Sporting Huelva: “Seumur Hidup” di Jalan Tol


0001779028_560x560_jpg000

Pada tanggal 7 Maret lalu, Sporting Huelva berangkat ke Madrid untuk bertanding menghadapi Rayo Vallecano. Seperti biasa, mereka berangkat dengan menggunakan bus. Tujuh jam perjalanan pergi dan 7 jam perjalanan pulang. “Ketika berakhirnya kompetisi liga, kami telah akan melakukan perjalanan sejauh 20.765 kilometer, tanpa menghitung perjalanan ke Mallorca. Secara keseluruhan, kami mengeluarkan uang sebesar 45.000 euro per tahun (untuk biaya perjalanan)”, kata Manuela Romero, presiden klub Sporting Huelva.

Tim asal Andalusia ini memiliki perjanjian dengan “Autocares Romeros”, perusahaan (penyewaan bus) yang bertanggung jawab terhadap transportasi tim. Perjanjian ini memungkinkan pihak klub untuk menghemat biaya sebesar 120.000 euro per tahun. “Kami menutupi jumlah ini berkat bantuan sponsor kami. Sangat sulit untuk mendapatkan hal ini. Jika ada sebuah sponsor untuk (menutupi biaya) sepanjang musim kompetisi, maka hal itu akan sangat membantu”, kata sang presiden yang lebih dari satu kesempatan pernah mengeluarkan uang dari kantongnya sendiri.

Dan bagaimana “membunuh waktu” saat melakukan perjalanan berjam jam? Memainkan “tablet”, menonton film, membaca buku, dan membicarakan mengenai pertandingan menjadi hiburan di perjalanan. “Ketika kami menang di kandang lawan yang sulit, waktu berjam jam di bus tidak terasa. Tapi jika anda kalah, seperti pada pertandingan Sabtu ini (menghadapi Rayo , 7 Maret 2015), maka perjalanan menjadi lebih sulit”, katanya.

Begitu lamanya waktu yang dihabiskan di bus, para pemain banyak memiliki cerita lucu. Salah satu dari pemain menceritakannya kepada MARCA : “Pada suatu hari bus kami berhenti di Sevilla untuk menurunkan 2 pemain dan salah satu dari mereka masuk ke bagasi untuk tasnya. Supir bus tidak menyadari hal itu dan menyalakan mesin dengan sang pemain yang masih berada di dalam bagasi. Kami tertawa terbahak bahak”.

Patricia Gaviria adalah kapten tim ini. “Mungkin banyak waktu yang kami curahkan bagi sepak bola untuk apresiasi yang sangat sedikit, tetapi sepakbola adalah hal yang kami sukai, jadi kami terus melanjutkannya”, katanya. Dari 17 pemain yang ada di skuat, seorang pemain bekerja di siang hari, 4 orang tidak memiliki pekerjaan (menganggur) dan sisanya belajar (di sekolah menengah/universitas) dari Senin hingga Jumat.

Pengorbanan itu biasanya membuahkan hasil dan Huelva dapat berbangga setelah memenangi kompetisi regional Andalusia dan berjuang untuk lolos ke Copa de La Reina. Ketika akhir musim, Sporting Huelva akan menghabiskan (secara keseluruhan) 462 jam di bus, setara dengan 19 hari di jalan tol.

Wulan Kusuma Wardhani

Sumber : Marca.com

About Wulan

Rebel, sports lover, amateur goalkeeper, urban cyclist, feminist, and environmentalist. Media worker. Stubborn, outspoken, and sarcastic. I like travelling (on budget) and reading article or books about politics, history, sports, and environment. Contact : wulanlunablog@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s