1427717079_extras_mosaico_noticia_1_g_0

Sepak bola perempuan di Spanyol berkembang baik di dalam maupun di luar lapangan pertandingan. Buktinya adalah bahwa perusahaan pakaian olahraga ternama telah mengambil langkah-langkah awal ke “pasar yang sebelumnya belum pernah dijelajahi”. Semakin dekatnya penyelenggaraan Piala Dunia Kanada, dimana Spanyol juga akan berpartisipasi, membuat merek-merek tersebut mulai “merekrut para pemain”.

Vero Boquete tidak hanya merupakan kapten timnas Spanyol, melainkan juga sebuah icon sepak bola Spanyol saat ini. Adidas mengumumkan “komitmen” pertamanya di dunia sepakbola perempuan dengan menjadi sponsor Vero. Kemudian, Ruth Garcia dan Jenni Hermoso pun bergabung dengan merek olahraga asal Jerman yang juga mensponsori tim nasional Spanyol ini.

Nike tidak mau ketinggalan dalam “perlombaan” ini dan mereka telah mensponsori Sonia Bermúdez, Alexia Putellas, Melanie Serrano (Barcelona), Ainhoa ​​Tirapu, Irene Paredes, Erika Vázquez (Athletic), Lola Gallardo, Silvia Meseguer (Atlético) dan Vicky Losada (Arsenal). Di sisi lain, Puma mensponsori Martha Corredera, Miriam Dieguez (Barcelona) dan Natalia Pablos (Arsenal), sementara Joma mensponsori Marta Torrejón (Barcelona).

Kesepakatan antara merek olahraga dengan para pemain masih berjalan pada tahap awal. Para pemain menyerahkan “image right” agar perusahaan merek-merek tersebut dapat menggunakan foto mereka untuk beriklan. Di sisi lain, para pemain mendapatkan sepatu dan perlengkapan olahraga. Ini adalah metode yang umumnya dilakukan di cabang olahraga lainnya tetapi tidak (umum dilakukan) di sepakbola profesional.

Amerika Serikat mengetahui bagaimana cara “menjual” para pemain bintangnya. Negara ini tidak hanya dijuluki sebagai liga terbaik di dunia melainkan juga menjadi contoh bagaimana menggunakan “marketing”, memperluas “pasar”, dan mempromosikan produk produknya. Dua contoh berikut ini menjadi bukti yang jelas . Abby Wambach, yang merupakan peraih penghargaan Bronze Ball pada tahun 2014 , telah menandatangani kontrak dengan Gatorade, Nike, MVP Healthcare, Triax, dan Panasonic. Alex Morgan menandatangani kontrak dengan Nike, Coca Cola, Panasonic , dan AT & T. Kedua pemain itu dan ikon merek Puma, Marta, saat ini menempati daftar 3 besar pemain dengan sponsor terbanyak.

Langkah pertama telah diambil, namun masih ada perjalanan panjang yang harus ditempuh: meningkatkan pendapatan para pemain, agar para pemain mendapatkan kompensasi ekonomis (bukan kompensasi berupa perlengkapan olahraga saja), dan agar para pemain menjadi protagonis dalam kampanye iklan.

Wulan Kusuma Wardhani

Sumber : Marca.com

Advertisements