Profil Peserta Piala Dunia Wanita 2015 – Grup B: Jerman


SUI-GER

Piala Dunia Wanita FIFA akan segera dimulai, kali ini Kanada menjadi tempat perhelatan akbar empat tahunan tersebut. 24 negara dan 552 pemain akan bersaing menjadi tim dan individu-individu terbaik. Satu diantaranya adalah Jerman yang kembali mengejar gelar ketiganya di Piala Dunia setelah pada tahun 2011 tersingkir di perempatfinal dari tangan Jepang. Lebih mirisnya terjadi di rumah sendiri saat Jepang menjadi Juara Dunia tahun 2011 silam. Sebelumnya Jerman adalah Juara Dunia dua kali pada tahun 2003 di Amerika Serikat dan 2007 di Tiongkok.

Pengantar

Jerman menyapu bersih kemenangan selama babak kualifikasi zona Eropa dengan 62 gol dan 4 kali kebobolan, saat ini Jerman berada di peringkat pertama FIFA. Jerman juga merupakan Juara Piala Eropa 2013 di Swedia setelah mengandaskan Norwegia 1-0 di final. Masalah utama Jerman sebelum Piala Dunia adalah banyaknya pemain yang cedera, bahkan Neid sempat mencemaskan kondisi Simone Laudehr yang mengalami cedera saat final Liga Champions di Berlin.

clip_image002

Skuad Jerman di Piala Dunia Wanita 2015 [sumber: fifa.com]

Berada di ranking 1 FIFA, Jerman diisi oleh perpaduan pemain muda dan yang sudah berpengalaman. Tahun ini akan menjadi Piala Dunia Wanita terakhir untuk kapten Nadine Angerer yang membela klub NWSL Portland Thorns. Juara Liga Champions Wanita FFC Frankfurt masih mendominasi komposisi skuad Jerman dengan mengirimkan lima pemain, empat diantaranya membela Bayern Munich yang baru saja juara Frauen Bundesliga, dan empat diantaranya membela VfL Wolfsburg yang berstatus sebagai juara DFB Pokal. Anja Mittag sebelumnya membela klub juara liga Swedia FC Rosengard sebelum hijrah ke PSG, kemudian Josephine Henning dan Annike Krahn membela PSG yang berstatus sebagai finalis Liga Champions Wanita. Belum lama ini Annike Krahn memilih kembali ke Jerman dengan bergabung bersama Bayer Leverkusen.

453714092

Tahun lalu, Pauline Bremer, Lena Petermann dan Sara Daebritz sukses mengantarkan U20 Jerman menjuarai Piala Dunia Wanita U20 2014 di Kanada. Lena Petermann menjadi pencetak gol tunggal saat Jerman Juara Dunia U20 tahun lalu lewat perpanjangan waktu saat mengalahkan Nigeria 1-0 yang diperkuat oleh peraih penghargaan pesepakbola perempuan terbaik versi BBC, Asisat Oshoala. Sepekan yang lalu, Pauline Bremer baru saja memutuskan bergabung dengan jawara Perancis, Olympique Lyon. Sementara Daebritz akan bergabung dengan juara Bundesliga Jerman, Bayern Munich.

Player To Watch

Celia Sasic

International-60

Celia Sasic masih menjadi motor di lini depan Jerman. Selama di Kualifikasi zona Eropa, Sasic membukukan 9 gol dan juga Sasic adalah top skor dari Liga Champions Wanita dan dua kali top skor di Frauen Bundesliga bersama FFC Frankfurt. Sasic merupakan menantu dari pelatih FC Saarbrucken, Milan Sasic dimana ia menikah dengan putra Milan Sasic, yaitu Marko. Sasic lahir dari ayah yang berkebangsaan Kamerun dan ibunya yang berkebangsaan Perancis. Striker berusia 26 tahun ini merupakan pemain darah Balkan-Afrika pertama yang bermain di Piala Dunia.

Dzsenifer Marozsan

SUI-GER02

Dzsenifer Marozsan juga menjadi pengatur serangan Jerman. Meski penampilannya sempat menurun, Marozsan masih bisa mencetak gol-gol penting untuk Frankfurt dan juga timnas Jerman. Selama kualifikasi, Marozsan berhasil mengirimkan 12 assist untuk 12 gol timnas Jerman. Jika saja Silvia Neid memainkan peran Marozsan sebagai gelandang serang dan bukan gelandang bertahan, bukan tidak mungkin Marozsan akan menjadi salah satu pemain terbaik di Piala Dunia Wanita 2015.

Player Who Missed The Tournament

B7FtBBgIIAAR2Rt.jpg large

Sayangnya, Jerman tidak diperkuat oleh pemain terbaik dunia Nadine Kessler yang harus berjuang melawan cedera panjangnya sejak Oktober 2014. Absennya Kessler menjadi pekerjaan rumah bagi Neid untuk menemukan pengganti yang pas untuk posisi Kessler. Bahkan salah juga jika Neid memilih memainkan Melanie Leupolz dibanding Melanie Behringer untuk posisi Kessler.

Data dan Fakta Tentang Jerman:

– 18 dari 23 pemain adalah Juara Piala Eropa 2013 di Swedia

– Fatmire Alushi absen di Piala Dunia Wanita 2015 karena tengah hamil anak pertamanya

– Pauline Bremer, Lena Petermann dan Sara Daebritz tahun lalu membawa U20 Jerman juara Piala Dunia U20 di Kanada

– Tahun ini adalah Piala Dunia terakhir bagi Nadine Angerer, ia akan gantung sepatu pada September 2015

– Pelatih Jerman saat ini Silvia Neid adalah pencetak gol perdana untuk Jerman saat Piala Dunia Wanita dimulai pada 1991.

Gaya Permainan Tim dan Prediksi

Jerman menerapkan formasi yang sama dari sebelumnya. Di Piala Dunia Wanita kali ini Jerman membawa sejumlah pemain muda, Neid seperti biasa lebih mengandalkan Celia Sasic di lini depan kemudian Alex Popp dan Anja Mittag bermain di posisi sayap. Lini tengah sedikit kurang lengkap dengan absennya Nadine Kessler sehingga Lena Goessling kurang konsisten sebagai gelandang bertahan. Kesalahan Silvia Neid adalah lebih memaksakan Melanie Leupolz sebagai pengganti Kessler, padahal Leupolz adalah seorang CMF sama halnya dengan Marozsan yang seharusnya sebagai Central Attacking Midfielder justru sering dicoba sebagai gelandang bertahan.

International-49

4 – 2 – 3 – 1: Angerer; Schmidt, Bartusiak, Peter, Maier; Behringer, Goessling, Marozsan, Laudehr, Mittag; Sasic.

Jerman tetap mengandalkan Nadine Angerer sebagai kiper, kemudian Saskia Bartusiak dan Babett diplot sebagai bek tengah. Leonie Maier sebagai bek kiri, Bianca Schmidt sebagai bek kanan. kemudian duet gelandang bertahan diisi oleh Melanie Behringer dan Lena Goessling, Kemudian Dzenifer Marozsan dan Anja Mittag sebagai sayap dan Celia Sasic sebagai striker tunggal.

483760649

Jika Silvia Neid memainkan Bianca Schmidt sebagai bek kanan dan Dzsenifer Marozsan sebagai playmaker, maka line up Jerman akan menjadi sempurna. Silvia Neid seharusnya sadar karena kecepatan Schmidt sangat dibutuhkan. Laga menghadapi Norwegia pada laga kedua Grup B akan menjadi laga ulangan final Piala Eropa 2013 di Swedia. Jerman bisa lolos ke fase gugur dengan status sebagai juara grup, jika bisa mengalahkan Norwegia pada laga kedua. [rn]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s