[PROFIL NWSL 2015] SKY BLUE FC


1

Ada aura optimisme di New Jersey! Sky Blue FC sendiri merindukan play-off yang mereka rindukan dua musim lalu. Musim 2014 lalu, mereka terlambat “panas” padahal di akhir musim mereka bermain habis-habisan. Di awal sejarah liga (musim 2013) mereka harus kalah dari Flash di semifinal, dan musim lalu gagal mengamankan posisi play-off karena kalah dari tim-tim lain seperti Chicago Red Stars dan Washington Spirit. Pelatih lokal berpengalaman, Jim Gabarra sendiri menyatakan, “Tidak ada alasan untuk tidak mencapai play-off musim ini!,” mengingat mereka bermain cukup solid di pra-musim dan memiliki senjata mematikan untuk sepanjang perjalanan mereka di musim 2015. Siapakah dia?

RANGKUMAN MUSIM 2014

34 Poin / 24 Laga (Peringkat Klasemen: 6)

Menang 9 kali – Seri 7 kali – Kalah 8 kali

Agretivitas Gol: -7 (Memasukan 30 Gol : Kemasukan 37 Gol)

SKUAD LENGKAP MUSIM 2015

Setiap tim hanya diizinkan autoritas NWSL mendaftarkan 20 pemain untuk kompetisi penuh dalam semusim. Kemudian 18 pemain akan menjadi jatah setiap klub yang digunakan di tiap pertandingan (11 starter + 7 cadangan)

untitled

[sumber: http://www.skybluefc.com – grafik disusun oleh Penulis]

WHO IS MISSED ?

Ashley Nick

Ashley Nick

Gelandang berpengalaman yang mengawali karier profesionalnya bersama F.C. Twente Vrouwen tersebut kini pergi dan bermain untuk Houston Dash, padalah Sky Blue butuh kreasi dan kecepatan Ashley. Pada musim lalu Ia memang hanya mencetak satu gol dari 24 penampilannya, namun Ia merupakan kreator lini tengah. Kehilangan Nick, lini tengah Sky Blue hanya berumpu pada pemain gaek macam Sophie Schmidt.

Kendall Johnson

Kendall Johnson

Johnson yang “pulang kampung” ke Portland untuk membela Portland Thorns telah bermain untuk Sky Blue sejak musim inagurasi NWSL. Bek yang akan berulang tahun ke-24 pada 24 April nanti merupakan salah satu sosok kunci pertahanan Sky Blue musim lalu bersama Christine Rampone.

WHO TO WATCH ?

Nadia Nadim

Nadia Nadim

Inilah dewi penyelamat Sky Blue! Datang di pertengahan musim 2014, pemain Denmark kelahiran Kabul, ibukota Afghanistan ini memberikan efek besar bagi skuad Jim Gabarra musim lalu. 7 gol dari 6 pertandingan yang dia lakoni dapat membawa angin segar bagi Kelley O’Hara dan kawan-kawan. Sky Blue sebenarnya merindukan sosok striker tajam seperti Lisa De Vana yang hadir dua tahun lalu, menarik menanti performa Nadim yang akan bertemu rekan senegaranya di liga ini. “Aku memiliki hubungan baik dengan Katie (Freels) dan Maya (Hayes) ketika datang kesini” pungkasnya.

Sarah Killion

Sarah Killion

Salah satu gelandang muda yang memiliki potensi pada 2015 nanti adalah Sarah Killion. Ia bermain bersama tim kampus UCLA di kompetisi NCAA. Sarah memiliki kecepatan dan kontrol bola mumpuni, salah satu target buruan terpanas dalam College Drafts musim ini. Sky Blue beruntung memiliki pemain yang sudah mulai dipanggil USWNT U23 sejak Desember 2013 hingga Juni 2014 lalu.

PREDIKSI PERMAINAN DI 2015

SKY

Sky Blue FC mungkin akan mengalami musim berat kali ini, karena beberapa pemain yang absen merupakan kunci permainan mereka. Sebut saja Sophie Schmidt yang baru bergabung setelah Piala Dunia Wanita, gelandang enerjik asal Kanada ini merupakan sosok penting permainan Sky Blue selama dua musim berturut. Kehilangan yang juga dirasakan dengan ketiadaan Christine Rampone dan Kelley O’Hara setidaknya berdampak besar bagi lini belakang Sky Blue.

CoCo Goodson yang pensiun, mungkin akan digantikan oleh rookie Kristin Grubka. Jim Gabarra memiliki ekspektasi lebih kepada barisan pemain mudanya, “Saya berharap untuk mendapatkan permainan yang bagus. Kami punya pemain yang memiliki hubungan baik dengan antar pemain lainnya di atas lapangan”.

Prediksi Starting XI : Cameron, Haagsma, Cutshall, Rampone, O’Hara; Killion, Freels, Gordon, Lylte; Hayes, Nadim.

Performa Britanny Cameron juga harus bagus mengingat lini belakang Sky Blue yang diisi pemain muda akan memberikan dampak negatif bagi mereka di awal-awal liga. Pun demikian kehilangan Monica Ocampo (Meksiko) dan dua karib asal Australia, Catlin Foord dan Samantha Kerr yang baru ditukar dari WNY Flash. Keduanya adalah salah satu duat paling dinamis kendati bermain di dua posisi berbeda. Jika Sky Blue dapat menemukan chemistry antar pemain baru mereka dapat bangkit di paruh kedua musim. [sd]

One thought on “[PROFIL NWSL 2015] SKY BLUE FC

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s