Profil Tim Peserta Piala Dunia Wanita FIFA Kanada 2015 – Grup A : Belanda


NED

Piala Dunia Wanita FIFA akan segera dimulai, kali ini Kanada menjadi tempat perhelatan akbar empat tahunan tersebut. 24 negara dan 552 pemain akan bersaing menjadi tim dan individu-individu terbaik. Satu diantaranya adalah Belanda yang yang menjadi salah satu wakil dari benua Eropa, dimana Belanda lolos sebagai pemenang play-off zona UEFA mengalahkan Italia. Piala Dunia Wanita 2015 adalah gelaran perdana bagi “Oranje Leeuwinnen”

Pengantar

Debutan di grup A yang tampil cukup menjanjikan selama kualifikasi Eropa ini akan menjadi kuda hitam untuk Selandia Baru dan Tiongkok. Belanda sendiri bukan kekuatan utama di Eropa, mereka masih kalah tenar dari Perancis dan Inggris, pun demikian dengan tata kelola liga mereka. Tahun ini mereka baru memisahkan BeNe League yang dikelola bersama asosiasi sepakbola Belgia. Eredivisie Vrouwen sendiri akan menggantikannya mulai musim depan.

A1

[sumber: wikipedia.org]

Dominasi Ajax berlanjut di timnasita Belanda, sama halnya seperti di sisi pria. Ajax yang menjadi salah satu klub sukses di Belanda juga menghasilkan individu-individu terbaik. Namun sayang persepakbolaan wanita Belanda masih kalah jauh, jika saja kuota tim yang digalakan FIFA tahun ini tidak ditambah menjadi 24 tim bisa saja kita tidak menikmati aksi pemain-pemain seperti Desiree van Lunteren atau Tessel Middag.

Who To Watch

Vivianne Miedema

data.940xC960x540+0+30.940x529

Nama Anna Margaretha Marina Astrid Miedema menjadi sebuah fenomena tersendiri. Striker FC Bayern Munich Frauen yang tampil mendekati sempurna di ajang EURO U19 Women’s Championship menjadi buah bibir media-media top Eropa. Di usianya yang masih 18 tahun ini Ia sudah menciptakan 85 gol sepanjang kariernya bersama SC Hereenven dalam tiga musim terakhir sebelum tahun lalu jadi bagian skuad yang menjuarai Frauen Bundesliga, FC Bayern Munich.

Anouk Hoogendijk

anouk_hoogendijk_bewerkt

Usia yang tak muda lagi, “Noekie” sebenarnya mampu melanjutkan karirnya lebih baik lagi, sayang cidera sempat membuatnya menepi dari Arsenal yang sempat membuat booming di beberapa media massa. Sebenarnya Anouk Anna Hoogendijk adalah salah satu aset Belanda selama beberapa tahun ke belakang, sehingga tak heran jika namanya kerap diperbicangkan. Berkah tersendiri bagi Anouk, yang merayakan 101 caps nya bersama timnasita Belanda pada laga terakhir melawan Estonia di ujicoba, bermain di Piala Dunia Wanita Kanada tahun ini karena namanya sempat terpinggirkan oleh Siri Worm, yang mengundurkan diri karena cidera.

Gaya Permainan Tim dan Prediksi

Berstatus underdog baik di Eropa maupun di peta persaingan Grup A membuat anak asuh Roger Reijners ini akan bermain lepas. Lawan sendiri tak dapat menebak gaya permainan mereka yang kerap berubah-ubah. Total voetbal sendiri diterapkan eks gelandang Fortuna Sittard di era 90an itu. Belum lagi skuad yang terbilang muda dipadu beberapa invidu berpengalaman

[Prediksi starting 3-5-2] Loes Geurts akan menjadi sosok utama di bawah mistar Belanda, Desiree van Lunteren akan mengawal lini belakang bersama Mandy van den Berg dan Dyanne Bitto. Anouk Hoogendijk yang bisa bermain di bek sentral akan lebih baik berduet sebagai gelandang pengangkut air bersama Sherida Spitse. Gelandang PSV/FCE Danielle van de Donk akan menjadi playmaker, diapit Lieke Martens di kiri dan Manon Melis yang digeser ke sayap kanan. Duet Anouk Dekker dan Vivianne Miedema akan terlihat sempurna di lini depan.

King Willem-Alexander and Queen Maxima of the Netherlands pose with Netherlands women's national soccer team in training for the upcoming FIFA Women's World Cup Canada, in Toronto, May 29, 2015.    REUTERS/Mark Blinch  - RTR4Y2X1

Dukungan dari Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima menjadi dorongan bagi tim untuk berbuat lebih di ajang ini. Beberapa nama keturunan Suriname seperti Dyanne Bito dan Shanice van de Sanden juga mewarnai tim. Lalu bagaimana dengan nama Vanity Lewerissa? Akrabkah nama itu di telinga teman-teman Jong Ambon? Nantikan saja aksinya! [sd]

One thought on “Profil Tim Peserta Piala Dunia Wanita FIFA Kanada 2015 – Grup A : Belanda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s