PREVIEW LAGA : PERANCIS vs AMERIKA SERIKAT – UJICOBA MENUJU WOMEN’S WORLD CUP 2015


450629172

Stade Du Mourtois akan kedatangan tamu agung dari benua lainnya, Ya! Amerika Serikat yang kini menduduki peringkat kedua FIFA akan menantang Perancis (00.00 WIB, livestreaming), sang tuan rumah yang hanya berjarak 67 poin di peringkat ketiga FIFA. Amerika Serikat sendiri datang tanpa tiga bintang mereka, kiper Hope Solo yang sedang mengalami sanksi dari USSF serta Christie Rampone dan Megan Rapinoe yang cidera dan tidak dibawa ke tur Eropa melawan Perancis dan Inggris. Sementara skuad asuhan Philippe Bergeroo menurunkan formasi penuh, terlebih dengan kembalinya Marie Laure Delie dan Laure Boulleau ke skuad Les Bleus.

Sebagai catatan, Stade Du Mourtois (markas Lorient) ini adalah salah satu stadion di Perancis yang memakai rumput sintetis. Perlu diketahui bahwa Piala Dunia Wanita 2015 akan memakai rumput sintetis di enam kota penyelenggaraan Piala Dunia Wanita 2015 di Kanada, walaupun nantinya akan mengadaptasi teknologi garis gawang (goal line technology) yang sukses diaplikasikan pada Piala Dunia 2014 di Brasil.

Dalam dua pertemuan terakhir kedua tim di Amerika Serikat pada Juni 2014 lalu, Perancis sempat takluk 1-0 dari Amerika Serikat pada pertemuan pertama. Ketika kalah dari Amerika Serikat pada pertemuan pertama, bek kiri timnas Perancis Laure Boulleau mengatakan bahwa Perancis perlu meningkatkan kepercayaan diri mereka sehingga membiarkan mereka terintimidasi oleh pola permainan USWNT. Kemudian pertemuan kedua di Amerika Serikat, kedua tim bermain imbang 2-2 dan ini menunjukkan bahwa Perancis mulai memperlihatkan kepercayaan diri mereka. Pertandingan hari ini adalah kesempatan terpenting untuk kedua tim, terutama Perancis juga tidak pernah kalah sejak imbang dari Amerika Serikat. Jerman, Brasil dan Selandia Baru-pun mampu ditaklukkan oleh Perancis. Bahkan Jerman dipaksa menyerah 0-2 di Offenbach oleh Les Bleus pada Oktober 2014 lalu.

Skuad Amerika Serikat kemungkinan akan menurunkan Ashlyn Harris yang dipercaya mengawal gawang menggantikan Solo. Sementara Ali Krieger dan Meghan Kligenberg akan mengisi dua pos bek sayap Amerika Serikat. Menarik menunggu duet bek sentral yang akan digunakan Jill Ellis pada laga ini, kemungkinan Becky Sauerbrunn dan Whitney Engen yang akan bermain menopang geladang bertahan, Morgan Brian. Dua playmaker andal Carli Lloyd dan Tobin Heath akan menopang trio Heather O’Reilly, Abby Wambach dan Kelley O’Hara dini hari nanti.

Sydney Leroux tidak akan tampil saat menghadapi Perancis karena mengalami cedera engkel yang ia derita saat training camp akhir Januari lalu. Sementara Alex Morgan sedikit diragukan masuk starting line-up Amerika Serikat walaupun sudah sepenuhnya pulih dari cedera. Pada laga kontra Perancis dan Inggris bulan ini, Jill Ellis untuk pertama kalinya juga menyertakan nama Tori Huster (Washington Spirit) ke skuad USWNT.

Sementara Perancis kemungkinan akan menurunkan formasi terbaiknya, Sarah Bouhaddi dipastikan masih dipertahankan di posisi line up kiper Perancis. Sementara Jessica Houara dan Amel Majri berpeluang mengisi dua pos bek sayap Perancis, tidak menutup peluang juga bagi Laure Boulleau untuk mengisi starting line-up Perancis. Untuk bek sentral, Bergeroo masih akan mempercayakan duet Laura Georges dan kapten Wendie Renard. Untuk sektor tengah masih antara Amandine Henry atau Camille Abily sebagai gelandang bertahan, didampingi oleh playmaker andalan Les Bleues Louisa Necib dan Elodie Thomis. Untuk lini depan Perancis sendiri masih tidak akan jauh dari trio Gaetane Thiney, Marie Laure Delie dan Eugenie Le Sommer, trio lini depan Perancis ini total mencetak 29 gol selama kualifikasi Piala Dunia Wanita 2015.

Kemungkinan Line-Up :

Perancis: Bouhaddi; Houara, Georges, Renard (c), Majri; Necib, Abily; Thomis. Le Sommer, Delie, Thiney.
Amerika Serikat: Harris; Krieger, Sauerbrunn, Engen, Kligenberg; Lloyd, Brian, Heath; O’Reilly, Wambach (c), O’Hara.

Oleh: Retno Nino (@theMiniNino)

One thought on “PREVIEW LAGA : PERANCIS vs AMERIKA SERIKAT – UJICOBA MENUJU WOMEN’S WORLD CUP 2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s