Patricia Gonzalez: “Di Spanyol, Tidak Ada Peluang Bagi Perempuan di Dunia Sepakbola”


patri

Setelah pensiun dari sepakbola pada usia 21 tahun karena mengalami cedera punggung, Patricia Gonzalez mengikuti kursus kepelatihan. Di Spanyol, dia tidak dapat “menikmati” sepakbola. Sekarang, ia adalah pelatih timnas putri Azerbaijan.

Tanya (T) : Dua tahun berlalu sejak anda pergi ke Azerbaijan pada usia 25 tahun untuk menjadi pelatih timnas putri. Bagaimana perjalanan anda ?

Jawab (J) : Tahun pertama adalah hal yang rumit karena saya sangat untuk beradaptasi. Akan tidak masuk akal untuk menolak kesempatan berkarir secara profesional yang tidak akan saya dapatkan di Spanyol.
T : Apakah di Spanyol tidak mungkin untuk mencari nafkah di bidang sepakbola ?

J : Sebelumnya saya memiliki banyak pekerjaan dan pada akhirnya saya mendedikasikan diri saya untuk sepakbola. Di Spanyol tidak ada kesempatan bagi seorang perempuan untuk bekerja di bidang sepakbola. Sekarang hal itu adalah profesi saya.

T : Berbicara mengenai adaptasi, hal apakah yang paling sulit?

J : Hal yang paling sulit bagi saya adalah perubahan budaya. Meskipun Azerbaijan adalah negara dengan mayoritas muslim, mereka bukanlah masyarakat yang tertutup dan perempuan disana tidak mengenakan jilbab. Hal yang paling sulit adalah menyesuaikan diri dengan bagaimana mereka memahami sepakbola dan (menyesuaikan diri dengan) kehidupan di sana. Pada awalnya saya menghabiskan waktu 1,5 jam untuk berusaha untuk membedakan antara deterjen dan shampo (bahasa resmi Azerbaijan adalah Azeri). Dan setiap kali saya kembali dari Spanyol, saya kembali dengan membawa koper seberat 20 kilogram makanan, terutama daging beku, yang tidak terdapat disana.

T : Apa yang anda temukan pada saat anda datang ke Azerbaijan?

J : Saya menemukan sekelompok pemain yang sangat berkembang dalam hal teknik, tetapi memiliki kekurangan dalam hal taktik. Namun federasi sepakbola Azerbaijan sangatlah terlibat dalam segala hal : anggaran, rencana dan promosi. Sepakbola perempuan adalah hal yang sangat baru disini, dimulai pada tahun 2010 (saat ini ada 1000 license bagi pesepakbola perempuan Azerbaijan ), tetapi ada keinginan yang besar untuk menciptakan sebuah struktur yang solid. Saya merasa sangat dilindungi oleh Federasi sepakbola disini dan sekretaris jenderal federasi telah mengatakan bahwa seorang perempuan-lah yang selalu akan menjadi pelatih timnas putri.

T : Bagaimanakah karakteristik para pemain Azerbaijan?

J : Pada umumnya, mereka adalah perempuan berusia 16 atau 17 tahun, yang hanya bermain sepakbola saja dan tidak bekerja , karena dengan uang saku dan proyek dari federasi, mereka dapat “hidup” dari sepakbola. Salah satu kesulitan yang saya temukan adalah bahwa mereka menikah pada usia yang sangat muda dan karir mereka berakhir pada usia 21 atau 22 tahun. Bahasa juga menjadi hal yang sulit.

T : Bagaimana anda berkomunikasi?

J : Mereka tidak berbicara bahasa Inggris, jadi saya bergantung pada penerjemah untuk segala sesuatu dan harus sering menggunakan video. Sekarang saya memiliki penerjemah yang pernah bekerja dengan (Miliko) Pantic (mantan pelatih Baku FC) dan hal itu menunjukkan bahwa dia adalah seorang perempuan yang berkiprah di dunia sepakbola.

T : Apakah suatu hari nanti anda akan menjadi pelatih timnas Spanyol?

J : Saya memimpikan kemungkinan itu. Saya ingin menjadi pelatih timnas Spanyol, menjadi petinggi sepakbola perempuan di negara saya atau bekerja untuk dunia sepakbola perempuan di Spanyol dan mencari nafkah dengan cara itu.

Oleh: Wulan Kusuma Wardhani (@csi_wulan)

Sumber: As.com

About Wulan

Rebel, sports lover, amateur goalkeeper, urban cyclist, feminist, and environmentalist. Media worker. Stubborn, outspoken, and sarcastic. I like travelling (on budget) and reading article or books about politics, history, sports, and environment. Contact : wulanlunablog@gmail.com

One thought on “Patricia Gonzalez: “Di Spanyol, Tidak Ada Peluang Bagi Perempuan di Dunia Sepakbola”

Leave a Reply

