PROFIL TIM PESERTA FA.WSL 1 MUSIM 2015 – BIRMINGHAM CITY


- Arsenal Ladies FV - Birmingham City Ladies FC - 21/05/2014 - FA WSL - Borehamwood FC, London  - ©Ville Vuorinen/GooGaBu Nordic Creations Ltd - www.googabucreations.com

“Karen Carney adalah Birmingham, begitu pun sebaliknya.” Pernyataan ini mungkin sedikit naif, namun di tengah euforia sosok 27 tahun yang masuk dalam Hall of Fame Birmingham City F.C. (sebagai perempuan pertama), sesunnguhnya “The Blues” lebih dari sekedar Carney, dan lebih berbahaya!

RANGKUMAN MUSIM 2014

25 Poin / 14 Laga (Posisi di Klasemen: 3)

Menang 7 kali – Seri 4 kali – Kalah 3 kali

Agretivitas Gol: +6 (Memasukkan 20 Gol – Kemasukkan 14 Gol)

Birmingham tampil konsisten dalam beberapa tahun baik di liga domestik maupun di ajang kompetisi Eropa, walau belum sekalipun mencicipi gelar juara liga mereka selalu masuk jajaran elit untuk melaju ke Eropa. Piala FA Women’s Cup pada 2012 lalu menjadi bukti kecil bahwa talenta yang mereka miliki tak kalah saing dari klub besar sekelas Arsnal atau Liverpool. Yang jelas, tinggal bagaimana David Parker mampu mengembangkan dan mencari formula yang pas agar Birmingham tak sekedar jadi kuda hitam saja.

SKUAD MUSIM 2015

1

p.s.: Profil Alex Windell dari Bristol Academy Women’s belum dicantumkan.

[ sumber: http://www.birminghamladiesfc.co.uk ]

WHO TO WATCH ?

 Coral Jade-Haines

1

Coral Haines merupakan salah satu aset penting bagi “The Blues” , gelandang muda berusia 18 tahun ini sudah memasuki tahun ketiganya sebagai pemain profesional, pada debutnya di 2013 Haines kurang menjadi pilihan Parker, namun perlahan tapi pasti punggawa Inggris U20 terus berkembang dan mengambil banyak pengalaman dari rekan-rekannya. Haines telah tampil di kompetisi Eropa kala Birmingham menang tipis 1 – 0 atas tamu mereka dari Finlandia, PK-35 dalam laga UEFA Women’s Champions League.

Alex Windell

1

Alex menjadi satu-satunya pembelian David Parker musim ini, didatangkan dari Bristol ia diharapkan mampu mengakomodir lini tengah Birmingham lebih baik lagi. Kemampuan pemain berusia 24 tahun ini kerap terganggu cidera sehingga Ia harus terpinggirkan dari skuad Bristol, namun Parker masih percaya dengan kemampuan lulusan akademi Bristol tersebut.

PREDIKSI PERMAINAN DI MUSIM 2015

Birmingham City tak perlu terganggu dengan pergantian musim, alasan sederhana bagi klub yang menjadi penggagas kompetisi sepakbola wanita di Inggris adalah kemampuan akademi Birmingham untuk mencetak para bintang sehingga mereka tidak terlalu terganggu dengan pemain yang keluar dan datang, rata-rata pemain Birmingham saat ini adalah loyalis klub!

1

Menengok ke 2012 lalu, FA Women’s Cup menjadi piala utama yang mereka raih dalam sejarah, pun pergerakan Birmingham hingga tahun lalu masih minus trofi WSL.1 maupun Continental Cup, namun mereka tetap konsisten menampilkan permainan menarik. Alumnus “The Blues” di era itu seperti Eniola Aluko juga tidak lebih baik di klub barunya, Chelsea. Birmingham membangun pondasi kokoh dalam tim sama seperti gaya permainan mereka yang selalu determinan dan disiplin.

Prediksi Starting XI : (4-4-2) Spencer; Mannion, Westwood, Weston, Harrop; Moore, Potter, Allen, Heines; Carney, Linnett

Memadukan pemain berpengalaman dan para youngster nampaknya akan kembali diandalkan David Parker, kendati mereka juga kerap menyulitkan tim-tim besar seperti Liverpool dengan gaya bermain yang rapi. Birmingham tentu akan menjadi pesaing serius tahun ini, di tengah bongkar-pasang para klub, komunikasi dan kekeluargaan yang terjalin antar pemain bukanlah alasan sepele untuk mewaspadai mereka.


Penulis : Steven Danis – Penulis merupakan mahasiswa aktif S1 jurusan Filsafat, yang mendalami sepakbola wanita sejak 2011 silam. Seorang penulis lepas yang sempat melatih tim amatir futsal wanita, merupakan kontributor @womensfootie_id untuk sepakbola wanita Amerika Serikat dan Inggris yang berkicau di akun @stevenkurus.

Editor : @womensfootie_id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s