Preview Laga NWSL Championship 2014 : Seattle Reign vs FC Kansas City


Thorns.ChampCelebration090413.CM111

31 Agustus (atau 1 September dinihari waktu Indonesia) akan menjadi puncak kompetisi profesional liga sepakbola wanita Amerika Serikat, NWSL pun demikian, dengan musim 2014 yang hendak berakhir di Starfire Stadium, Tukwila, WA Senin dini hari nanti. Sang pemuncak klasemen, Seattle Reign FC akan menantang FC Kansas City yang menjadi runner-up pada musim reguler 2014. Menarik bagi keduanya merupakan final pertama, pasalnya Reign musim lalu hanya di posisi ketujuh dan tidak lolos babak play-off Championship, sedangkan FCKC yang musim lalu menjadi peringkat kedua, lolos ke play-off namun kalah di Semifinal dari Thorns, sang juara musim lalu.

Sepanjang sejarah NWSL, FCKC mungkin berada di atas angin karena dua musim berturut berhasil masuk play-off. Namun, Reign memiliki musim yang bagus pada 2014. Bahkan bisa dibilang musim yang hampir sempurna! Mendominasi musim reguler dengan rekor 16 kali menang, kali 6 seri dan 2 kali kalah, koleksi 54 poin Reign bahkan berbeda 13 poin dari FCKC di posisi kedua.

Perang Dua Pelatih Bertangan Dingin

NWSLBS011714156

Laura Harvey (Reign) dan Vlatko Andonovski (FCKC) menjadi dua sosok yang akan menghantarkan gelar perdana bagi klubnya masing-masing. Kredit tersendiri nampak penulis berikan pada sosok pria asal Makedonia sebagai seorang pelatih jenius. Memang belum ada gelar yang diberikan Vlatko untuk "The Blues" hingga sebelum partai final ini, namun konsistensi yang Ia tunjukan bersama anak asuhnya menjadikan mereka sukses kokoh sebagai salah satu tim wanita terbesar di Amerika Serikat. Vlatko yang juga menjabat pelatih klub men’s indoor soccer Missouri Comets menjadi dalang karier gemilang, Erika Tymrak musim lalu. Ia juga menjadi penyelamat karier Amy Rodriguez, eks Seattle Reign yang tampil beringas pasca mengalami cuti hamil. "Tidak mudah untuk mengatur wanita dengan segala hormat, saya harus lebih banyak mendengarkan dan mendorong semangat untuk mereka."

Di sisi tuan rumah sendiri, Laura Harvey juga bukan sosok sembarangan. Ialah sosok dibalik suksesnya Arsenal Ladies sejak 2008-2012. Di tangannya, Arsenal mengoleksi banyak gelar. Hal ini yang coba ditularkan kepada Reign sejak musim lalu. Namun itu bukanlah hal mudah.  Adaptasinya di Amerika Serikat sempat tak berjalan mulus usai Reign hanya menjadi posisi ketujuh dari 8 tim di tahun inagurasi liga, 2013. Adaptasinya di Amerika Serikat sempat tak berjalan mulus usai Reign hanya menjadi posisi ketujuh dari 8 tim di tahun inagurasi liga, 2013. Dengan absennya beberapa pemain bintang di awal liga dan mencoba meraba iklim sepakbola wanita yang jauh berbeda dari Inggris, Harvey baru berhasil membawa Reign bermain optimal seperti pada musim ini.

Menarik melihat laga final musim ini, keduanya sama sama bermain dengan filosofi menyerang mengandalkan formasi 4 – 3 – 3.

 

Reign vs FCKC: Battle of Real Eight!

Setelah membahas kedua pelatih, kita membahas tentang hal yang lebih intim lagi. Ya, tentang head to head para pemain bintang. Uniknya, dua nama untuk Reign dan FCKC masing – masing adalah tumpuan utama di klub dan menjadi topskor untuk klub. Keduanya memakai no. punggung yang sama yakni 8, walau berbeda posisi. Ya. Mereka adalah gelandang serang muda nan berbakat asal Skotlandia, Kim Little yamg bermain untuk Reign "melawan" Amy Rodriguez, salah satu striker berpengalaman yang mematikan di kubu FC Kansas City yang menjadi sosok senior di timnas Amerika Serikat juga.

finale nwsl

Little yang bermain baik sebagai gelandang serang Reign membukukan 17 gol di musim reguler sebagai topskor liga. Permainan menarik eks Arsenal Ladies ini ditunjukkan tiap saat, insting mencetak gol yang baik plus visi permainan yang oke. Sebagai bintang, A-Rod memimpin dengan 14 gol diantara pemain lokal lainnya macam Abby Wambach dan Alex Morgan. Usai melakukan cuti hamil, aura kebintangnya mulai ditunjukkan kembali musim ini. Menarik menantikan: Who’s the Real (number) Eight? Little or A-Rod ?

 

Langkah Menuju Final

reign vs kc

Seattle Reign yang sudah memenangkan musim reguler NWSL 2014 berhak atas Supporters’ Shield musim ini, namun akan terasa lebih lengkap jika mereka memenangi laga Senin dini hari nanti akan menjadikan mereka tim pertama yang mengawinkan gelar Championship plus Supporters Shield. FC Kansas City tak tinggal diam. Mereka akan coba merebut gelar juara liga seperti Portland Thorns musim lalu dari pemuncak klasemen, Western New York Flash. Seattle Reign sendiri melaju ke final usai mengandaskan perlawanan peringkat ketiga, Washington Spirit sesama penghuni papan bawah musim lalu. Sementara, FC Kansas City berhasil melakukan balas dendam sempurna terhadap Portland Thorns di babak semifinal. Tiga pertemuan sebelum babak Championship selalu berjalan sengit. Dua berakhir seri dan satu berakhir untuk kemenangan Reign.

Rekor Pertemuan musim ini:

  • Seattle Reign 3-2 FC Kansas City
  • FC Kansas City 1-1 Seattle Reign FC
  • Kansas City 1-1 Seattle Reign

Selalu menarik dan sengit jalannya laga, walau tak banyak gol diciptakan Reign akan tampil maksimal dari menit pertama, mengingat mereka akan tampil di Starfire Stadium, stadion yang memiliki kenangan bagi persepakbolaan wanita di Seattle. Duet lini depan Sydney Leroux dan Beverly Goebel akan coba dimanfaatkan oleh Laura Harvey, ditopang oleh kreatifitas Kim Little. Jika memungkinkan menggunakan konsep 4-3-3 maka Nahomi Kawasumi akan mendapat kesempatan emas pada laga ini. Hampir mirip dengan tuan rumah, coach Vlatko Andonovski mencoba mengembangkan pola 4-5-1 dengan mendorong Erika Tymrak dan Lauren Holiday untuk membantu performa Amy Rodriguez.

Siapa yang akan keluar sebagai juara baru tahun ini? Saksikan laganya hanya di ESPN2 atau livestreaming pada pukul 02:00 wib.

Have a good day!

Oleh: Steven Danis (@stevenkurus)

Penulis aktif mengambil peran mengamati, liga dan tim sepakbola baik pria dan wanita di Amerika Serikat sejak 2011. Penulis juga merupakan kontributor resmi @womensfootie_id sejak setahun kebelakang. Berkicau melalui @stevenkurus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s