untitled

Edmonton – Piala Dunia Wanita tahun ini resmi dibuka di Commonwalth Stadium, Edmonton pada minggu pagi waktu Indonesia. Wasit Kateryna Monzul membuka pertandingan yang disaksikan 53.058 penonton. Ini adalah pertandingan pertama turnamen yang ditonton lebih dari 53.000 orang di stadion tersebut yang merupakan sejarah di persepakbolaan Kanada, baik untuk laga timnas ataupun timnasita.

Tuan rumah Kanada berhasil menundukkan wakil Asia, Tiongkok dengan skor 1-0. Christine Sinclair, sang kapten inspirasional, mencetak gol penentu kemenangan.

“The Canucks” yang tampil ofensif menekan lewat dua sepakan keras bek tengah Kadeisha Buchanan di menit ketiga yang dapat digagalkan kiper Tiongkok, Wang Fei. Beberapa menit kemudian ganti “The Steel Roses” yang menekan lewat Gu Yasha dan Wang Lisi yang masih mentah diblok Erin McLeod. Pertandingan sendiri berjalan ketat karena anak asuh Hao Wei bermain defensif. Petaka datang di menit-menit akhir ketika striker Zhao Rong menjatuhkan Adriana Leon di kotak penalti. Christine Sinclair yang ditunjuk sebagai eksekutor sukses membukukan kemenangan bagi tuan rumah sekaligus mencetak gol internasionalnya ke-154.

Susunan Pemain:

Kanada [4-3-3]: McLeod; Bélanger, Buchanan, Sesselmann, Chapman; Lawrence, Scott (Fleming 71’), Schmidt; Tancredi (Leon 77’), Filigno (Kyle 61’), Sinclair.

Tiongkok [4-3-3]: Wang Fei; Wu Haiyan, Li Dongna, Liu Shanshan, Wang Shanshan; Tan Ruyin, Ren Guixin, Wang Lisi (Han Peng 42’); Li Ying (Zhang Rui 62’), Gu Yasha (Ma Jun 87’), Zhao Rong.

Advertisements