

“Steel Rose” yang sempat menjadi kekuatan Asia di era 90 an, mencapai puncak kesuksesan mereka sebagai runner up U-20 WWC di Rusia delapan tahun yang lalu, dengan kepercayaan diri tinggi laga melawan Brasil adalah kunci untuk melaju lebih jauh di turnamen kali ini.

152628839

Tak banyak bintang yang ada di tim ini. Salah satunya adalah bek Lei Jiahui, salah satu pemain junior yang kerap bermain di tim senior seperti pada Algarve Cup 2013.

Eks pemain Tianjin Teda, Wang Jun akan memimpin tim ini. Sebagai salah satu pelatih muda yang konsen terhadap pengembangan sepakbola wanita di Tiongkok khususnya mendorong pemain muda untuk aktif.

Skuad Lengkap Tiongkok

3. Jerman

451561230-1_60438_p880722

Cedera Melanie Leupolz di detik-detik terakhir sebelum turnamen menjadi pukulan tersendiri bagi Jerman, selain tanpa adanya Annabel Jaeger dalam tim ini akan menjadi kesulitan tersendiri. Tetapi Jerman tetaplah Jerman, dengan banyak talenta yang ada mereka akan tetap memberikan kejutan di grup ini.

paulinebremer_gi

Satu nama yang mencuat ke permukaan adalah Pauline Bremer, striker dari Turbine Potsdam adalah sosok yang sangat berbahaya. Naluri tajam dalam mencetak gol sudah teruji di kompetisi lokal maupun Eropa ditambah usia matang nya menjadikan Pauline sebagai aktris utama di lini depan dari “Die Frauen Nationalmannschaft.” Bahkan awal April 2014, Bremer sudah melakoni debutnya bersama timnas senior Jerman saat menghadapi Slovakia.

Jerman memiliki tim yang kuat berdasar pada kompetisi mereka yang terkenal baik untuk perkembangan pemain muda, maka tak dapat disangsikan bahwa generasi ini adalah generasi emas Jerman. Namun, trofi U-20 WWC akan terasa lengkap bila dapat diraih, mengingat mereka kalah dari musuh bebuyutan mereka, Amerika Serikat di final dua tahun lalu. Lina Magull dan Sara Daebritz akan menjadi andalan dalam penyerangan Jerman. Sementara Rebeca Knaak akan menjadi pemimpin di lini belakang mereka.

Skuad Lengkap Jerman

4. Amerika Serikat

10568987_775058965870303_645514656788431245_n

Juara turnamen edisi sebelumnya, Amerika Serikat dijamin tidak akan mudah menghadapi grup ini. Dengan adanya tiga kekuataan dari benua lain, rasanya pantas jika skuad Michelle French lebih waspada. Meninggalkan turnamen dengan generasi emas sejak 2008 hingga 2012, dari Alex Morgan hingga Kealia Ohai diharapkan “The Yanks” akan selalu menampilkan superioritasnya menaklukan dunia lewat sepakbola wanita.

Lindsey Horan

Mungkin tidak pantas jika hanya mengedepankan satu nama di tim ini, namun berdasar pada pengalaman yang dimiliki nama Lindsey Horan akan menjadi yang terdepan. Striker PSG yang menunjukan kelebihan nya di Eropa, berharap itu menular untuk tim nasional. Sebelum Piala Dunia Wanita U20 2014 dimulai, Horan sudah perpanjang kontrak bersama PSG selama dua tahun kedepan.

Amerika Serikat selalu penuh dengan talenta di sepakbola wanita, hal ini bukan mengada-ada, dalam dua tahun terakhir mereka mampu menunjukkan superioritas di segala level usia. Stephanie Amack yang digadang-gadang sebagai “The Next Ali Krieger” akan memimpin garis pertahanan mereka, sedang gelandang kreatif seperti Mallory Pugh dan Andi Sullivan akan membantu duet Summer Green dan Margaret Purce di lini depan.

Skuad Lengkap Amerika Serikat

 

Written by: Steven Danis (@stevenkurus)

Penulis adalah penikmat secangkir sepakbola setiap hari sejak kecil, mulai mencintai sepakbola wanita sejak 2012. Bercita-cita sebagai Filsuf Sepakbola pertama di Indonesia. Penulis telah bekerja sebagai kontributor di @womensfootie_id sejak tahun 2013.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s