Profil Peserta Piala Dunia Wanita 2015 – Grup B: Thailand


thai

Piala Dunia Wanita FIFA akan segera dimulai, kali ini Kanada menjadi tempat perhelatan akbar empat tahunan tersebut. 24 negara dan 552 pemain akan bersaing menjadi tim dan individu-individu terbaik. Satu diantaranya adalah Thailand yang untuk pertama kalinya lolos ke Piala Dunia Wanita, dan juga sebagai Asia Tenggara pertama yang berlaga di Piala Dunia Wanita. Thailand datang ke Kanada dengan status sebagai peringkat 5 saat ajang Piala Asia setelah menyisihkan Vietnam dengan skor 2-1.

Pengantar

Sebelum berangkat menuju Kanada, Thailand adalah juara Piala AFF yang dihelat di Vietnam pada bulan Mei lalu. Status Juara Asia Tenggara inilah yang menjadi modal Thailand untuk berlaga di Piala Dunia Wanita pertamanya nanti. Saat itu Nisa Romyen menjadi pemain terbaik dengan membukukan dua 9 gol di Piala AFF. Tim asuhan Nuengruethai Sathongwen berada di peringkat 29 FIFA dan yang tertinggi untuk negara Asia Tenggara.

Thailand

Line up Thailand di Piala Dunia Wanita [sumber: fifa.com]

Jika dilihat dari skuad yang akan bertarung di Piala Dunia Wanita tahun ini, sebagian skuad Thailand bermain di liga Thailand atau di universitas. Taanekarn Dangda sebelumnya sempat bermain untuk divisi dua Swedia, Ostersunds DFF sebelum kembali ke Thailand bersama Bangkok United. Belum banyak pengalaman untuk tingkat dunia, bahkan 4 bulan sebelum Piala Dunia Wanita digelar, Thailand melakukan pemusatan latihan di Belanda dan Jerman. Setelah kalah 8-0 dari Belanda, Thailand mencetak 69 gol pada tahun 2015 ini. Thailand tidak pernah bertemu tim non Asia sejak 2007 pasca kekalahan dari Italia dan Meksiko

Player To Watch

Nisa Romyen

475957146

Nisa Romyen adalah pemain terbaik saat Piala AFF bulan Mei lalu dengan membukukan 9 goal, termasuk 5 gol saat kemenangan 12-0 dari Laos. Striker berusia 25 tahun yang satu ini bermain untuk North Bangkok College. Selain itu, Romyen juga mencetak 8 gol saat babak kualifikasi Piala Asia 2014.

Naphat Seesraum

naphat

Sejauh ini, Seesraum telah membela timnas Thailand sebanyak 87 kali dengan mencetak 20 gol, juga merupakan kapten dari timnas Thailand saat ini. Gelandang berusia 28 tahun ini sudah memulai debutnya di timnas Thailand sejak usia 14 tahun. Seesraum akan memimpin lini tengah Thailand pada Piala Dunia Wanita pertama untuk negeri gajah putih ini.

Gaya Permainan dan Prediksi

Thailand memiliki kelebihan dari passing itupun juga bergantung pada spacing yang bagus dan kerjasama antara pemain. Sebagian besar pemain Thailand sudah lama berada di timnas Thailand untuk waktu yang cukup lama. Sehingga pemain sudah paham untuk menempatkan bola pendek disekitar lawan. Juga adanya perubahan pembinaan selama Piala Asia dengan mempromosikan asistennya Nuengrutai Srathongvian sebagai pelatih utama.

Skuad Nuengrutai Srathongvian sudah familiar dengan skema 4 – 5 – 1, dimana Waraporn Boonsing akan menjadi kiper utama, kemudian Darut Changplook, Sunisa Srangthaisong, Ainon Phancha dan Duangnapa Sritala mengisi tembok pertahanan Thailand. Sementara lini tengah diisi oleh Naphat Seesraum sebagai motor di lini tengah, kemudian didampingi oleh Pikul Khueanpet, Rattikan Thongsombut, Kanjana Sungoen dan Silawan Intamee. Sementara kecepatan Nisa Romyen sebagai striker dibutuhkan sebagai penyerang tunggal atau eks Ostersunds DFF Taneekarn Dangda bisa menjadi alternatif di lini depan negeri gajah putih.

thailand_2

Sulit untuk memprediksi line-up dari Nuegrutai Srathongvian ini, karena kurangnya ujicoba kontra tim non Asia yang dilakukan oleh Thailand. Kekalahan dari Belanda pada laga ujicoba pertama jadi gambaran seberapa jauh Thailand akan melangkah di Piala Dunia Wanita pertamanya. Akan tetapi, dengan statusnya sebagai juara Piala AFF bulan lalu menjadi modal penting dari persiapan Thailand di Kanada. Jika bisa mencuri satu atau tiga poin dari Pantai Gading, maka akan menjadi pencapaian yang tidak buruk bagi Thailand selama turnamen. [rn]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s