Dari Bangku Cadangan Jadi Pemeran Utama


pic_2015-03-01_FEMENINO_A-CAJASOL_11-Optimized.v1425221131

Beruntung benar Barcelona memiliki remaja asal Felanitx (Mallorca) Mariona Caldentey Oliver atau lebih sering disebut sebagai Mariona. Seorang pemain spesial, memiliki determinasi tinggi dan juga seorang pekerja keras. Mariona biasanya berposisi sebagai gelandang serang, namun ia juga bisa berposisi sebagai penyerang. Selain itu pemain kelahiran 19 Maret 1996 ini juga memiliki cepat dan kuat, serta seorang pemikir cepat untuk memutuskan dimana bola harus ia distribusikan. Mariona tidak hanya memiliki peran penting untuk Barcelona saat ini, tetapi juga memiliki peran yang tak kalah penting untuk timnas U19 Spanyol dibawah asuhan Jorge Vilda.

Sebelum bersinar bersama Barcelona, Mariona mengawali karir sepakbolanya bersama UD Collerense. Collerense adalah klub asal Mallorca dimana Mariona tumbuh sebagai pesepakbola, dimana pada musim lalu Collerense ada diurutan ke 10 klasemen akhir Liga Spanyol. Karena performa impresif Mariona di Collerense musim lalu inilah yang membuat Barcelona tertarik untuk merekrutnya, walaupun harus bersaing dengan klub lain saat itu.

Masih ingat juga saat Piala Eropa U19 di Norwegia tahun lalu, dimana gol indah Mariona di semifinal sukses mengantarkan U19 Spanyol ke babak final setelah mengalahkan tuan rumah Norwegia dengan skor 2-0. Namun sayangnya pada partai final, Spanyol harus takluk dari Belanda 0-1 berkat gol tunggal Vivianne Miedema. Meskipun U19 Spanyol hanya sebagai runner up saat itu, Mariona tetap menjadi salah satu pemain terbaik sepanjang turnamen Piala Eropa U19 berlangsung pada tahun lalu.

Setelah Piala Eropa U19 usai, Mariona memutuskan hijrah ke Barcelona yang notabenenya sebagai penguasa di tanah sepakbola perempuan Spanyol. Meskipun berat harus meninggalkan Mallorca dan juga keluarganya, hal itu tetap ia lakukan untuk mengembangkan karir sepakbolanya. Mariona adalah pesepakbola perempuan asal Mallorca kedua di skuad Barcelona Femeni setelah Virginia Torrecilla yang sebelumnya bergabung pada 2012 lalu. Awal karirnya di Barcelona juga tidak mudah, karena Mariona harus duduk di bangku cadangan dan harus bersaing dengan pemain seperti Jenni Hermoso yang sudah lebih senior untuk memasuki starting line-up Blaugrana. Tetapi, dari bangku cadangan inilah yang membuat Mariona jauh lebih berkembang di Barcelona, “Fakta bahwa saya harus berada di bangku cadangan dan harus berjuang untuk bermain adalah sesuatu yang baru bagi saya, dan itu membuat saya berkembang.” ujar Mariona kepada media ibukota As.

Walaupun sering memulai pertandingan dari bangku cadangan, hal itu tetap membuat Mariona menunjukkan kualitasnya sebagai pemain muda berbakat. Contohnya ketika menghadapi Real Sociedad pada Jornada 12, Mariona mencetak 2 gol penting untuk membawa Barcelona menang 2-0 dari La Real di Zubieta (markas Real Sociedad Femenino). Kemudian saat Jornada 16 pada 18 Januari lalu saat Barcelona bertandang ke Coll d’en Rebassa (markas UD Collerense) yang merupakan laga reuni bagi Mariona yang sudah berstatus sebagai pemain Barcelona. Ketika di Mallorca, Mariona juga memulainya dari bangku cadangan lalu mencetak gol tunggal untuk kemenangan Barcelona 1-0 atas Collerense. Sedikit catatan, Markas Collerense di Mallorca terkenal sebagai kutukan untuk tim-tim besar di Liga Spanyol seperti Barcelona dan umumnya tim-tim besar di Spanyol biasanya hanya bisa menang lewat satu sampai dua gol saja ketika bertandang ke markas Collerense, tak jarang harus membawa pulang 1 poin saja.

Mariona pertama kali masuk starting line-up saat Barcelona mengalahkan Fundacion Albacete dengan skor 7-0 pada Jornada 5, dimana ia juga mencetak satu gol ke gawang Albacete dan mengirim assist indah untuk gol indah Vicky Losada. Setelah itu Mariona lebih sering masuk sebagai pemain pengganti sampai penghujung tahun 2014 dan baru dipercaya masuk line-up utama Barcelona pada awal 2015. Di Barcelona, Mariona telah bermain selama 691 menit dan mencetak 5 gol serta beberapa peranan pentingnya untuk menjaga peluang Barcelona berada di jalur juara. Kini Mariona menikmati masa-masa indahnya sebagai pemain Barcelona, berkat kerja kerasnya setelah melalui bangku cadangan, kini ia menjadi salah satu pemeran utama di lini tengah Barcelona untuk mendampingi peran Marta Corredera sebagai sayap.

Boleh dibilang, Mariona merupakan salah satu perekrutan terbaik bagi Barcelona pada musim ini dan sesuai dengan filosofi permainan Barcelona Femeni yang atraktif. Bahkan Barcelona tidak perlu khawatir lagi dengan kepindahan Vicky Losada ke Arsenal Ladies, karena Mariona juga mampu mengorganisir lini tengah Barcelona, walaupun Alexia dan Virginia mungkin harus sedikit beradaptasi dengan cara bermain Mariona. Kini tugas Mariona tidak hanya membantu Barcelona mempertahankan gelar domestiknya, tetapi juga siap membantu U19 Spanyol pada babak Elite Round U19 Euro untuk lolos ke putaran final di Israel musim panas nanti. Kemudian juga membawa timnas junior Spanyol berlaga di Piala Dunia Wanita U20 tahun depan. Mariona adalah sebuah bonus buah pencapaian Barcelona Femeni dalam 3 tahun terakhir dan jasanya tak boleh disia-siakan oleh siapapun termasuk Xavi Llorens sebagai pelatih Barcelona Femeni.

Oleh Retno Nino (@theMiniNino)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s