[PROFIL NWSL 2015] WASHINGTON SPIRIT


washington-spirit-new

Tim asal ibukota Amerika Serikat, Washington D.C. ini memiliki kisah menarik dalam sejarah NWSL. Pada musim 2013 mereka finis di posisi terbuncit, namun semusim setelahnya mampu mengubah keadaan dengan finis di posisi keempat dan memastikan diri di play-off. Spirit harus lebih baik musim ini, namun sedikit masalah akan dihadapi kala kehilangan beberapa pilar kunci yang absen membela Negara masing-masing di Women’s World Cup 2015 di Kanada. Akankan musim ini mereka kembali terpuruk atau justru sebaliknya?

RANGKUMAN MUSIM 2014

35 Poin / 24 Laga (Peringkat Klasemen: 4 // Championship: Semifinalis)

Menang 10 kali – Seri 5 kali – Kalah 9 kali

Agretivitas Gol: -7 (Memasukan 36 Gol : Kemasukan 43 Gol)

SKUAD LENGKAP MUSIM 2015

Setiap tim hanya diizinkan autoritas NWSL mendaftarkan 20 pemain untuk kompetisi penuh dalam semusim. Kemudian 18 pemain akan menjadi jatah setiap klub yang digunakan di tiap pertandingan (11 starter + 7 cadangan)

untitled

[sumber: http://www.washingtonspirit.com – grafik disusun oleh Penulis]

WHO IS MISSED ?

Jodie Taylor

England Women - Squad Shots

Kehilangan yang sangat berarti bagi Washington Spirit, Jodie yang baru mulai dipanggil bermain untuk Tim Nasional Inggris di 2014 memiliki puncak kariernya bersama tim ibukota ini. Musim lalu Ia mencetak 11 gol dari 22 game yang dimainkan, itu berarti satu gol per dua pertandingan. Bukan hanya itu, Spirit sekaligus kehilangan sosok yang menjadi pemimpin dalam bermain.

Yael Averbuch

Yael Averbuch

Pemain berdarah Yahudi ini merupakan pemain serba bisa, Ia memiliki pengalaman yang luar biasa baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Tubuh jangkungnya memudahkannya untuk menang dalam duel bola-bola atas, setidaknya Yael membuktikan dengan tampil konsisten bersama Spirit musim lalu dengan mengawal lini tengah cukup baik bersama Diana Matheson. Yael telah mengemas 26 penampilan bersama USWNT ini mungkin berharap tampil lebih baik bersama FC Kansas City musim ini, padahal bisa saja dia mengantarkan Spirit untuk play-off kembali di 2015, ia pun tak terganggu dengan masalah Piala Dunia.

WHO TO WATCH ?

Amanda DaCosta

Amanda DaCosta

Amanda didatangkan dari Liverpool Ladies pada off-season lalu, gelandang yang memiliki dua kewarganegaraan ini (Amerika Serikat dan Portugal) memiliki visi bermain mumpuni dan tentunya pengalaman yang cukup baik di negeri Ratu Elizabeth. DaCosta sendiri memilih kembali ke Amerika Serikat berharap ia dapat dipanggil USWNT, menurut saya permainannya cukup baik walau harus diuji dengan beberapa penghuni lama seperti Carli Lloyd dan Morgan Brian, ataupun Lauren Holiday. Amanda mengantarkan Liverpool Ladies juara WSL 2 kali berturut. Bisakah dia membawa Spirit juara musim ini?

Laura Del Rio

Laura Del Rio

Kehilangan nama penting, Jodie Taylor, membuat Mark Parsons harus mencari pengganti sepadan. Nama Laura Del Rio mungkin menjadi yang terdepan ketimbang dua pemain internasional lainnya yang didatangkan. Walaupun terhitung sebagai pemain tua, namun pengalamannya dapat membantu Spirit lebih baik musim ini apalagi Laura sudah pernah berkarier di Inggris, yang notabene adalah Negara asal Taylor. Eks pemain Bristol Academy Women’s ini sudah mencatatkan 40 gol bersama timnasita Spanyol.

PREDIKSI PERMAINAN DI 2015

WAS

Mark Parsons, pelatih Washington Spirit, harus melakukan reshuffle pada komposisi skuadnya musim ini, dengan harapan timnya akan konsisten sepanjang musim dan mengamankan (lagi) satu tiket play-off. “Ada tantangan yang lebih pada tahun ini, namun kami harus tetap menjaga jumlah gol kami agar dapat bersaing dengan tim lain.” Musim lalu sendiri mereka memiliki defisit tujuh gol dalam agretivitas gol.

Di atas kertas Spirit akan mengalami banyak perubahan dalam lini belakang, utamanya ketika Ashlyn Harris, Crystal Dunn, serta Ali Krieger dipanggil ke USWNT. Namun musim ini akna lebih kompleks lagi soal: “Siapa yang akan mencetak gol?” Kepergian Jodie Taylor mungkin dampak terbesar bagi Washington Spirit. Caroline Miller dan Tiffany Weimer pun harus melewati beberapa pertandingan awal lantaran belum sembuh dari cidera. Nama Laura Del Rio menarik ditunggu untuk unjuk gigi.

Prediksi Starting XI : Harris; Krieger, Dunn, Huster, Reynolds; DaCosta, Salem, Lohman, Nairn; Del Rio.

Angela Salem dan Joanna Lohman direkrut untuk melakukan sejumlah “pekerjaan kotor” dan memperkuat lini tengah. Selain itu tambahan bintang Liverpool Ladies, Amanda DaCosta, akan membuat sisi penyerangan Washington Spirit lebih baik ditambah Christine Nairn yang mencetak tiga gol penting (dan cantik) sepanjang musim lalu. Tahun ini Tori Huster mendapatkan porsi bermain yang cukup banyak dan berbeda. Ia akan kembali ke posisi asli sebagai bek tengah setelah sebelumnya sukses menjalani musim sebagai gelandang bertahan, “Bagi saya dia bisa menjadi pemimpin di lapangan. Ia gelandang bertahan yang baik, sekaligus bek yang mumpuni. Saya percaya dia bisa melakukannya (bermain di kedua posisi) dengan baik,” tukas Mark Parsons seperti di lansir EqualizerSoccer.com

Jika lini depan dapat diisi penyerang internasional Argentina, Estafania Banini, dan Nigeria, Fransesca Ordega, selain Laura Del Rio lain halnya dengan lini belakang yang diisi 5 nama baru dan 3 diantaranya adalah rookie dari College Draft 2015. Lini belakang yang masih rawan, akankan Spirit bisa lebih baik? [sd]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s