Fans di Liga Sepakbola Wanita Spanyol: Pemain Ke-12


oviedo moderno

Sepakbola adalah olahraga yang paling disukai di Spanyol. Dari semua orang yang mendukung, memberikan semangat, dan mencintai sepakbola, fan klub menjadi hal yang paling menonjol. Athletic, Levante dan Oviedo Moderno adalah satu-satunya yang memiliki fan klub yang khusus mendukung tim putri.

Kasus yang paling aneh adalah kasus Oviedo Moderno, yang menjadi satu satunya tim dari provinsi Asturias yang bermain di divisi utama. Peña (fan klub) Albinegra Al Alba dan Peña Arellana adalah 2 fan klub yang dimiliki oleh Oviedo Moderno. “Kami menyukai sepak bola secara umum dan terutama tim ini”, kata Héctor Fernández, presiden Peña Albinegra Al Alba.

Arellana adalah nama peña Oviedo Moderno lainnya. Peña ini didirikan karena adanya kebanggaan memiliki seorang pemain yang bernama Lucia Garcia. “Dia adalah salah satu pesepakbola yang paling menjanjikan di provinsi ini. Kami memberikan semangat dari bangku penonton dan dia menjawabnya dengan gol”, kata Ramis, presiden peña Arellana.

Peña lainnya yang “berhutang nama” kepada seorang pemain adalah peña Maider Castillo, kapten dan pemain tertua Levante sekaligus (tertua) di liga Spanyol. “Dia adalah sebuah contoh untuk semua. Dia dan klubnya. Levante adalah tim yang paling memberikan kebahagiaan kepada para penggemarnya dan bagi saya, adalah hal yang tidak dapat dipercaya jika tidak ada sebuah peña untuk mereka”, kata Juan Soriano, salah satu pendirinya. Nyanyian dan sorakan bagi para pesepakbola adalah hal yang terlihat setiap dua minggu sekali di Nazare.

Kasus Athletic Bilbao adalah kasus yang menarik. “Sebelumnya, dengan adanya “booming” sepakbola putri di provinsi Basque, ada 5 hingga 6 peña“, kata Iraia Iturregui, kapten tim Athletic. Sekarang, hanya 1 yang bertahan. Peña Athletic Los Cachorros didirikan pada tahun 2008 dan merupakan Peña yang terlama dan paling banyak memiliki anggota. “Kami terdiri dari 20 orang yang memiliki sebuah sentimen yang sama : menyemangati para pesepakbola putri”, kata sang wakil presiden peña ini, Aitor Uriarte

Meskipun kehadiran penonton pada pertandingan sepakbola putri tidaklah banyak, setiap kali pertandingan ada lebih banyak penggemar yang hadir. Perlahan-lahan dan setiap tahunnya para penggemar bertambah. Dan ada sesuatu yang dibenarkan oleh semua orang: “Pergi untuk menonton mereka adalah seperti sebuah obat, anda pasti akan mengulanginya. Sepak bola membuat anda kecanduan, mereka (para pemain) sangat berterima kasih”. Cobalah, tontonlah sepakbola putri.

Wulan Kusuma Wardhani

Sumber : Marca.com

About Wulan

Rebel, sports lover, amateur goalkeeper, urban cyclist, feminist, and environmentalist. Media worker. Stubborn, outspoken, and sarcastic. I like travelling (on budget) and reading article or books about politics, history, sports, and environment. Contact : wulanlunablog@gmail.com

One thought on “Fans di Liga Sepakbola Wanita Spanyol: Pemain Ke-12

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s