[PROFIL NWSL 2015] HOUSTON DASH


1

Seperti yang diperkirakan, “tim baru” asal Texas ini belum mampu menyaingi lawan-lawan mereka di musim pertama mereka. Kekalahan tipis di laga perdana melawan sang jawara bertahan musim lalu, Portland Thorns, sebenarnya sedikit menyimpan asa bagi Kealia Ohai dan kawan-kawan. Beberapa bintang muda juga belum mampu menampilkan performa terbaiknya. Musim ini kedatangan beberapa bintang besar seperti Meghan Klingenberg dan Carli Lloyd nampaknya mampu mendongkrak performa klub yang satu atap dengan salah satu peserta MLS, Houston Dynamo. Apakah Randy Waldrum dapat membawa perubahan di musim kedua mereka? RANGKUMAN MUSIM 2014

18 Poin / 24 Laga (Peringkat Klasemen: 9)

Menang 5 kali – Seri 3 kali – Kalah 16 kali

Agretivitas Gol: -21 (Memasukan 23 Gol : Kemasukan 44 Gol)

SKUAD LENGKAP MUSIM 2015

Setiap tim hanya diizinkan autoritas NWSL mendaftarkan 20 pemain untuk kompetisi penuh dalam semusim. Kemudian 18 pemain akan menjadi jatah setiap klub yang digunakan di tiap pertandingan (11 starter + 7 cadangan)

untitled

[sumber: http://www.houstondynamo.com/houstondash – grafik disusun oleh Penulis]

WHO IS MISSED ?

Kaylyn Kyle

Kaylyn Kyle

Kaylyn datang ke Houston setelah menjalani musim singkat bersama Boston Breakers di tahun yang sama. Musim lalu Ia menjadi salah satu gelandang bertahan terbaik bagi “tim baru” ini kendati Ia lebih nyaman dimainkan sebagai deffensive midfielder daripada dipaksa menjadi bek tengah kala di Breakers. Kaylyn pula yang membuat gaya permainan Dash mirip seperti Kanada, beberapa rekan senegara seperti kiper Erin McLeod dan sahabat karibnya Lauren Sesselmann juga membantu Kaylyn masuk dalam skema permainan Randy Waldrum. Kehilangan eks Seattle Reign bagi Dash tahun ini mungkin tidak terlalu terasa dengan kedatangan Morgan Brian.

Arianna Romero

FC Kansas City v Houston Dash

Arianna adalah bek sayap terbaik yang dimiliki Meksiko dalam beberapa tahun terakhir. Sebuah keberuntungan bagi Dash mendapatkan jasanya, karena Arianna sendiri dapat bertahan di kerasnya NWSL berbeda dengan Nayeli Rangel atau Jackie Avecedo yang seolah mampir meramaikan liga. Bek kelahiran Arizona, Amerika Serikat ini mampu bermain konstan di sisi kanan pertahanan Dash.

WHO TO WATCH ?

Morgan Brian

Morgan Brian

Morgan Brian bakal menjadi tumpuan lini tengah Dash. Pemain yang sebenarnya musim lalu digadang-gadang untuk bermain di liga masih betah untuk bermain di level universitas, walau sudah berseragam USWNT sejak tahun lalu. ‘Moee’ adalah gelandang bertahan yang baik, Ia akan menjadi roda pengerak utama lini tengah seperti Lloyd. Duet keduanya di timnasita (bersama Lauren Holiday dari F.C. Kansas City) juga berdampak baik bagi Dash ke depannya.

Stephanie Roche

Stephanie Roche

Striker Irlandia yang langsung menjadi buah bibir pada tahun lalu ini menjadi salah satu pembelian teranyar Dash. Randy Waldrum sendiri membutuhkan sosok yang mampu meneror lini belakang lawan-lawan mereka di liga, Ella Masar masih jauh dari ekspektasi. Dengan kehadiran pemain internasional Irlandia ini, Dash nampaknya akan tampil lebih ofensif dari biasanya. Roche sendiri telah mencetak 6 gol dari 35 penampilannya bersama Irlandia sejak 2008 lalu.

PREDIKSI PERMAINAN DI 2015

HOU

Randy Waldrum sendiri masih mencari bentuk permainan Dash pada awal kemunculan mereka di 2014. Banyaknya pemain cidera dan belum berpengalaman tentu membuat kesulitan bagi tim yang “satu atap” dengan Houston Dynamo ini. Menilik pengalaman sebagai seorang pelatih di tim [amatir] wanita, saya rasa Waldrum kesulitan jua untuk menyamakan persepsi antar pemain apalagi faktor komunikasi juga mempengaruhi.

Kehilangan Aya Sameshima dan Lauren Sesselmann karena cidera menjadi pukulan telak bagi Dash musim lalu. Mereka juga kalah di enam pertandingan terakhir di liga secara berturut-turut. Tahun ini mereka membangun skuad lebih dalam sehingga mimpi untuk menggapai play-off dapat dimulai dari hari pertama musim NWSL 2015. Untuk mendapatkan servis Carli Lloyd, mereka rela kehilangan duet bek Becky Edwards dan Whitney Engen yang ditukar ke WNY Flash. Tambahan beberapa pemain yang didatangkan dari luar kompetisi seperti Alyssa Chapman, Rachael Axon, dan Stephanie Roche akan memberikan warna tersendiri bagi Dash. Dua nama terakhir pun menjadi opsi penyelamat Dash disaat para pemain yang ikut dalam Women’s World Cup hilang dalam tim.

“Saya pikir pada akhirnya Ia akan menjadi pemain yang sangat bagus. Dia seorang finisher dan dapat mencetak gol-gol luar biasa. Masalahnya hanya fisik dan kecepatan yang perlu ditekankan lagi. Dia perlu beradaptasi banyak di liga kami.” komentar Waldrum tentang Stephanie Roche seperti dilansir EqualizerSoccer.com

Prediksi Starting XI : McLeod; Chapman, Ochs, Cross, Klingenberg, Nick, Brian, Lloyd, Bock, Masar, Ohai.

Waldrum pun menjanjikan permainan ofensif tahun ini. Pria yang juga menjadi pelatih timnasita Trinidad & Tobago ini menilai kualitas striker yang mereka miliki tak jauh berbeda dengan tim lainnya. Kealia Ohai mulai percaya diri di pertengahan musim lalu. “Ketika saya memulai musim, ada perbedaan antara level universitas dan pro. Musim ini saya lebih yakin!” pungkasnya pada media. Dash mungkin hanya akan berkutat di lini tengah dan belakang.

Ketika Morgan Brian dan Carli Lloyd baru saja bergabung beberapa hari sebelum liga dimulai tentu susah untuk membuat keadaan yang kondusif dalam tim. Pun demikian lini belakang yang harus mulai di eksplorasi. Meghan Klingenberg dan Alyssa Chapman mungkin akan menjadi koordinator utama disana, namun keempat pemain diatas akan meninggalkan tim sebelum Piala Dunia Wanita dimulai nanti. Waldrum sendiri sudah mengantisipasi dengan bereksperimen pada diri Stephanie Ochs sebagai bek sayap. Musim lalu mungkin Waldrum menggunakan 4 – 3 – 3 dan nyatanya tidak terlalu jitu, musim ini Waldrum sendiri bakal menjanjikan formasi 4 – 4 – 2 atau 4 – 5 – 1 yang ofensif. [sd]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s