PROFIL PESERTA FA.WSL 1 MUSIM 2015 – LIVERPOOL


3

Liverpool bukan tim dengan sejarah besar seperti Birmingham dan Arsenal, bahkan pada 2011 dan 2012 mereka adalah penghuni dasar klasemen Women’s Super League. Angin segar datang semusim sesudahnya. Pada 2013 deretan gerbong dari London Biru, gaffer Matt Beard dan Gemma Bonner membawa kesuksesan nyata di kancah lokal. Kesamaan visi juga menjadi kunci kesuksesan Bonner dan kawan-kawan yang kebanyakan gagal di mantan klub masing-masing.

RANGKUMAN MUSIM 2014

26 Poin / 14 laga (Posisi di Klasemen: 1)

Menang 7 kali – Seri 5 kali – Kalah 2 kali

Agretivitas Gol: +9 (Memasukkan 19 Gol – Kemasukkan 10 Gol)

SKUAD LENGKAP MUSIM 2015

untitled

[ sumber: http://ladies.liverpoolfc.com ]

WHO TO WATCH?

Katie Zelem

4

Dara cantik Januari lalu merayakan ulang tahun ke sembilan belasnya menjadi salah satu pemain muda yang berkembang di skuad Matt Beard sejak dua tahun lalu. Berawal dari akademi Manchester United, Zelem yang menyeberang ke kota tetangga juga menjadi salah satu aset Inggris di masa depan. Dengan kepergian pengatur lini tengah sekelas Gemma Davison dan Amanda Da Costa, Beard nampaknya akan menjamin satu tempat baginya di lini tengah bersama idolanya, Fara Williams.

Asisat Oshoala

asisat-oshoala-golden-boot

Striker muda asal Nigeria ini menjadi buah bibir pada kompetisi U20 Women’s World Cup di Kanada tahun lalu. Kecepatan dan kekuatan “Superzee” membawa Nigeria ke final, sayang pengoleksi 7 gol sepanjang turnamen tak dapat membawa negaranya juara kala ditundukan Jerman 0 -1 pada 25 Agustus 2014 lalu di Montreal. Eks punggawa Rivers Angels ini kemudian meneken kontrak jangka panjang bersama “The Reds; usai kompetisi di Nigeria selesai. Menarik menanti gol – gol dari kedua kakinya, walau dalam beberapa laga ujicoba, Oshoala belum terlihat padu dengan Natasha Dowie ataupun teman-teman dari lini kedua.

PREDIKSI PERMAINAN DI 2015

Walaupun harus kehilangan beberapa punggawa kunci seperti Lucy Bronze yang merapat ke Manchester City ataupun Amanda DaCosta yang pulang kampung ke Amerika Serikat dan membela Washington Spirit, namun Liverpool bergerak cepat dengan mengamankan beberapa nama berpengalaman seperti Ingrid Ryland dan Line Smorsgard. Dua pemain muda yang di datangkan yakni Satara Murray dari Texas dan Asisat Oshoala juga akan melengkapi skema Matt Beard.

2166583_w2

Masalah utama yang mungkin adalah pemilihan pemain untuk laga-laga penting seperti UWCL dan FA Women’s Cup serta Continental Cup. Pada musim perdana mereka di kompetisi Eropa, Liverpool harus merasakah pahit; kekalahan dari Linkopings di laga kualifikasi terakhir membuyarkan harapan mereka tampil di putaran final UEFA Women’s Champions League. Pun demikian anak asuh Matt Beard juga tak mampu berbicara banyak di dua piala lokal.

Prediksi Starting XI : (4-4-2) Stout; Harris, Ryland, Bonner, Schroder; Zelem, Williams, Katrin, Staniforth; Oshoala, Dowie.

Perpaduan pemain berpengalaman dan pemain muda pada tahun ini cukup membuat Penulis optimis Liverpool dapat berbuat banyak di kompetisi Eropa. Menyimpan pemain tua seperti Becky Easton yang tahun ini sudah berusia 40 tahun akan lebih baik, Satarra Murray yang sudah dicoba dalam beberapa laga ujicoba menunjukan kemampuan terbaik. Beberapa punggawa “The Reds” yang terpilih di tim nasional U23 dan U20 juga membantu regenerasi sepakbola Inggris ke depannya. Skuad akademi dan Development (istilah Reserve di liga wanita) juga sudah memberikan prestasi mereka sejauh ini.

Satu kata: #TogetherWeAreLimitless ! yang selalu bergaung di Widnes Stadium, walau tak semegah Anfield nyatanya mampu melecut semangat para serdadu merah dari kota Pelabuhan.


Penulis : Steven Danis – Penulis merupakan mahasiswa aktif S1 jurusan Filsafat, yang mendalami sepakbola wanita sejak 2011 silam. Seorang penulis lepas yang sempat melatih tim amatir futsal wanita, merupakan kontributor @womensfootie_id untuk sepakbola wanita Amerika Serikat dan Inggris yang berkicau di akun @stevenkurus.

Editor : @womensfootie_id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s