Alumni JIS Masuk Skuad Final Kanada di Piala Dunia Wanita


CDpGKlLWoAEWhSp

Rabu (28/4) lalu John Herdman baru saja mengumumkan skuad final Kanada untuk Piala Dunia Wanita 2015. Kanada yang menjadi negara tuan rumah event empat tahunan itu mengikuti jejak beberapa negara yang telah mengumumkan skuad final mereka seperti Amerika Serikat dan Perancis.

Salah satu dari dua puluh tiga nama yang disertakan pelatih asal Inggris itu adalah Erin McLeod, kiper gaek yang telah mengkoleksi lebih dari 100 caps bersama “Canucks” sejak 2002 akan menjadi pilihan utama Herdman dalam mengawal gawang Kanada dalam turnamen tersebut. McLeod sendiri memang menjadi pilihan utama sejak beberapa tahun ke belakang ketimbang dua kiper lainnya Stephanie Labbe atau Karina LeBlanc.

DL_Welcome_Erin

McLeod yang pernah bersekolah di Jakarta International School (JIS) dan sempat menghabiskan sebagian kecil masa kecilnya di Jakarta merupakan salah satu kiper yang diperhitungkan dalam 2 – 3 tahun ke belakang. Di Olimpiade London 2012, ia mampu mengantarkan Kanada meraih medali perunggu, sementara kariernya di klub dihabiskan di salah satu liga terbaik di dunia, NWSL. McLeod yang mengawali karier profesionalnya di Vancouver Whitecaps Women’s meraih kebintangannya dua musim lalu kala masuk ke skuad asuhan Rory Dames di Chicago Red Stars. Di CRS, Dames juga memiliki beberapa andalan asal Kanada seperti Rachel Quon, Melissa Tancredi dan Adriana Leon. Ini juga yang membuat CRS (bahkan hingga saat ini) memiliki aroma Kanada di tiap permainan mereka, bahkan selepas kepergian kiper berusia 32 tahun tersebut Red Stars telah memiliki Karina LeBlanc, yang sekaligus menjadi bayang-bayang McLeod di tim nasional.

McLeod sejak musim lalu pindah ke Houston Dash, menjadi allocation player pertama yang diumumkan klub yang berada satu manajemen dengan Houston Dynamo, salah satu peserta MLS. Pelatih Dash, Randy Waldrum pun tak segan-segan untuk menunjuknya sebagai kapten tim. Sayang di awal musim ini McLeod tidak menunjukkan batang hidungnya di tim yang bermarkas di Texas. Ia sendiri memilih fokus untuk pulang ke rumahnya di St. Albert dan berlatih bersama staff timnasita Kanada ketimbang bermain di awal liga bersama pasukan Oranye tersebut. Waldrum pun tidak terlalu menyoalkan keputusan McLeod, toh posisinya dapat digantikan dengan cukup baik oleh Bianca Henninger. Dari 3 pertandingan yang dilakoni, Dash sudah memperoleh 1 kemenangan, 1 seri, dan sekali kalah.

Skuad Kanada di Piala Dunia 2015

Sebenarnya selain membahas salah satu fakta unik dan berkenalan lebih jauh dengan Erin McLeod, saya sejatinya akan sedikit mengulas tentang skuad yang akan dibawa Herdman mengarungi event tersebut.

Kiper

CDnoXL3WAAAWkVu

Dari ketiga nama diatas, Erin McLeod dan Karina LeBlanc mungkin menjadi dua nama yang akan berebut pos utama di bawah mistar John Herdman. Keduanya sendiri sudah kenyang pengalaman, bermain di NWSL. Namun, hampir pasti McLeod akan mengawal gawang Kanada sepanjang turnamen, karena pengalamannya lebih dari sedekade ke belakang. Stephanie Labbe mungkin akan diberikan kesempatan mengingat Ia dapat saja tampil di laga terakhir grup jika Kanada menentukan diri lolos di awal sistem grup turnamen.

Belakang

CDnoW5XWgAA2hZF

Nampaknya John Herdman dapat tersenyum gembira, kala kepastian Lauren “Sessy” Sesselmann yang bisa pulih dari cidera ACL akan membuat lini belakang mereka semakin kuat. Bek berusia 30 tahun yang juga pemain film ini sempat tak bermain lebih dari setahun lalu. Di tengah, Rhian Wilkinson atau Carmelina Moscato dapat menemani “Sessy”, sementara untuk bek sayap nampaknya tidak ada nama Rachel Quon yang mengisi pos di sisi kiri. Kadeisha Buchanan menjadi salah satu nama must be watch, selain Alyssa Chapman yang baru merasakan atmosfer liga di NWSL musim ini.

Tengah

CDnoXB6WEAEByuV

Lini tengah mungkin menjadi titik terkuat “Canucks,” gelandang mungil serba bisa Diana Matheson yang dapat pulih dari ACL ketika Piala Dunia Wanita di mulai nampaknya akan memberikan angin segar. Keseimbangan lini tengah akan dijaga Kaylyn Kyle ataupun Sophie Schmidt. Dan tentunya gelandang muda harapan Kanada, Jessie Flemming yang akan merasakan Piala Dunia perdananya. Si no. 17 di usia ke 17 !!

Depan

CDnoVcDXIAIM75x

Praktis dua nama gaek yakni Christine Sinclair dan Melissa Tancredi masih mengisi skuad final Herdman. Filigno dan Leon yang disiapkan sebagai plan-B juga tampil baik bersama klubnya masing-masing SkyBlue FC dan Chicago Red Stars.

Prakiraan starting-eleven skuad Kanada dalam laga perdana pada Minggu pagi (7/6) waktu Indonesia melawan Cina di stadion Commonwealth, Edmonton adalah 4 – 4 – 2 dengan susunan McLeod; Chapman, Sesselmann, Wilkinson, Buchanan. Scott, Kyle, Schmidt, Matheson; Sinclair (c), Tancredi. Saya tidak akan membahas lebih dalam tentang skuad ini, karen Herdman sendiri menyertakan beberapa pemain dalam waiting-list jika saja ada pemain yang cidera.

Dan tentunya komunitas Women’s Football Indonesia (WFI) dalam http://www.womensoccerid.wordpress.com dan @womensfootie_id di twitter akan selalu meng-update berita terkini seputar Piala Dunia Wanita Kanada 2015. Salam![sd]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s