Profil Tim Peserta Piala Dunia Wanita FIFA Kanada 2015 – Grup A : Selandia Baru


NZL

Piala Dunia Wanita FIFA akan segera dimulai, kali ini Kanada menjadi tempat perhelatan akbar empat tahunan tersebut. 24 negara dan 552 pemain akan bersaing menjadi tim dan individu-individu terbaik. Satu diantaranya adalah Selandia Baru yang menjadi wakil dari benua Oseania, dimana Selandia Baru lolos sebagai juara OFC Women’s Nations Cup pada 2014 lalu. Raihan “Football Ferns” selama gelaran ini hanya mencapai babak pertama pada 1991, 2007, dan 2011.

Pengantar

Selandia Baru menjadi tim yang selalu lolos dari Oseania. Memang kekuatan mereka tak terkalahkan di benua yang didominasi kepulauan-kepualaun kecil itu, namun bukan berarti mereka tidak punya peluang melaju lebih jauh tahun ini. NZF sendiri sedang mereformasi sepakbola wanita di Selandia Baru yang akan menguntungkan seperti tim pria mereka, “All Whites”. Beberapa individu menonjol sendiri kini sudah memiliki banyak pengalam di luar negeri.

A2

[sumber: wikipedia.org]

Beberapa pemain berpengalaman di edisi lalu masih memiliki kesempatan membela panji-panji “Football Ferns”. Padahal alumnus WWC 2011 sendiri memiliki umur yang cukup muda seperti Ria Percival atau Anna Green kini. Mereka memiliki perpaduan yang apik, ada pemain-pemain yang saling bersaing di liga lokal, talenta muda yang mengasah kemampuan di luar negeri hingga beberapa bintang yang bersaing di liga top Eropa dan NWSL seperti Amber Hearn (USV Jena) dan sang kapten Abby Erceg (Chicago Red Stars).

Who To Watch

Ali Riley

7366926

Sosok yang mengawali karier di NCAA, kompetisi sepakbola tingkat mahasiswa di Amerika Serikat, ketika bersekolah di Real So Cal dan Stanford Cardinal menjadi sosok utama di sisi kiri permainan Selandia Baru. Ia sendiri banyak menghabiskan waktu di Amerika Serikat sebelum bermain di Swedia bersama Malmo.

Abby Erceg

Abby_Erceg_Feature-640x360

Bek berpengalaman yang kerap menggunakan gaya rambut nyentrik ini menjadi sosok penting di sepakbola wanita Selandia Baru. Abby telah malang melintang di beberapa klub top Eropa seperti Espanyol (Spanyol) dan USV Jena (Jerman). Kariernya makin menanjak ketika bermain bagi Chicago Red Stars di NWSL. Ia sendiri telah mengoleksi 100 caps bersama “Football Ferns”.

Gaya Permainan Tim dan Prediksi

Selandia Baru seperti yang dijelaskan sebelumnya, memiliki perpaduan unik di masa sekarang. Jika melihat persiapan mereka yang tidak terlalu optimal, bisa saja “Football Ferns” bergelut di grup A dengan cukup sulit. Kekalahan melawan Jepang di laga ujicoba terakhir sedikit memberi gambaran persaingan di Piala Dunia Wanita tahun ini.

[Prediksi Starting: 4-3-3] Erin Nayler akan menjadi sosok utama di bawah mistar, walaupun masih minim pengalaman Ia akan dibantu bek-bek seperti Ria Percival yang bermain di USV Jena, due Anna Green dan sang kapten Abby Erceg di tengah, serta Ali Riley di kiri. Katie Hoyte dan Kirsty Yallop akan gelandang yang menyeimbangkan lini tengah dan memulai serangan dari sayap sementara sosok Betsy Hassett eks gelandang Manchester City Women’s FC akan menjadi playmaker utama. Amber Hearn akan bermain di kiri, tumpuan penyerangan akan diampu eks pemain Liverpool Ladies FC Sarah Gregorius, sementara Emma Kete di kanan.

hi-res-eb8e7dbb3f5dbfe5e8e688b43342a002_crop_exact

Sulit untuk memprediksi barisan skuad asuhan Tony Readings, melihat minimnya ujicoba yang mereka lakukan. Kekalahan melawan Amerika Serikat dan Jepang tak hanya memberikan gambaran persaingan, namun menjadi bekal untuk mengolah tim lebih baik. Apakah mereka akan tersingkir lebih cepat dari turnamen ini? [sd]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s