PROFIL TIM PESERTA FA.WSL 1 MUSIM 2015 – ARSENAL


Chelsea Ladies v Arsenal Ladies: WSL

Arsenal yang perkasa di medio 2000an hingga 2010 harus berjuang menemukan performa terbaiknya di liga kasta tertinggi Inggris, Women’s Super League. Di dua tahun terakhir, Liverpool berhasil mengkudeta mereka sebagai yang terbaik. Musim ini mampukah Arsenal tampil sebagai yang terbaik? Ataukah mengulang kejayaan masa lalu, mereka tak mampu? Berikut ulasan singkat jelang WSL.1 2015

RANGKUMAN MUSIM 2014

21 Poin / 14 Laga (Posisi di Klasemen: 4)

Menang 6 kali – Seri 3 kali – Kalah 5 kali

Agretivitas Gol: +3 (Memasukkan 24 Gol – Kemasukkan 21 Gol)

Permainan yang kurang konsisten ditunjukkan Arsenal dapat dianalisis sebagai imbas dari berakhirnya dinasti pelatih fenomenal Sherley Kerr, yang sebelum meninggalkan klub memberikan gelar Women’s FA Cup 2014 kepada “The Gunners”. Namun sosok Pedro Losa yang didatangkan dari Western New York Flash juga belum mampu membawa Arsenal menemukan form terbaiknya, bahkan mereka gagal mendapatkan trofi kedua mereka tahun lalu kala takluk 0 – 1 dari Manchester City di final Continental Cup.

SKUAD MUSIM 2015

1

[ sumber: http://www.arsenal.com/ladies ]

WHO TO WATCH ?

Lianne Sanderson

1

Kembalinya striker 27 tahun asal Watford dari Amerika Serikat bersama Boston Breakers menjadi keuntungan tersendiri bagi “The Gunners” untuk merebut gelar WSL.1 di 2015. Pemain internasional Inggris ini bermain bagus bersama Breakers dalam semusim terakhir dengan mencetak 10 gol dari 41 laga bersama “The Blues”. Sanderson sejatinya tak asing dengan klub asal London ini, hampir separuh perjalanan karir masa mudanya dihabiskan disini sebelum merantau ke Spanyol dan Amerika Serikat. Menanti aksi dan gol-gol dari si “anak hilang” ini tentu dinanti psang-pasang mata yang menyaksikan Arsenal berlaga.

Vicky Losada

1

Sosok entrenador Pedro Losa menjadi dalang dibalik kesuksesan mereka mengaet Victoria “Vicky” Losada dari FC Barcelona. Vicky memiliki gaya bermain yang baik; dengan visi mumpuni barisan tengah Arsenal akan semakin solid. Selain itu, insting menyerang pemain yang sempat dipinjamkan ke Western New York Flash ini akan membuat para striker “The Gunners” nyaman dengan assist yang diberikan. Tak jarang Vicky dapat membuat gol-gol krusial dari lini kedua permainan Arsenal.

PREDIKSI PERMAINAN DI MUSIM 2015

Mengawali WSL.1, Arsenal  yang akan bertandang ke Meadow Lane Stadium, kandang Notts County pada 2 April mendatang memiliki waktu lebih banyak untuk berbenah diri. Kepergian dua pemain Jepang, Yukari Kinga dan Shinobu Ohno akan menyulitkan lini tengah Arsenal, servis keduanya terlihat nyata bagi tim walaupun tahun ini ada beberapa pemain muda yang dipromosikan.

1

Pedro Losa sendiri nampak akan bermain dengan pola lebih menyerang, jika Kelly Smith memilih berada di bangku cadangan bersamanya, sebagai asisten pelatih, sosok Lianne Sanderson diatas kertas cukup bisa diandalkan. Barisan lini tengah yang lebih fresh dengan dua pemain muda Jade Bailey dan Carla Humphrey yang baru menandatangi kontrak profesionalnnya, akan menjadi tandem pas bagi Jordan Nobbs dan Vickyta. Permasalahan utama, mungkin emosi dan minimnya pengalaman para punggawa yang terbilang masih “hijau” karena hanya mengikuti persaingan di tingkat Development Squad saja.

Prediksi Starting XI : (4-3-3) Chamberlain; A. Scott, Stoney, Rose, Mitchell; Vicky, Nobbs, Williamson; Sanderson, Smith, Yankey.

Sajian ini merupakan pandangan pribadi penulis, melihat performa Arsenal yang angin-anginan di Liga, nyatanya mereka bisa bermain konsisten di laga-laga yang berformat kejuaraan seperti FA Women’s Cup, Continental Cup, bahkan UEFA Women’s Champions League. Nampaknya Pedro Losa perlu menerapkan strategi yang berguna bagi long season seperti WSL.1 mengingat perpaduan antara pemain senior seperti Casey Stoney, Kelly Smith, atau Alex Scott dan pemain muda seperti Jordan Nobbs dan Leah Williamson sudah menjadi pondasi yang tinggal disempurnakan lagi. Akankah meriam di London berbunyi semakin keras? Kita lihat saja!


Penulis : Steven Danis – Penulis merupakan mahasiswa aktif S1 jurusan Filsafat, yang mendalami sepakbola wanita sejak 2011 silam. Seorang penulis lepas yang sempat melatih tim amatir futsal wanita, merupakan kontributor @womensfootie_id untuk sepakbola wanita Amerika Serikat dan Inggris yang berkicau di akun @stevenkurus.

Editor : @womensfootie_id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s