Statistik: Liga Sepakbola Wanita Spanyol Cetak Gol Lebih Banyak Dibanding Pria


10308087_806041039435368_8404544961729383363_n

Boleh dibilang liga sepakbola wanita di Spanyol masih jauh dari kata profesional dibanding pria, tetapi ada catatan menarik sampai pekan ke 19 Spanish Primera Femenina. Baru berjalan 19 laga, seluruh tim di Divisi Utama Spanyol mencetak seluruhnya 468 gol. Barcelona yang masih memuncaki Klasemen Primera Femenina telah membukukan 60 gol, 11 gol diantaranya untuk Barcelona dicetak oleh Sonia Bermudez. Jika kita rata-rata, jumlah gol di Liga sepakbola perempuan di Spanyol bahkan melebihi jumlah gol di Liga sepakbola prianya sendiri atau yang lebih kita kenal dengan nama La Liga, jika melihat statistik dari situs resmi Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF).

Rata-rata tim liga sepakbola perempuan di Spanyol mencetak gol setiap 29 menit sekali, sementara rata-rata tim liga sepakbola pria di Spanyol butuh waktu setiap 35 menit untuk mencetak gol. Faktanya, di Liga Sepakbola Pria atau La Liga telah membukukan 486 gol dalam 19 laga dan itu berarti menghasilkan rata-rata sebanyak 24,3 tiap tim. Sementara di Liga Sepakbola Wanita atau Spanish Primera Femenina membukukan 468 gol dalam 19 laga dan menghasilkan rata-rata sebanyak 29,2 setiap tim di Primera Femenina (catatan: Primera Masculino terdiri dari 20 tim, Primera Femenina terdiri dari 16 tim).

pic_2015-02-14_FEMENINO_A-S._GABRIEL_19-Optimized.v1423928517

Untuk liga sepakbola wanita Spanyol, Barcelona masih mendominasi liga dengan membukukan 60 gol dan meninggalkan pesaingnya Atletico Madrid dengan perbedaan 7 poin. Atletico Madrid punya jumlah gol yang sama dengan Levante musim ini dengan total 36 gol dalam 19 laga. Dibawah Barcelona, Athletic Club Bilbao membukukan 45 gol dan Valencia yang dua kali mengalahkan Barcelona musim ini membukukan 41 gol sampai pekan ke 19 Primera Femenina.

Musim ini juga cukup menarik, dimana Athletic Club terperosok diurutan ke-empat dan Valencia muncul sebagai pesaing serius Barcelona dan Atletico Madrid untuk memperebutkan gelar Liga Spanyol. Sebagai perbandingan Barcelona di puncak klasemen Liga sepakbola wanita Spanyol, di liga sepakbola pria Spanyol sendiri Real Madrid memuncaki klasemen Liga Spanyol dengan membukukan 72 gol sampai pekan ke 23. Bicara soal Real Madrid, hingga saat ini Real Madrid masih belum memiliki rencana untuk membangun sebuah tim sepakbola wanita.

Berbicara soal top skorer di Liga sepakbola wanita Spanyol, Adriana Martin terus menambah pundi-pundi golnya bersama Levante dengan membukukan 15 gol dari 19 laga Primera Femenina musim 2014/15. Bandingkan dengan Cristiano Ronaldo yang masih menjadi top skor La Liga yang mencetak 28 gol dri 23 laga di La Liga Spanyol.

Jika melihat perbandingan statistik antara liga sepakbola pria dan wanita di Spanyol, masihkah RFEF mau mengesampingkan sepakbola wanitanya? Mungkin jika RFEF (Federasi Sepakbola Spanyol) bisa sejajarkan perhatian mereka antara sepakbola wanita dan pria serta tercukupinya dukungan finansial plus sponsor, bukan tidak mungkin sepakbola wanita Spanyol bisa lebih bersaing di level Internasional terutama di Liga Champions Wanita. Sudah waktunya juga untuk RFEF (Federasi Sepakbola Spanyol) agar lebih mendukung perkembangan sepakbola wanita Spanyol yang sudah begitu pesat, apalagi pertumbuhan talenta di Primera Femenina juga cukup besar.

Retno Nino – Mahasiswa Vokasi Akuntansi Semester 5 di Universitas Brawijaya Malang yang mencintai sepakbola wanita. 2011 adalah tahun awal mengikuti sepakbola wanita sampai menemukan banyak relasi dari banyak negara, karena itu akhirnya menjadi founder di womensoccerid.wordpress.com dan co-founder dari @womenfootie_id di Twitter. Fokusnya terpusat pada sepakbola wanita di Jerman, Australia, BeNe League, Skandinavia dan Spanyol. Temui di @theMiniNino untuk lebih jauh dan berdiskusi soal sepakbola wanita. Auf Wiedersehen !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s