[PROFIL NWSL 2015] SEATTLE REIGN


1
Seattle Reign menjadi tim yang tampil bombastis musim lalu. Mereka berhasil membukukan rekor tak terkalahankan secara beruntut dalam 16 pertandingan dari awal musim hingga awal Juli, pun demikian mereka juga mencatatkan 16 kemenangan di akhir musim. Namun sayang, impian mereka untuk meraih gelar juara pupus karena berhasil di kalahkan FC Kansas City di laga final Championship. Seattle sendiri mulus melawan Washington Spirit di laga semifinal, pun demikian Kansas City yang berhasil membalaskan dendam mereka pada Portland Thorns di fase semifinal tahun lalu dengan kemenangan 2 – 0. Namun akhirnya dewi fortuna lebih berpihak pada Kansas City di laga final. Bagaimana peruntungan Seattle Reign musim ini?

RANGKUMAN MUSIM 2014

54 Poin / 24 Laga (Peringkat Klasemen: 1 // Championship: Runner-Up)

Menang 16 kali – Seri 6 kali – Kalah 2 kali

Agretivitas Gol: +30 (Memasukan 50 Gol : Kemasukan 20 Gol)

SKUAD LENGKAP MUSIM 2015

Setiap tim hanya diizinkan autoritas NWSL mendaftarkan 20 pemain untuk kompetisi penuh dalam semusim. Kemudian 18 pemain akan menjadi jatah setiap klub yang digunakan di tiap pertandingan (11 starter + 7 cadangan)

untitled

[sumber: http://www.reignfc.com/ – grafik disusun oleh Penulis]

WHO IS MISSED ?

Nahomi Kawasumi

Nahomi Kawasumi

Nahomi Kawasumi yang musim lalu dipinjamkan dari INAC Kobe Leonnessa menjadi sosok penting permainan di kubu Reign. Sayang keputusannya untuk fokus di Piala Dunia Wanita dan kembali ke Jepang menjadi pukulan bagi Reign. Mereka kehilangan salah satu stranieri yang juga dapat mengubah gaya bermain Reign lebih ofensif ketimbang musim 2013 lalu. “Naho adalah salah satu crosser terbaik di jagad sepakbola wanita” kata Laura Harvey, pelatih Seattle Reign.

Kate Deines

Kate Deines

Dara cantik kelahiran Portland 17 September ini merupakan sosok penting di lini belakang Reign. Kate sendiri sudah akrab dengan Seattle sejak membela Seattle Sounders Women’s di W-League beberapa musim lalu. Musim ini Ia ditukarkan ke FC Kansas City dengan Merritt Mathias, namun sayang pada akhirnya juara musim lalu tersebut tak dapat memainkan Kate lantaran ia memutuskan pensiun untuk mencari peruntungan di luar sepakbola. Mungkin kesetiaanya pada Reign yang memutuskannya untuk pensiun beberapa saat sebelum liga dimulai. Tentu Reign tak terlalu merasa kehilangan sosok wanita yang memiliki senyum manis ini.

WHO TO WATCH ?

Katrin Veje

Katrine Veje

Striker internasional Denmark ini akan datang ke Reign pada 1 Juli 2015, kendati tim Dinamit tak bermain di Piala Dunia Wanita, Katrin yang sudah mengemas 5 gol bersama Denmark ingin menunjukan kualiatasnya bersama Reign. Walaupun memiliki usia yang cukup muda, pengalamannya dapat memberikan warna berbeda pada permainan Reign di lapangan.

Beverly Goebel Yanez

Beverly Goebel

Goebel memang bukan menjadi pilihan utama Laura Harvey musim lalu, didatangkan sebagai pemain pinjaman dari INAC Kobe Leonessa, Bev memutuskan untuk meninggalkan Kobe dan berlabuh secara permanen di Reign musim ini. Namun saya meramalkan, bahwa Bev akan mencapai puncaknya tahun ini. Pemain ini memiliki kecepatan dan memiliki tanggung jawab berat untuk menggantikan Sydney Leroux ataupun Nahomi Kawasumi.

PREDIKSI PERMAINAN DI 2015

SEA

2014 yang hampir sempurna, setelah off season musim lalu ada satu kekecewaan terdalam pada pertandingan terakhir! ‘”Bahkan para pemain menonton (rekaman pertandingan) hingga 25 kali” tukas Laura Harvey seperti dilansir EqualizerSoccer.com. Pelatih yang sukses bersama Arsenal Ladies ini belum banyak membicarakan perubahan di musim ini, dan Dia ingin segera melupakan kejadian buruk musim lalu.

“Banyak hal positif, kami tidka percaya bahwa musim lalu begitu cepat berlalu dan kami harus kalah di final”. Seattle Reign sendiri menjadi tim yang fantastis dengan rekor musim reguler yang mereka catatkan. Kesedihan Harvey juga lebih-lebih karena ia harus menjelaskan betapa berbedanya sistem liga yang ada di Amerika terutama bagi pemain-pemain baru yang masuk ke tim, salah satunya seperti Naho. “24 game yang Anda mainkan membuat Anda menjadi seperti yang Anda inginkan (juara), namun satu pertandingan (dan tidak keberuntungan) mengubah kami menjadi pecundang.”

Prediksi Starting XI : Solo, Reed, Fletcher, Cox, Barnes; Fishlock, Little, Winters, Rapinoe; Mathias, Goebel-Yanez.

Namun Harvey tak perlu sedih karena musim ini dapat lebih baik dari kemarin. Masalah terbesar mereka hanyalah kehilangan Hope Solo untuk jangka waktu yang cukup lama kala Ia harus masuk training camp bersama USWNT dan menjalani laga di Women’s World Cup 2015. Di 2013 keadaan ini sempat menghantui Reign pula, namun kala itu Solo tidak hadir dalam tim karena cedera. Masuknya Merritt Mathias dan dapat menguatkan tim, terutama karena kehilangan Sydney Leroux. Di posisi bek, Harvey harus harap-harap cemas karena beberapa beknya masih dapat dipanggil timnasita ke training camp. Eli Reed, Kendall Fletcher, Laura Barnes, dan Stephanie Cox memiliki kesempatan sama untuk mengamankan satu posisi di USWNT. Untuk Keelin Winters, kapten dan playmaker tim nampaknya Harvey dapat bernapas lega karena radar Jill Ellis, pelatih USWNT, tak mengarah kepadanya.

Lini tengah yang semakin kuat dengan kedatangan Amber Brooks dari Portland Thorns juga akan menopang kerja dua gelandang internasional yang harus absen di Piala Dunia Wanita tahun ini yakni Jessica Fishlock (Wales) dan Kim Little (Skotlandia). Brooks bisa saja diplot sebagai bek tengah dan diduetkan dengan eks kapten Notts County, Rachel Corsie yang sedang menunggu penyelesaian international transfer certificate nya.

Sayang, Reign tidak dapat memainkan Abby Wambach di lini depan yang baru saja ditukar dengan Sydney Leroux ke WNY Flash. ‘Wambo’ sendiri memutuskan untuk tak bermain di musim ini karena ingin fokus ke Piala Dunia Wanita. Apakah keputusannya akan berubah? [sd]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s