Profil Tim Peserta Piala Dunia Wanita FIFA Kanada 2015 – Grup A : Tiongkok


CHN

Piala Dunia Wanita FIFA akan segera dimulai, kali ini Kanada menjadi tempat perhelatan akbar empat tahunan tersebut. 24 negara dan 552 pemain akan bersaing menjadi tim dan individu-individu terbaik. Satu diantaranya adalah Tiongkok yang menjadi salah satu wakil dari benua Asia, dimana Tiongkok lolos sebagai juara ketiga AFC Women’s Cup pada 2014 lalu. Raihan terbaik “The Steel Roses” selama gelaran ini adalah menempati posisi runner-up pada Women’s World Cup 1999 di Amerika Serikat.

Pengantar

Tiongkok sendiri merupakan kekuatan tradisional di Asia dan dunia sebelum mulai tergerus oleh kekuatan Korea Utara dan Jepang dalam beberapa tahun terakhir. Mereka mencoba bangkit, setidaknya untuk tidak absen dalam gelaran seperti ini dan membenahi sepakbola wanita lokal mereka. Kekuatan mereka sendiri masih di atas rata-rata tim Asia lain. Bahkan, Tiongkok bisa menjadi batu sandungan Selandia Baru ataupun Belanda, sang debutan di grup A ini.

A2

[sumber: wikipedia.org]

Skuad muda besutan pelatih Hao Wei akan meneruskan tradisi Tiongkok di turnamen empat tahunan ini. Minim pengalaman, para pemain mencoba untuk “menyapa” tanah yang dulu menjadi momok pada 1991 yakni Amerika Serikat. Mereka berhasil menahan seri tim terkuat NWSL musim lalu, yang menjadi pemuncak klasemen musim reguler liga, Seattle Reign sebelum bertolak ke Kanada dan fokus beradaptasi dengan cuaca. Tim yang kini menghuni peringkat 16 FIFA ini berhadap ada secercah harapan di Kanada.

Who To Watch

Wang Fei

csm_48506-000_DV1437013_349a333f19

Kiper yang direkrut Turbine Potsdam dari Dalian Arbein Club pada Desember 2014 lalu sempat dibanding-bandingkan dengan Nadine Angerer, kiper utama Jerman yang menjadi pemain terbaik wanita FIFA 2013, oleh pelatihnya Bernd Schroeder. Maklum saja wanita yang memiliki 52 caps bersama timnasita Tiongkok ini berhasil membawa Turbine Potsdam duduk di posisi 4 AFBL musim 2014/2015 lalu.

Ren Guixin

dt.common.streams.StreamServer

Namanya dengan mudah melesat diantara bintang muda lainnya, padahal Ren baru menjalani debut di tim senior setahun lalu. 5 gol dari 45 pertandingan yang Ia jalani bersama China U20 dan senior menjadi salah satu bukti sahih kekuatannya. Ketika lawatan ke Amerika Serikat, Ia menjadi pencetak gol ke gawang Seattle Reign dan memaksa juara NWSL itu bermain seri. Pergerakannya cukup merepotkan lini belakang yang dikawal Stephanie Cox dan kawan-kawan.

Gaya Permainan Tim dan Prediksi

Kebanyakan tim Asia mengandalkan kecepatan dan permainan yang rapat, Tiongkok sendiri terkenal dengan pressing ketat mereka. Konektivitas antar pemain yang sebagian besar bermain di China Women’s Super League juga akan memudahkan mereka mendikte lawan setidaknya dalam 10-15 menit pertama.

[Prediksi Starting : 4-3-1-2] Wang Fei yang memiliki pandangan internasional lebih dari kawan-kawan akan mencoba mengorganisir permainan dari bawah mistar, didukung kuartet lini belakang Liu Shanshan, Wu Haiyan, Li Dongna, dan Wang Shanshan. Gelandang sentral Han Peng sendiri akan menjaga kestabilan, sembari memberikan bola kepada tiga gelandang serang Zhang Rui dari sayap kiri dan Ma Jun di kanan. Lou Jiashi dan Gu Yasha akan menjadi duet striker muda ditemani Ren Guixin sebagai second striker.

JHG_0057.0.0

Laga perdana melawan tuan rumah Kanada sendiri menjadi kunci Tiongkok jika ingin lolos ke fase selanjutnya. Setidaknya Selandia Baru dan Belanda memiliki peluang yang sama dengan mereka. Tiongkok bisa tidak lolos jika tak memaksimalkan skuad muda mereka, ada Xu Yanlu dan Wang Shuang yang jadi opsi di tengah, atau sederet pemain lainnya. [sd]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s