untitled

Edmonton – Beberapa jam usai laga perdana tuan rumah, Kanada, melawan Tiongkok Commonwealth Stadium masih riuh oleh ratusan fans Selandia Baru dan Belanda yang akan melangsungkan pertandingan perdana tim masing-masing di turnamen ini. Anak asuh Rogers Reijners lebih beruntung ketimbang “Football Ferns” dan berhasil menang dengan skor tipis 0-1.  

Debut sempurna Belanda berjalan baik karena mereka menguasai jalannya pertandingan sejak babak pertama. “Trio M” penyerang “Oranje Leeuwinnen” Lieke Martens, Vivianne Miedema, dan Manon Melis memberikan teror kepada lini belakang Selandia Baru yang dikomandoi bintang Chicago Red Stars, Abby Erceg. Danielle van de Donk sebenarnya sudah melesakkan bola ke gawang Erin Nayler di menit ke 25. Sayang posisi gelandang serang PSV/FCE itu offside. Beberapa saat kemudian ganti Selandia Baru yang menekan melalui tendangan bebas Ria Percival yang masih bias dihentikan kiper Loes Geurts. Menit ke-33, Belanda benar-benar mencetak gol perdana mereka di Piala Dunia Wanita ketika penetrasi Lieke Martens dari sisi kiri mengecoh beberapa pemain dan melepaskan cannon ball shoot ke gawang Selandia Baru dari jarak 25 yard. Skor 0-1 bertahan hingga akhir babak pertama. Kekalahan ini membuat anak asuh Tony Readings tanpa kemenangan dalam sepuluh edisi Piala Dunia Wanita dan susah menatap laga selanjutnya melawan Kanada dan Tiongkok. Sementara bagi Belanda sendiri kini mereka berada di urutan kedua klasemen setelah Kanada yang juga menang di laga perdana.

Susunan Pemain: Selandia Baru [4-3-3]: Nayler; Percival, Erceg, Stott, Riley; Duncan, Bowen (Hassett 72’), Longo; Hearn, Wilkinson, Gregorius (Pereira 67’).

Belanda [4-3-3]: Geurts; van Lunteren, van der Gragt, van den Berg, Hogewoning; Spitse, van de Donk, Dekker (Middag 84’); Martens (van de Ven 90’+2), Miedema (van de Sanden 81’), Melis.

Advertisements