PREVIEW LAGA FINAL ALGARVE CUP 2015: PERANCIS vs AMERIKA SERIKAT


150209011302_100jessica

Aroma balas dendam terasa di Estadio Algarve di Portugal malam nanti, kala final invitational tournament Algarve Cup 2015 antara Perancis melawan Amerika Serikat digelar. Keduanya baru saja bertemu pada Februari lalu, dimana Perancis sukses menumbangkan USWNT 2 – 0 di Montpellier. Pasalnya, anak asuh Philippe Bergeroo memberikan kekalahan perdana bagi Amerika Serikat di tahun ini, belum lagi catatan kemenangan mereka adalah yang pertama sepanjang sejarah pertemuan kedua tim.

Skuad asuhan Jill Ellis bakal tampil habis-habisan, pasalnya di Algarve Cup 2014 lalu mereka tampil di bawah standar, itu menjadi awal pemecatan pelatih terdahulu, Tom Sermanni. Memang USWNT tahun ini sudah tampil lebih baik dengan melaju ke Final, namun merengkuh trofi Algarve menjadi sesuatu yang penting. Bagi Perancis, kemenangan akan menambah power mereka dalam menyongsong Piala Dunia Wanita di Kanada beberapa bulan lagi.

Perancis berhasil membantai tiga tim termasuk tuan rumah Portugal dan dua tim kuat Denmark dan Jepang. Portugal dikalahkan dengan skor 1 – 0, sementara dua lawan lainnya masing-masing dihantam 4 – 1 dan 3 – 1. Perancis telah berubah! Mereka memainkan sepakbola yang terus berkembang sejak beberapa tahun ke belakang. Mungkin ini berkat kesuksesan tiga klub besar yakni Olympique Lyonnais, Paris Saint Germain dan HSC Montpellier yang menyumbangkan nama-nama untuk skuad asuhan Philippe Bergeroo saat ini. Bisa dikatakan komunikasi dan keakraban dalam tim terjaga. Tak hanya itu saja, Bergeroo berhasil memadukan pemain-pemain senior seperti Le Sommer dan Laura Georges dengan beberapa “daun muda” yang tampil baik di Piala Dunia U-20 2014 lalu seperti Claire Lagovez dan Griedge Mbock M’Bathy. Sementara tim tamu USWNT, kembali menemukan performa mereka di Algarve Cup 2015 yang berbanding terbalik dengan permainan buruk mereka tahun sebelumnya.

Anak asuhan Jill Ellis berhasil memperoleh comeback winning 1 – 2 atas Norwegia dan menang 3 – 0 dari Swiss, sebelum bermain imbang melawan Islandia tanpa gol di laga terakhir. Kendati demikian, Amerika Serikat kini lebih siap karena telah diperkuat beberapa pemain yang absen pada Tur Eropa sebelumnya seperti Hope Solo dan Megan Rapinoe, nampaknya Perancis harus berhati-hati karena “Revenge always Sweet (If they can do it!)

Perkiraan Formasi :

Perancis – Bouhaddi; Houarra D’H, Georges, Renard, Majri; Necib, Abily, Bussaglia, Henry; Le Sommer, Thinney.

Amerika Serikat – Solo; Krieger, Sauerbrunn, Van Hollebeke, O’Hara; Heath, Lloyd, Brian, Rapinoe; Press, Morgan.

PERANCIS vs AMERIKA SERIKAT

Rabu 11 Maret 2015 – 23:00 wib

Simak lini massa @womensfootie_id untuk link streaming dan tweet sepanjang laga.

Ditulis Oleh: F.X. Steven Danis (@stevenkurus)

Mahasiswa Aktif jurusan Filsafat yang mengenal sepakbola sejak belajar berjalan dan dapat menendang bola sepak. Pemain amatir dan menjadi pelatih tim (amatir) wanita yang pada awalnya menjadi follower @womensfootie_id kini menghidupkan komunitas dengan sumbangan kata-kata dan pemikiran di blog ini dan blog pribadi www.stevenkurus.tumblr.com dan menulis juga di http://www.90min.com/id. Mengambil perhatian khusus pada perkembangan sepakbola wanita Amerika Serikat sejak beberapa tahun ke belakang, kini merambah Inggris dan mengkhususkan diri menjadi pandit NWSL dan WSL.1 pula.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s