Profil Peserta Piala Dunia Wanita 2015 – Grup B: Pantai Gading


i

Piala Dunia Wanita FIFA akan segera dimulai, kali ini Kanada menjadi tempat perhelatan akbar empat tahunan tersebut. 24 negara dan 552 pemain akan bersaing menjadi tim dan individu-individu terbaik. Satu diantaranya adalah Pantai Gading yang berstatus sebagai peringkat ketiga di Piala Afrika 2014. Sama seperti Thailand, Pantai Gading lolos ke Piala Dunia Wanita untuk pertama kalinya.

Pengantar

Pantai Gading untuk pertama kalinya lolos ke Piala Dunia Wanita dari perwakilan Afrika. Saat pagelaran Piala Afrika 2014, mereka takluk dari Kamerun yang juga menjejaki Piala Dunia Wanita untuk kali pertamanya itu pada babak semifinal saat memasuki babak perpanjangan waktu, dengan kekalahan 2-1. Lalu bertemu Afrika Selatan di laga penentuan tempat ketiga/keempat playoff, kemudian menang 1-0 walaupun dibawah tekanan pada saat laga. Pantai Gading saat ini berada di ranking 69 FIFA, dan yang paling rendah.

clip_image002

Skuad Pantai Gading di Piala Dunia Wanita 2015 [sumber: fifa.com]

Pantai Gading diperkuat oleh tiga pemain yang bermain di Liga Eropa, seperti Ida Guehai yang bermain untuk klub Damallsvenskan Swedia Kristianstad DFF, Ines N’Rehy yang memperkuat klub Rusia Rossiyanka dan Josee Nahi yang juga membela membela klub Swedia Zvezda 2005 dan sebagian besar bermain di liga lokal. Adapun Binta Diakite membela klub Tunisia ASF Medenine.

Player to Watch

Jose Nahi

14 - Josee Nahi

Nahi merupakan top skorer kedua untuk timnas Pantai Gading. Ia adalah satu dari 5 pemain yang bermain di luar Pantai Gading. Saat ini striker berusia 25 tahun ini memperkuat klub Rusia, Zvezda 2005. Jose Nahi sering disebut sebagai "The Female Emmanuel Adebayor" oleh fans. Tahun lalu, Nahi sempat memperkuat klub juara Liga Serbia, Spartak Subotica sebelum ditransfer ke klub Zvezda 2005.

Ida Guehai

12 - Ida Guehai

Guehai baru saja bergabung dengan klub Damallsvenskan Swedia Kristianstad DFF. Merupakan pemain masa depan Pantai Gading dengan usianya yang masih 20 tahun. Disaat masih beradaptasi dengan lingkungan di Liga Swedia, Gueahi sudah mencetak tiga gol dari tiga laga yang telah dijalani bersama Kristianstad DFF.

Gaya Permainan Tim dan Prediksi

Clementine Toure sepertinya akan mengadaptasi taktik yang sama saat sukses di Piala Afrika tahun lalu. Lebih mengandalkan counter-attack untuk bisa menerobos pertahanan lawan, tetapi susah untuk menerapkan taktik yang sama untuk menghadapi Jerman dan Norwegia. Toure harus menemukan taktik yang pas saat menghadapi lawan seperti Jerman di laga pembuka dan Norwegia di laga pamungkas untuk meredam ketajaman Celia Sasic atau Ada Hegerberg di lini depan.

475956324

Dengan formasi 4 – 3 – 3 yang diterapkan oleh Toure, Ida Guehai, Jose Nahi dan Ines N’Rehy akan dipasang sebagai pemain utama di lini depan. Kemudian posisi kiper diisi oleh Dominique Thiamale.

Cukup sulit diprediksi seperti apa line up yang akan ditentukan oleh Clementine Toure nanti. Las Elephants hanya bermain di tiga turnamen Internasional termasuk Piala Dunia dan dua edisi terakhir Piala Afrika. Mereka juga hanya satu kali bermain di laga ujicoba saat kalah 3-2 dari Kamerun. Peluangnya cukup sulit untuk Piala Dunia Wanita nanti, terutama menghadapi lawan seperti Jerman dan Norwegia. Juga tidak terlalu memikirkan ekspetasi untuk Piala Dunia Wanita nanti, dalam artian lolos ke Piala Dunia juga sudah bonus. Laga kontra Thailand pada laga kedua Grup B akan menjadi sebuah kemungkinan bagi Pantai Gading, untuk mendapatkan paling tidak satu poin saja. [rn]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s