[PROFIL NWSL 2015] WESTERN NEW YORK FLASH


1

Pertama kalinya dalam sejarah klub, mereka gagal menjadi juara, bahkan gagal mengamankan posisi di play-off tahun lalu. Western New York Flash sebagai salah satu klub tradisional di Amerika Serikat termasuk salah satu klub besar karena dalam 4 tahun dan 4 format liga yang berbeda mereka telah menggondol 3 trofi juara. Bahkan NWSL musim inagurasi 2013 lalu bahkan mereka menjadi pemuncak klasemen dan berhak meraih NWSL Shield, walaupun gagal di partai final. Imbas penurunan performa ini, Flash harus kehilangan dua bintang utama mereka; Carli Lloyd dan Abby Wambach. Lantas apakah mereka akan semakin terpuruk?

RANGKUMAN MUSIM 2014

28 Poin / 24 Laga (Peringkat Klasemen: 7)

Menang 8 kali – Seri 4 kali – Kalah 12 kali

Agretivitas Gol: +4 (Memasukan 42 Gol : Kemasukan 38 Gol)

SKUAD LENGKAP MUSIM 2015

Setiap tim hanya diizinkan autoritas NWSL mendaftarkan 20 pemain untuk kompetisi penuh dalam semusim. Kemudian 18 pemain akan menjadi jatah setiap klub yang digunakan di tiap pertandingan (11 starter + 7 cadangan)

untitled

[sumber: http://www.wnyflash.com/ – grafik disusun oleh Penulis]

WHO IS MISSED ?

Carli Lloyd

Carli Lloyd

#L10YD merupakan sosok sentral di lini tengah Flash dua musim kebelakang, dan tentunya playmaker dalam timnasita Amerika Serikat dalam beberapa tahun terakhir. Gaya bermainnya yang lugas mungkin dapat diidentikan dengan Steven Gerrard ataupun Andres Iniesta versi wanita menurut saya. Tahun ini, Lloyd bergabung bersama Houston Dash demi mencari tantangan baru dalam kariernya. Lloyd sendiri telah mengemas 63 gol bersama USWNT sejak 2005 lalu.

Abby Wambach

a

‘Wambo’ mengumumkan sebuah keputusan yang aneh bin ajaib tahun ini. “Saya memutuskan tidak akan bermain di NWSL pada 2015 dan fokus bersama USWNT untuk Piala Dunia Wanita”. Sontak keputusannya dikecam banyak pihak. Bahkan pelatih Aaran Lines sendiri berkomentar negatif dengan keputusan goalgetter nya ini. Secara akal sehat saja tak bisa diterima. Bagaimana mungkin Anda (seorang pemain profesional) tidak menjaga kondisi fisiknya untuk even besar jika tak bermain dalam suasana kondusif di liga yang kompetitif? Sekali lagi, sebuah keputusan aneh!

WHO TO WATCH ?

Whitney Engen

b

Engen kembali ke klub yang membesarkan namanya pada WPS 2011 lalu. Dirinya sendiri dapat menjadi sosok sentral di lini belakang WNY Flash yang ditinggal bintang-bintangnya. Namanya sendiri menjadi plan-B bagi Jill Ellis di lini depan timnasita, namun jika dirinya tidak bermain bagus maka keuntungan bagi Flash untuk mengamankan jasa eks pemain Liverpool Ladies dan Tyreso sepanjang musim. Engen yang musim lalu bermain bersama Houston Dash akan kembali bernostalgia dengan duetnya di lini belakang 2011 lalu, Becky Edwards.

Lynn Williams

c

Lynn Williams adalah salah satu talenta muda yang berhasil digaet Aaran Lines dalam College Draft 2015 Januari lalu. Melihat aksinya bersama USWNT U23 di La Manga membuat saya kepincut dengan aksinya di liga nanti. Apalagi Lynn akan mendapatkan tandem berpengalaman yakni Sydney Leroux.

PREDIKSI PERMAINAN DI 2015

WNY

Dengan musim yang cukup berat musim lalu, Aaran Lines nampaknya memasuki musim ini dengan kepala yang sedikit berat akibat ditinggal beberapa pemain bintangnya, walaupun mendapat beberapa pengganti yang sepadan seperti Sydney Leroux dan Amanda Frisbie dari Seattle Reign. Western New York Flash sendiri tak terpengaruh banyak dengan pemain yang absen di Piala Dunia Wanita Juni hingga Juli nanti, kendati mereka lebih mengandalkan pemain-pemain muda musim ini.

Prediksi Starting XI : D’Angelo; Stewart, Engen, Edwards, Frisbie; Mewis, Dahlkemper, Angeli; Williams, Kur-Lansen, Leroux.

“Akan ada empat pemain muda yang akan bermain sebagai starting di hari pertama nanti.” kata pelatih asal Selandia Baru itu jelang laga perdana melawan Reign Minggu pagi waktu Indonesia. Selain Amanda Frisbie dan Sydney Leroux yang akan melakukan reuni, Flash memang mendapatkan beberapa pemain muda dari College Drafts musim ini.

Samantha Mewis, adik bek Boston Breakers Kristie Mewis menjadi tokoh sentral di lini tengah Flash selama beberapa musim ke depan. Gelandang UCLA ini sudah mencetak 37 dari 42 gol tim kampusnya selama gelaran liga NCAA. Sungguh luar biasa! Belum lagi Abby Dahlkemper yang dapat menjadi defensive midfielder ataupun center back. “Dia memiliki teknik yang baik, coachable dan mau belajar,” sambut Lines. Flash juga memiliki dua kiper baru, Chantel Jones dan Sabrina D’Angelo. Nama kedua nampaknya akan lebih dipercaya Lines walaupun tampil sebagai rookie.

Flash sesungguhnya juga membutuhkan sosok Jasmine Spencer yang bermain solid musim lalu, dipinjamkan ke Sydney FC ia mengemas 8 gol dalam 12 pertandingannya di W-League Australia pada off-season NWSL sayang kini Dia cidera sehingga tak dapat diturunkan dari awal liga. Menarik juga menanti penampilan dua striker internasional Camilla Kur-Lasen dari Denmark dan Ajara Nchou Njoya dari Kamerun yang dipanggil untuk memperkuat Flash ketika Leroux bermain di Women’s World Cup. [sd]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s