Profil Peserta Piala Dunia Wanita 2015 – Grup B: Norwegia


International-93

Piala Dunia Wanita FIFA akan segera dimulai, kali ini Kanada menjadi tempat perhelatan akbar empat tahunan tersebut. 24 negara dan 552 pemain akan bersaing menjadi tim dan individu-individu terbaik. Satu diantaranya adalah Norwegia yang mencari jati dirinya setelah gagal menjuarai Piala Eropa 2013, bahkan pada Piala Dunia 2011 saja Norwegia harus tersingkir di fase grup. Norwegia adalah Juara Dunia pada tahun 1995 setelah mengalahkan Jerman pada laga final di Swedia.

Pengantar

Norwegia hanya kalah satu kali saat kualifikasi zona Eropa setelah takluk 2-0 dari Belanda di kandang sendiri. Pada persiapan terakhir sebelum menuju Kanada, Norwegia takluk 2-1 dari Belgia sebelum mengalahkan Finlandia dengan skor 2-0, Norwegia saat ini berada di ranking 11 FIFA. Mampukah Norwegia kali ini lolos dari fase grup setelah pencapaian buruk 2011 lalu?

NORWAY

Skuad Norwegia di Piala Dunia Wanita 2015 [sumber: fifa.com]

Player To Watch

Ada Hegerberg

21 - Ada Hegerberg

Ada Hegerberg saat ini menjadi andalan di lini depan Norwegia. Striker berusia 19 tahun ini juga menjadi bintang muda yang bersinar bersama Lyon musim ini. Hegerberg membukukan total 24 gol di Liga Perancis. Serta bersama Lotta Schelin dan Eugenie Le Sommer, ketiganya menjadi trisula maut untuk Olympique Lyon. Hegerberg kerap disebut sebagai “Baby Killer”, yang berarti muda nan mematikan di depan gawang lawan.

Isabel Herlovsen

9 - Isabell Herlovsen

Isabel Herlovsen adalah top skor di Liga Norwegia bersama Lillestrom SK musim 2012 dan merupakan striker terbaik di Norwegia saat ini. Herlovsen lahir di Jerman saat sang ayah Kai Erik Herlovsen bermain untuk Borussia Moenchengladbach. Penyerang berusia 27 tahun ini sempat dicoret dari skuad Norwegia saat Piala Eropa 2013.

Player Who Missed The Tournament

774990

Norwegia juga menghadapi badai cedera setelah Ingvild Stensland, Ingvild Isaksen dan Cathrine Dekkerhus absen lama karena cedera ACL. Ini menjadi nilai minus untuk lini tengah Norwegia terutama dengan absennya Isaksen dan Dekkerhus.

hansen

Bahkan beberapa hari setelah skuad Norwegia dirilis, Caroline Graham Hansen juga harus menarik diri karena cedera.

Data dan Fakta Tentang Norwegia

– Solveig Gulbrandsen absen di Piala Dunia 2011 karena hamil anak kedua dan kembali ke skuad Norwegia pada awal 2015 setelah rehat sejenak dari timnas Norwegia.

– Kakak Ada Hegerberg, Andrine memperkuat timnas U23 Norwegia hingga saat ini.

– Pelatih Even Pellerud pernah membawa Norwegia Juara Dunia pada tahun 1995 dengan mengalahkan Jerman.

– Isabel Herlovsen adalah putri dari mantan pemain Borussia Moenchengladbach Kai Erik Herlovsen.

Gaya Permainan dan Prediksi

Even Pellerud pernah membawa Norwegia juara dunia tahun 1995. Setelah itu menangangi Kanada dari 1999 hingga 2008 kemudian kembali menangani Norwegia tahun 2011 setelah tersingkir dari fase grup pada Piala Dunia 2011. Norwegia membawa skuad muda dan juga yang sudah berpengalaman ke Kanada. Pellerud selalu memadukan pemain muda dan senior untuk membangun skuad terbaiknya dan ini persis ia terapkan ketika Piala Eropa 2013 saat menjadi runner up Eropa.

4 – 3 – 3 : Hjelmseth; Mjelde, Holstad, Skammelsrud Lund, Ronning; Gulbrandsen, Ims, Mykjaland; Hegerberg, Herlovsen, Minde.

Day 2 - AC201520

Pengalaman Ingrid Hjelmseth masih dibutuhkan dibawah mistar Norwegia, kemudian Maren Mjelde dan Trine Ronning mengisi posisi bek sayap Norwegia. Kemudian Nora Holstad dan Marita Skammelsrud Lund akan mengisi posisi bek tengah. Sementara trio pemain tengah diisi oleh Solveig Gulbrandse dan Gry Tofte Ims serta pendatang baru Lene Mykjaland yang menggantikan Caroline Graham Hansen karena cedera. Ada Hegerberg, Isabell Herlovsen dan Kristine Minde mengisi pos lini serang. Skuad Norwegia ini memang berisikan kombinasi antara pemain muda dan yang sudah berpengalaman.

Norwegia sering dianggap sebagai tim kuda hitam walaupun pernah Juara Dunia tahun 1995. Diprediksi Norwegia bisa finis sebagai runner-up Grup B dibawah Jerman atau bisa jadi kembali mengejutkan Jerman seperti Piala Eropa 2013. Menarik juga untuk melihat kiprah Even Pellerud yang pernah membawa Norwegia Juara Dunia tahun 1995 ini. [rn]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s