Preview Spieltag 22 Frauen Bundesliga: Persaingan Hingga Garis Finis


454206410

Penentuan Juara Frauen Bundesliga Jerman tinggal menghitung hari, bahkan harus menunggu sampai laga akhir untuk menentukan siapa yang akan keluar sebagai penguasa tanah Jerman di sepakbola wanita musim ini. Tiga tim seperti VfL Wolfsburg, FFC Frankfurt dan bahkan Bayern Munich siap memanaskan persaingan untuk meraih mahkota gelar juara Frauen Bundesliga Frauen. Yang pasti, mungkin banyak yang menjagokan antara FFC Frankfurt untuk meraih gelar ke-8nya atau VfL Wolfsburg untuk meraih gelar ketiganya di Liga Jerman. Namun, Bayern Munich tidak bisa dianggap sebelah mata karena musim ini mereka menunjukkan kemajuan yang signifikan dibanding musim-musim sebelumnya yang inkonsisten di urutan ke-4. Jadi, apakah Wolfsburg pantas mempertahankan gelar Frauen Bundesliga? Atau, Bayern akan mengakhiri paceklik gelar Frauen Bundesliga sejak 1976? Atau juga FFC Frankfurt akan mengakhiri paceklik gelar Frauen Bundesliga sejak 2008 silam?

Satu Gelar Diperebutkan Tiga Tim

Mulai musim ini nama kompetisi Frauen Bundesliga berubah menjadi Allianz Frauen-Bundesliga atau lebih dikenal dengan sebutan “AFBL.” Musim ini memang penuh cerita, tiga tim bersaing ketat untuk memperebutkan gelar juara Frauen Bundesliga. Sementara Wolfsburg unggul hanya satu poin dari Bayern Munich dan dua poin dari FFC Frankfurt yang duduk diperingkat ketiga, sangat ketat! Yang jelas Wolfsburg sangat berambisi mempertahankan gelar liganya sebanyak tiga kali secara beruntun, sepekan setelah meraih gelar DFB Pokal dan dua pekan setelah gagal melangkah ke final Liga Champions untuk ketiga kali beruntun. Tetapi, Bayern Munich dan FFC Frankfurt juga ingin “happy ending” pada pekan terakhir Frauen Bundesliga. Pekan terakhir Frauen Bundesliga dijamin akan sangat menegangkan untuk ketiga kandidat juara.

Bagi Frankfurt, jika mereka bisa meraih gelar Bundesliga pada hari Minggu ini akan mengakhiri puasa gelar liganya selama 7 musim lamanya. Sementara bagi Bayern, jika tim asal Bavaria ini bisa meraih gelar Bundesliga di Grunwalder akan menjadi gelar kedua bagi Die Bayern setelah lama tidak juara liga selama 39 tahun lamanya sejak era Karin Danner (sekarang manajer Bayern Frauen). Dalam beberapa laga sebelumnya, ketiganya masih belum terbendung hingga pekan terakhir tiba pada akhir pekan ini. Bahkan Bayern belum pernah menderita kekalahan, sementara Wolfsburg kalah satu kali (dari Turbine Potsdam) dan Frankfurt kalah tiga kali musim ini (dari Bayern, Wolfsburg dan Turbine Potsdam).

clip_image002

Ketiga tim ini berada di atas klasemen, dengan jarak poin yang sangat tipis antara peringkat pertama, kedua dan ketiga. Namun hanya dua teratas yang berhak mendapatkan jatah bermain di Liga Champions Wanita musim 2015/2016. Akan terjadi banyak drama pada laga terakhir Frauen Bundesliga musim ini, dan konsekuensinya adalah kemenangan adalah harga mati! Laga terakhir Frauen Bundesliga musim ini akan mempertemukan FFC Frankfurt vs VfL Wolfsburg dan Bayern Munich vs SGS Essen sebagai laga penentuan gelar juara akhir musim ini.

Laga Frankfurt kontra Wolfsburg akan menjadi laga terpanas pada pekan terakhir Frauen Bundesliga musim ini, karena kedua tim sama-sama mencari 3 poin penuh untuk juara dan mengamankan peluang mereka bermain di Liga Champions musim depan.

FFC Frankfurt vs VfL Wolfsburg: Saling Bunuh Untuk Juara!

csm_46630-Goessling_Wolfsburg_Frankfu_d71cf7a9fe

FFC Frankfurt tengah dalam kepercayaan diri yang tinggi setelah sempat naik turun pada paruh musim ini. Menjamu VfL Wolfsburg di Brentanobad Stadion akan menjadi laga penuh balas dendam apalagi pada pekan ke 11 Frauen Bundesliga, Die Frankfurterinnen harus takluk 0-2 dari Wolfsburg di Elsterweg. Frankfurt tentu ingin menang dari Wolfsburg dan merayakan gelar Bundesliga didepan pendukungnya sendiri, namun menghadapi Wolfsburg juga bukan lawan yang mudah karena Die Wolfinnen sudah mendominasi Jerman dan Eropa selama dua musim terakhir. Keduanya sama-sama berpeluang meraih tiga poin penuh, namun laga di Brentanobad ini bisa jadi berakhir dengan hasil imbang dengan komposisi skuad kedua tim yang sama rata.

Melihat dari pertemuan sebelumnya pada 30 November 2014, Wolfsburg menang 2-0 dari FFC Frankfurt di Elsterweg lewat gol dari Martina Mueller (32’) dan Lena Goessling (43’). Saat itu Frankfurt juga dalam kondisi yang tidak kondusif, Colin Bell sempat memaksa Simone Laudehr bermain di posisi bek tengah, Bianca Schmidt di bangku cadangan setelah mengalami cedera saat pramusim, Dzsenifer Marozsan juga tidak dalam performa terbaiknya. Peran lini tengah Frankfurt juga tidak berjalan dengan baik, hanya kapten timnas Spanyol Vero Boquete dan Jessica Fishlock yang bermain dengan performa terbaiknya saat takluk dari Wolfsburg di Elsterweg.

FFC Frankfurt tidak terkalahkan sejak 12 April 2015 di semua kompetisi sejak kalah 2-1 di semifinal DFB Pokal dari Turbine Potsdam. Terakhir, Frankfurt sukses mengalahkan Hoffenheim pada pekan 21 Frauen Bundesliga lewat dua gol dari Vero Boquete, dan satu gol Celia Sasic serta gol cantik dari Dzsenifer Marozsan. Meskipun tidak terkalahkan sejak 12 April 2015, Frankfurt belum bisa bernafas lega karena harus menghadapi Wolfsburg di Brentanobad untuk mempertegas dominasinya atau setidaknya bisa bermain di Liga Champions musim depan. Frankfurt akan memanfaatkan duet Celia Sasic dan Vero Boquete di lini depan serta kecepatan dari Bianca Schmidt sebagai sayap dan Dzsenifer Marozsan tetap akan menunjukkan tuahnya dari lini tengah lewat gol-gol jarak jauh khasnya, juga dengan kembalinya Saskia Bartusiak bisa menambah kekuatan lini pertahanan dari Die Frankfurterinnen. Dari Wolfsburg mereka akan mengandalkan peran lini tengah dari Lena Goessling, Vanessa Bernauer dan Caroline Graham Hansen.

Sementara dari Wolfsburg, mental mereka kembali ke level terbaiknya setelah tersingkir dari semifinal Liga Champions usai kalah dari PSG secara agregat meski menang 2-1 di Charlety pada dua pekan sebelumnya. Pekan lalu, Wolfsburg juga menjuarai DFB Pokal untuk kedua kalinya setelah mengalahkan Turbine Potsdam dengan skor 3-0 pada babak final. Sementara di liga, Wolfsburg menang 4-0 dari SGS Essen di AOK Stadion (markas baru Wolfsburg Frauen) lewat gol dari Babett Peter (5’) dan hat trick dari Alexandra Popp (54’, 65’ dan 66’). Ketajaman dari duet Popp-Mueller tidak bisa dianggap enteng, karena dalam dua pekan terakhir mereka telah melesakkan total 7 gol dalam 3 laga di semua ajang dan terakhir saat final DFB Pokal kontra Turbine Potsdam. “Kami ingin menjadi juara, bagi kami kemenangan di Frankfurt akan menjadi hal yang penting,” kata Kellermann seperti yang dilansir oleh DFB. Musim lalu kedua tim ini juga bertemu di Elsterweg pada laga pamungkas, kala itu Wolfsburg menang 2-1 dari FFC Frankfurt dan mempertahankan gelar Bundesliga. Menjuarai Bundesliga untuk tiga kali beruntun akan menjadi pencapaian sempurna bagi Die Wolfinnen. “Jika anda tahu bahwa musim lalu anda selalu memenangkannya dalam pertandingan penting, ini adalah kekuatan mental yang diperoleh dari tim dan kami percaya saat ini.” papar Kellermann melalui DFB.

Bagi Frankfurt kemenangan dari Wolfsburg akan mempertegas posisi mereka untuk kembali berpartisipasi di Liga Champions Wanita musim depan. Namun, Colin Bell juga optimis bahwa Frankfurt bisa meraih gelar Bundesliga ke-8 mereka dari VfL Wolfsburg dan Bayern Munich. “VfL Wolfsburg adalah juara Liga Champions dua kali beruntun, tim terbaik di Jerman dan Eropa, dimana mereka memiliki 6 gelar sejak 2013.” kata Colin Bell melalui DFB. “Kita tahu mengenai kekuatan luar biasa dari lawan kami (Wolfsburg), selain kualitas dari skuad yang diperkuat oleh 25 pemain Internasional, mereka juga memiliki moral yang besar. Target besar untuk memenuhi syarat kami adalah untuk bermain di Liga Champions, kami telah berhasil sejauh ini, Untuk itu kami akan berusaha semaksimal mungkin.”

Kedua tim bertemu lagi di kesempatan yang sama untuk meraih gelar juara, namun berbeda tempat. Jika musim lalu penentuan juara ditentukan di Elsterweg dan akhir pekan ini nasib kedua tim akan ditentukan di Brentanobad Stadion. Baik Frankfurt maupun Wolfsburg sama-sama membutuhkan tiga poin penuh agar mereka bisa menjuarai Bundesliga atau mengamankan posisi mereka bermain di Liga Champions. Karena dengan hasil imbang saja tidak cukup bagi Frankfurt maupun Wolfsburg sendiri.

Prakiraan Line Up:

Frankfurt (3-5-2): Schumann, Schmidt, Priessen, Bartusiak, Crnogorcevic, Laudehr, Marozsan, Huth, Garefrekes, Vero Boquete, Sasic.

Wolfsburg (4-2-3-1): Schult, Blaesse, Fischer, Peter, Maritz, Goessling, Bernauer, Hansen, Popp, Faisst, Mueller

Prediksi: 50 – 50

Bayern Munich vs SGS Essen: Bertarung Hingga Akhir!

10354592_810462212328125_379155402620464739_n

Grunwalder Strasse akan menjadi saksi dari perjuangan Melanie Behringer dan kawan-kawan. Disini mereka hanya memiliki pilihan: “menang adalah harga mati!” Jika mereka ingin meraih gelar Frauen Bundesliga yang telah mereka nanti sejak 1976 yang merupakan gelar pertama mereka saat itu. Lawan yang akan dihadapi juga tidak bisa dibuat remeh, ya SGS Essen yang selalu menjadi underdog di Frauen Bundesliga.

Ada kabar gembira dari kubu Bayern Frauen, karena duo Austria Carina Wenninger dan Laura Feiersinger baru saja memperpanjang kontraknya di Bayern hingga 2017. Selain itu, kembalinya Mana Iwabuchi dan Lena Lotzen yang baru pulih dari cedera juga menambah motivasi tim asuhan Thomas Woerle ini untuk memenangi laga kontra SGS Essen. Pada pertemuan sebelumnya, kedua tim hanya bermain imbang tanpa gol di Stadion Essen. Kemudian catatan laga kandang Bayern musim ini menunjukkan bahwa Bayern hanya dua kali imbang saat menghadapi Wolfsburg dan FFC Frankfurt. Namun Bayern harus bermain tanpa kehadiran Ricarda Walkling, Viktoria Schnaderbeck, Katharina Baunach, Sarah Romert dan Vanessa Bürki yang harus absen hingga akhir musim akibat cedera.

Melihat catatan Bayern ketika bertemu SGS Essen di kandang, Bayern meraih 5 kemenangan dari 7 pertemuan terakhir di kandang dan dua diantaranya berakhir dengan hasil seri. Sebelum bertemu Essen pada akhir pekan ini, Bayern sukses menaklukkan Herforder SV dengan skor telak 6-0. Gina Lewandowski, Vivianne Miedema, Raffaela Manieri, Caroline Abbe dan Katie Stengel mencetak gol kemenangan Bayern. Lebih istimewa lagi, Lena Lotzen juga mencetak gol pertamanya setelah comeback dari cedera panjangnya sejak awal musim serta menjadi kapten dari laga tersebut. Sementara Essen harus mengakui keunggulan Wolfsburg dengan skor 4-0 di Stadion Essen pada pekan ke 21 Frauen Bundesliga. Tantangan bagi SGS Essen di Grundwalder adalah mampukah mereka memberikan kekalahan perdana bagi Bayern Frauen musim ini?

Jika Bayern Frauen bisa mengamankan gelar Bundesliga keduanya sejak 1976, maka Bayern Frauen akan bergabung dengan tim pria dari Bayern Munich untuk merayakan gelar Bundesliga mereka di Balaikota Munich pada 24 Mei, tentu akan sangat spesial jika Bayern Frauen bergabung dengan tim utama Bayern saat merayakan gelar mereka. Boss Bayern Munich Karl-Heinz Rummenigge juga berharap agar Bayern Frauen bisa meraih sukses yang sama, ”Menggabungkan gelar Bundesliga Jerman baik pria maupun wanita untuk pertama kalinya dalam sejarah sepakbola Jerman akan menjadi hal yang luar biasa.” Bahkan Silvia Neid selaku pelatih timnas Jerman juga memuji kesuksesan Bayern musim ini, “Bayern telah melakukan upgrade, anda ingin pencapaian lebih banyak dan mengatur skuad yang berbeda saat ini. Mendapatkan pemain berkualitas baik. Target mereka adalah bermain di Liga Champions musim depan.”

Akankah Bayern mengamankan 3 poin terakhir mereka atau Essen akan membalikkan semua prediksi yang ada?

Prakiraan Line Up:

Bayern (4-2-3-1): Korpela, Lewandowski, Abbe, Manieri, Maier, Leupolz, Behringer, Bryjarsdottir, Lotzen, Iwabuchi, Miedema.

Essen (4-2-3-1): Weiss, Jannsen, Feldkamp, Martini, Meissner, Hochstein, Lehmann, Ioannidou, Doorsoun-Khajeh, Hartmann, Dallmann.

Peluang: 55 – 45


Menghitung Peluang Juara dari Ketiga Tim

Bayern Munich:

Menang = Peringkat kedua jika Wolfsburg menang, Juara jika Frankfurt menang atau imbang dari Wolfsburg.

Imbang = Peringkat kedua jika Wolfsburg menang ataupun imbang dari Frankfurt.

Kalah = Peringkat kedua jika Wolfsburg menang, peringkat ketiga jika Frankfurt menang atau imbang dari Wolfsburg.

Wolfsburg:

Menang = Juara

Imbang = Juara jika Bayern imbang atau kalah, peringkat kedua (UWCL) jika Bayern menang

Kalah = Peringkat kedua jika Bayern kalah atau imbang, peringkat ketiga jika Bayern menang

FFC Frankfurt:

Menang = Peringkat kedua jika Bayern menang, Juara jika Bayern imbang atau kalah.

Imbang = Peringkat ketiga jika Bayern menang, peringkat kedua jika Bayern kalah

Kalah = Peringkat ketiga


Trofi asli Frauen Bundesliga akan berada di Frankfurt sebagaimana Wolfsburg memuncaki klasemen sementara Bundesliga, sementara di Grunwalder Stadium (markas Bayern Frauen) akan ada versi duplikatnya jika Bayern menjuarai Bundesliga musim ini.

Laga big match Frauen Bundesliga antara FFC Frankfurt kontra VfL Wolfsburg akan disiarkan secara langsung di HR Fernsehen (tersedia livestreaming di website Hr-Online) mulai pukul 19.00 WIB. Sementara laga antara Bayern Munich kontra SGS Essen akan disiarkan secara langsung di DFB-TV (tv.dfb.de) juga pada pukul 19.00 WIB.

Follow @womensfootie_id di Twitter untuk live update dari kedua laga ini, selamat menikmati pekan terakhir Frauen Bundesliga. [rn]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s