Preview Final UWCL 2014/15: FFC Frankfurt vs Paris Saint Germain


CE4RoLuVAAEyWct.jpg large

Sumber Foto: AFP

Setelah dua musim absen di UWCL, FFC Frankfurt kembali ke final Liga Champions yang menjadi final keenam bagi Die Frankfurterinnen, dimana akan ditantang oleh runner up Liga Perancis musim ini Paris Saint-Germain di Friedrich-Jahn-Sportpark, Berlin. Ini juga merupakan final pertama PSG yang biasanya hanya sampai babak 16 besar untuk pencapaian mereka yang sebelumnya, bahkan musim lalu PSG harus ditaklukkan wakil Swedia Tyreso FF di 32 besar yang saat itu diperkuat oleh dua bintang papan atas Caroline Seger dan Vero Boquete.

Kedua tim ini pernah bertemu pada babak 16 besar UWCL musim 2011/12, saat itu Frankfurt menang 4-2 secara agregat dari PSG. Pada leg pertama Frankfurt menang 3-0 di Brentanobad melalui gol dari Fatmire Alushi (sekarang di PSG), Kerstin Garefrekes dan Melanie Behringer (sekarang di Bayern Munich yang baru saja menjuarai Bundesliga untuk kedua kalinya sejak 1976). Kemudian leg kedua PSG menang 2-1 dari FFC Frankfurt, dimana Ana Maria Crnogorcevic cetak gol pembuka, namun ia harus ditarik keluar karena cedera dan Allie Long mencetak brace untuk PSG. Saat 2011/12, PSG juga diperkuat oleh Ella Masar yang saat ini menjadi kapten dari salah satu klub NWSL AS, Houston Dash.

Saat ini PSG juga diperkuat oleh sejumlah pemain asal Jerman seperti Ann Kathrin Berger, Linda Bresonik, Annike Krahn, Josephine Henning dan juga eks FFC Frankfurt Fatmire Alushi. Ini juga merupakan final kedua secara beruntun di dua klub berbeda bagi Caroline Seger (PSG) dan Veronica Boquete (FFC Frankfurt), yang pada musim sebelumnya membela klub Swedia Tyreso FF (kalah 4-3 dari Wolfsburg di final).

2247007_w2

Sayangnya, dari PSG Caroline Seger harus absen di final karena akumulasi kartu dan melewatkan final UWCL keduanya, kemudian Kheira Hamraoui yang masih menjalani hukuman kartu merahnya, dan Lindsey Horan yang masih cedera. Namun, kabar baik bagi PSG adalah Fatmire Alushi, Laura Georges dan Josephine Henning kemungkinan sudah bisa diturunkan di final UWCL kontra FFC Frankfurt karena sudah memulai sesi latihan bersama PSG di Berlin. Sementara FFC Frankfurt tidak diperkuat oleh Kim Kulig yang masih berkutat dengan cedera panjangnya, sementara Vero Boquete diragukan tampil karena sempat mengalami masalah engkel akan tetapi Colin Bell menegaskan bahwa Vero bisa diturunkan pada Kamis malam dan tetap berlatih bersama FFC Frankfurt.

2244131_w2

Kemudian berbicara soal Shirley Cruz, Aurelie Kaci dan Laura Georges, ketiganya pernah meraih gelar UWCL sebanyak dua kali beruntun saat ia masih memperkuat Lyon. Saat itu Cruz, Kaci dan Georges membawa Lyon mengalahkan Turbine Potsdam pada musim 2010/11 dan FFC Frankfurt pada musim 2011/12 semuanya dengan skor 2-0, kemudian Cruz dan Kaci bergabung dengan PSG sejak musim 2012/13 dan Georges sejak musim 2013/14.

Wakil Jerman tidak pernah absen di final UWCL sejak musim 2007/08 (saat masih bernama UEFA Women’s Cup) hingga saat ini dan hanya kehilangan gelar dua kali saat musim 2010/11 dan 2011/12 dimana Lyon meraih dua gelar UWCL secara beruntun, kemudian diambil alih Wolfsburg pada musim berikutnya hingga musim lalu. Terakhir kali Frankfurt menjuarai pentas Eropa saat musim 2007/08 dengan treble winnersnya setelah mengalahkan wakil Swedia Umea IK dengan agregat 4-3. PSG juga hanya bertemu wakil Jerman dua kali di UWCL, Frankfurt pada 2011 dan musim ini saat mengakhiri rekor tidak terkalahkan Wolfsburg dengan kemenangan 2-0 di laga tandang, dan walaupun kalah 2-1 dari Wolfsburg di Charlety.

Fakta Kedua Finalis UWCL 2014/15:

– Jika PSG menang dari Frankfurt, Josephine Henning dan Fatmire Alushi akan menyamai pencapaian Conny Pohlers yang memenangi gelar UWCL di tiga klub berbeda. Bedanya, Alushi pernah memenangi gelar Eropa pertamanya pada 2008/09 (masih bernama UEFA Women’s Cup) bersama FCR Duisburg (saat ini bernama MSV Duisburg yang baru saja turun ke divisi dua Bundesliga), lalu Alushi dan Henning pernah sama-sama meraih gelar UWCL 2009/10 bersama Turbine Potsdam dan Henning sendiri meraih gelar UWCL kedua dan ketiganya bersama Wolfsburg pada musim 2012/13 dan 2013/14.

– Josephine Henning bisa menyamai pencapaiannya jika meraih gelar keempatnya di UWCL bersama PSG mengikuti jejak Conny Pohlers dan Viola Odebrecht.

– Selain Alushi pada saat Duisburg mencapai kejayaannya pada 2009, Simone Laudehr, serta Linda Bresonik dan Annike Krahn juga menjadi bagian dari Duisburg.

– Trio PSG Laura Georges, Shirley Cruz dan Aurelie Kaci adalah bagian dari Lyon saat memenangi UWCL pada 2011 dan 2012.

2246816_w2

– Kerstin Garefrekes dan Saskia Bartusiak pernah membawa FFC Frankfurt menjadi kampiun Eropa pada 2006 dan 2008 saat masih bernama UEFA Women’s Cup. Svenja Huth juga pernah merasakan gelar Eropa pada 2008 bersama FFC Frankfurt, sementara Bianca Schmidt bersama Turbine Potsdam pada 2010 silam.

UWCL semis 2nd leg-42

– Farid Benstiti pernah mengalami sial di final UWCL 2010 bersama Lyon dimana takluk dari Potsdam lewat adu penalti. Saat itu Alushi, Henning dan Schmidt menjadi bagian dari Turbine Potsdam dibawah asuhan Bernd Schroeder.

– PSG akan menjadi tim kedua yang memenangi gelar UWCL (jika menang dari Frankfurt pada Kamis malam) tanpa pernah meraih gelar liga domestik satupun, setelah Duisburg pada 2009 yang hanya meraih gelar DFB Pokal sebelum meraih gelar Eropa.

– FFC Frankfurt adalah pemegang gelar UWCL terbanyak dengan koleksi tiga gelar: 2001/02, 2005/06 dan 2007/08.

– Selama UWCL musim ini, FFC Frankfurt mencetak total 40 gol dan hanya kebobolan dua gol sementara PSG mencetak 15 gol dan kebobolan 4 gol.

– Sebelum melangkah ke final, PSG sukses menyingkirkan Lyon di 16 besar dan Wolfsburg di babak semifinal.

– Jessica Fishlock absen di final UWCL bersama FFC Frankfurt karena masa pinjamannya habis dan sudah kembali ke Seattle Reign sejak awal April lalu.

UWCL semis 2nd leg-49

– Caroline Seger absen di final UWCL setelah akumulasi kartu, hal ini sempat mengundang protes keras karena aturan di UWCL (wanita) dan UCL (pria) berbeda soal jumlah kartu kuning, di UCL baru akan diberikan sanksi larangan bermain setelah mendapatkan tiga kartu kuning. PSG juga sempat mengajukan banding soal hukuman kartu yang diterima Seger sehingga terancam absen di final.

2236447_w2

– Celia Sasic (FFC Frankfurt) adalah top skor sementara UWCL musim ini dengan 13 gol, plus ini juga merupakan musim perdana Sasic di pentas Eropa.

2243415_w2

– Colin Bell (FFC Frankfurt) akan menjadi pelatih Inggris pertama di final Liga Champions Pria maupun Wanita. Ia merupakan mantan punggawa dari Leicester City saat awal karirnya sebagai pemain.

– Jerman akan memiliki tiga wakil di UWCL musim depan jika FFC Frankfurt menjuarai UWCL, karena Frankfurt mengakhiri Bundesliga musim ini di posisi ketiga.

– Vero Boquete dan Shirley Cruz akan saling bertemu kembali di Piala Dunia Wanita dimana Spanyol akan menghadapi Kosta Rika di Grup E pada 9 Juni.



Road to Berlin

FFC Frankfurt

32 Besar: FC BIIK Kazygurt (Kazakstan) vs FFC Frankfurt (2-6 agregat)

16 Besar: FFC Frankfurt vs ASD Torres CF (Italia) (9-0 agregat)

Perempatfinal: Bristol Academy (Inggris) vs FFC Frankfurt (0-12 agregat)

Semifinal: FFC Frankfurt vs Brondby IF (Denmark) (13-0 agregat)

Paris Saint-Germain

32 Besar: FC Twente (Belanda) vs PSG (1-3 agregat)

16 Besar: Lyon (Perancis) vs PSG (1-2 agregat)

Perempatfinal: Glasgow City (Skotlandia) vs PSG (0-7 agregat)

Semifinal: Vfl Wolfsburg (Jerman) vs PSG (2-3 agregat)

FINAL: FFC Frankfurt vs Paris Saint-Germain (14 Mei 2015, 23.00 WIB tersedia di Eurosport Asia)

Perkiraan Line Up
Frankfurt: Schumann; Garefrekes, Priessen, Kuznik, Hendrich/Schmidt, Crnogorčević; Bartusiak, Laudehr; Marozsán; Šašić, Boquete/Huth.
– Absen: Kim Kulig (cedera lutut).
– Diragukan: Vero Boquete (masalah pada engkel).

PSG: Kiedrzynek; Houara-D’Hommeaux, Delannoy, Krahn, Boulleau; Bresonik, Cruz; Dali, Asllani, Kaci; Delie
– Absen: Caroline Seger (akumulasi kartu kuning), Kheira Hamraoui (hukuman kartu merah), Lindsey Horan (cedera).
– Diragukan: Fatmire Alushi (cedera engkel), Josephine Henning (cedera paha), Laura Georges (cedera otot).


Laga ini akan disiarkan secara langsung pada hari Kamis, 14 Mei mulai pukul 23.00 WIB di Eurosport Asia jika TV satelit anda memiliki channel Eurosport. Jika tidak tersedia, Anda bisa menyaksikan laga ini di http://schoener-fernsehen.com/ lalu klik Eurosport atau ZDF apabila anda ingin menyaksikannya dengan komentator berbahasa Jerman.

Sedangkan bila anda ingin streaming Eurosport dengan komentator berbahasa Inggris anda bisa streaming di http://www.stopstream.com/ atau di http://www.sportlemon.tv/ lalu klik Eurosport yang letaknya berada paling atas sendiri dari daftar chanel kedua link streaming ini atau cari sesuai jadwal pertandingan. Jangan lupa selalu follow @womensfootie_id di Twitter untuk semua update mengenai sepakbola wanita. [rn]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s