PROFIL TIM PESERTA FA.WSL 1 MUSIM 2015 – BRISTOL ACADEMY


1

Nama yang asing bagi penikmat sepakbola Inggris, namun tidak jika anda mendalami sepakbola wanitanya. Salah satu tim yang mampu mengalahkan FC Barcelona dalam kompetisi Eropa. Ya, Bristol Academy Women’s namanya! Bahkan “The Vixens” malam nanti akan melanjutkan laga perempat final UEFA Women’s Champions League melawan 1. FFC Fankfurt di Ashton Gate Stadium, kandang khusus mereka untuk laga-laga antarklub Eropa.

RANGKUMAN MUSIM 2014

16 Poin / 14 Laga (Posisi di Klasemen: 7)

Menang 5 kali – Seri 1 kali – Kalah 8 kali

Agretivitas Gol: -6 (Memasukkan 18 Gol – Kemasukkan 24 Gol)

Bak langit dan bumi melihat perbedaan mencolok mereka di kancah Eropa dengan kondisi di liga musim lalu. Walau masih lebih baik dari Everton, permainan Bristol Academy masih jauh dari kata mengancam, padahal mereka memiliki beberapa stranieri penting sejak tahun ke tahun. Jessica Fishlock (Wales) dan Anouk Hoogendijk (Kerajaan Belanda) merupakan mantan pemain Bristol, bahkan musim lalu dua pemain Spanyol, Laura Del Rio dan Natalia Pablos merupakan nyawa penting mereka. Namun rupaya itu tak mampu mengatrol posisi mereka untuk mengakhiri musim lebih baik dai musim 2013 (peringkat 2 klasemen)

DAFTAR SKUAD MUSIM 2015

1

[ sumber: http://www.bristolacademywfc.co.uk ]

WHO TO WATCH ?

Angharad James

1

Wanita berusia 20 tahun kini menjadi pengatur lini tengah Bristol, eks pemain Arsenal yang sudah lama di klub ini tentu memiliki kemampuan diatas rata-rata sehingga mampu mengikuti jejak seniornya Fishlock baik di klub maupun di tim nasional. James harus bisa mengorganisir permainan, pasca ditinggal beberapa sosok penting di klub.

Sharla Passariello

2

Satu lagi nama belia yang disorot media, Sharla yang harus pulang dari Florida untuk kembali membela “The Vixens” ditengah krisis striker yang menimpa mereka. Tanggung jawab besar yang Ia miliki karena dituntut untuk lebih baik dari para jugador Spanyol, Laura Del Rio ataupun Natalia Pablos mungkin akan membuat wanita kelahiran Abergaveny 23 tahun yang lalu ini minder. Namun, jangan meragukan kualitasnya. Sejak 2009 lalu Sharla sudah bermain bersama tim senior, walau belum ada gol yang digelontorkan.

PREDIKSI PERMAINAN DI MUSIM 2015

Kehilangan banyak pemain kunci terutama di sektor pemain depan seperti Natalia Pablos, Natasha Harding dan Laura Del Rio serta Gemma Rose di belakang membuat gaffer Dave Edmonson harus memutar otak. “The Vixens” terpaksa memulangkan Sharla Passariello dari Amerika Serikat untuk tampil membela Bristol kembali. Ada yang menarik antara hubungan klub dan pemain-pemain dari Wales. Bisa dibilang Bristol lekat dengan negara tetangga karena di awal berdirinya, Bristol telah bergabung dengan klub amatir asal Wales, Cable-Tel L.F.C. secara geografis pun kota Bristol tak terletak jauh dari Wales.

2

Maka pantas lah jika Jessica Fishlock (kini di 1. FFC Frankfurt) dan kawan-kawan betah bermain di Bristol, menurut pandangan pribadi penulis, tim ini lebih seperti Swansea atau Cardiff di Premier League, bahkan mereka lebih banyak menggunakan jasa-jasa pemain Wales.

Prediksi Starting XI : (4-4-2) Earps; Brown, McCatty, Matthews, Dykes; James, Ladd, Ingle, Evans; Watts, Passariello

Permainan Bristol nampaknya akan berbeda musim ini, entah kejutan apa yang akan mereka hadirkan. Yang jelas, komunikasi para pemain Wales di dalam lapangan membantu mereka lebih erat lagi. Tak ada striker berbahaya seperti tiga sosok yang telah pergi, diperkirakan dua striker belia akan menjadi tumpuan Edmonson dalam menuai gol demi gol. Kika Vega, playmaker asal Spanyol yang masih terikat kontrak dengan tim ini juga bisa menjadi opsi penguat lini tengah yang diisi rata-rata pemain muda seperti Angharad James dan Georgia Evans. Namun, jika melihat persaingan yang ada … Akankah Bristol Academy Women’s terlempar ke WSL.2 ? Bisa jadi, kalau mereka tampil dibawah performa biasa dan tidak mampu mengimbangi tim-tim besar lain serta debutan Sunderland yang tampil cukup baik. Setidakny, langkah mereka di Eropa masih mulus bukan?


Penulis : Steven Danis – Penulis merupakan mahasiswa aktif S1 jurusan Filsafat, yang mendalami sepakbola wanita sejak 2011 silam. Seorang penulis lepas yang sempat melatih tim amatir futsal wanita, merupakan kontributor @womensfootie_id untuk sepakbola wanita Amerika Serikat dan Inggris yang berkicau di akun @stevenkurus.

Editor : @womensfootie_id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s