[PROFIL NWSL 2015] CHICAGO RED STARS


1

Chicago Red Stars berhasil menjadi salah satu kuda hitam yang paling menonjol di liga musim lalu, lebih beruntung dibanding tim-tim tradisional lainnya seperti SkyBlue, Boston Breakers, dan Western New York Flash, anak asuh Rory Dames bahkan mampu menyajikan drama hingga akhir kompetisi dalam perebutan tempat terakhir di “Final Four”, walaupun akhirnya harus kalah satu poin dengan Portland Thorns yang menyodok di posisi ketiga dan kalah agresivitas gol dengan Washington Spirit. CRS memiliki banyak pemain muda berbakat dan tentunya akan lebih membahayakan di musim ini. Sejumlah nama seperti Julie Johnston, Vanessa DiBernardo dan Sofia Huerta menjadi tumpuan timnasita (tim nasional wanita) Amerika Serikat dan Meksiko di masa depan. Bagaimana sepak terjang mereka musim ini?

RANGKUMAN MUSIM 2014

35 Poin / 24 Laga (Peringkat Klasemen: 5)

Menang 9 kali – Seri 8 kali – Kalah 7 kali

Agretivitas Gol: +6 (Memasukan 32 Gol : Kemasukan 26 Gol)

SKUAD LENGKAP MUSIM 2015

Setiap tim hanya diizinkan autoritas NWSL mendaftarkan 20 pemain untuk kompetisi penuh dalam semusim. Kemudian 18 pemain akan menjadi jatah setiap klub yang digunakan di tiap pertandingan (11 starter + 7 cadangan)

untitled

[sumber: http://www.chicagoredstars.com – grafik disusun oleh Penulis]

WHO IS MISSED ?

Julianne Sitch

Julianne Stitch

Chicago Red Stars lekat dengan nama bek berusia 38 tahun ini. Sitch telah bermain dalam “tiga tim” Red Stars sedari di kompetisi WPS (2010), WPS-Elite (2012), dan NWSL (2013-2014). Cidera minor yang sempat menghantamnya musim lalu membuat wanita kelahiran Oswego, Illinois ini untuk gantung sepatu. Rekan se-era-nya, Jackie Santacaterina juga mengikuti jejaknya untuk pensiun.

Emily van Egmond

Emily van Egmond

Pemain yang sempat berlatih bersama Liverpool Ladies ini merupakan salah satu pembelian terbaik musim lalu bagi Red Stars, Ia menunjukan kemampuannya musim lalu seperti apa yang tertera di CVnya seperti kala membela tim-tim besar di Australia. Van Egmond sendiri kini lebih memilih bergabung bersama Newcastle Jets’ Womens dan masih belum tentu kembali ke Amerika Serikat.

WHO TO WATCH ?

Sofia Huerta

Sofia Huerta

Kemampuan pemain yang memiliki dua kewarganegaraan Amerika Serikat dan Meksiko ini menjadi buah bibir di kompetisi antar-universitas sejak tahun lalu. Sofia mampu dimainkan di posisi apa saja terkecuali sebagai seorang kiper. Alumni Santa Clara University ini sebenarnya sudah bermain di timnasita Meksiko U20, bahkan pelatih Leo Cuellar sudah mengamankan namanya untuk timnasita senior di beberapa tahun ke depan. Sebuah langkah baik, Sofia telah mengemas 3 gol dari 4 pertandingannya bersama timnasita Meksiko U20.

Jullie Johnston

Julie Johnston

Namanya sudah melonjak mulai musim lalu. Fisik yang menjadi modal bagus bagi pemain satu ini jelas keuntungan tersendiri, dirinya mampu menggeser beberapa nama senior di USWNT. Kapten USWNT U20 di 2012 yang berhasil menyabet Piala CONCACAF U20 ini memiliki masa depan cerah bersama Red Stars dan USWNT. Dua gol, dan kedua-duanya dari sundulan sudah dibukukannya 2015 ini!

PREDIKSI PERMAINAN DI 2015

CRS

Chicago Red Stars menjadi tim yang memiliki permainan stganan dua musim ke belakang, selalu dekat dengan play-off walau akhirnya tak pernah masuk kesana. 2013 mengawali musim dengan membosankan, salah satu tim tradisional ini mengambil jarak untuk mengevaluasi diri dantampil lebih baik di 2014, terbukti mereka menjadi tim pertama yang mengalahkan Seattle Reign, memutus rekor 16 pertandingan tak terkalahkan mereka! Ciri utama tim asal Texas ini adalah selalu bisa mencetak pemain-pemain rookie yang didapatkan dari College Draft.

Vanessa DiBernardo dan Julie Johnston menjadi nama yang berhasil di bentuk Rory Dames musim lalu. DiBernardo sendiri digadang-gadang akan menunjukkan kekuatan lebihnya bersama Chicago Red Stars musim ini. “Vanessa datang dengan tingkat kebugaran yang berbeda (sejak sembuh dari cedera lutut) dan kepercayaan diri yang besar menyambut musim yang panjang ini.” Masalahnya Ia memiliki peran cukup besar membina rekan-rekan rookie lainnya.

Prediksi Starting XI : LeBlanc; Hemmings, Johnston, Lomnicki, Quon; Boxx, Mautz, Colaprico, Chalupny; Press, Leon.

Masalah utama Dames tahun ini hanyalah absennya para bintang yang akan berlaga di WWC 2015. Karina LeBlanc satu-satunya kiper dalam tim sudah pasti masuk ke timnasita Kanada, maka Ia akan memanggil satu kiper lagi untuk menggantikannya. Saya rasa Dames akan mencari “discovery player” musim ini di sektor kiper, pun pemain amatir yang harus dapat dipercaya. Beberapa punggawa “The Mapple Leafs” seperti Rachel Quon, Melissa Tancredi dan Adriana Leon pun menjadi kehilangan berarti bagi tim.

Julie Johnston, Lori Chalupny, Christen Press untuk USWNT dan Abby Erceg di timnasita Selandia Baru. Dan, tak ada nama besar sejauh ini yang menjadi plan B Dames. Lalu? Tiga talenta terbaik yang didapatkan dalam College Drafts lalu menjadi yang mereka optimalkan. Colaprico akan menambal lini tengah, pemain yang bagus di USWNT U20. Rory Dames pun masih dihantui transisi akan menjadi masalah terpenting Red Stars (sekali lagi) musim ini. [sd]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s