Profil Peserta Piala Dunia Wanita 2015 – Grup C: Kamerun


Cameroon-Lionesses

Piala Dunia Wanita FIFA sudah memasuki hari ketiga, kali ini Kanada menjadi tempat perhelatan akbar empat tahunan tersebut. 24 negara dan 552 pemain akan bersaing menjadi tim dan individu-individu terbaik. Satu diantaranya adalah Kamerun yang juga lolos ke Piala Dunia Wanita untuk pertama kalinya sebagai wakil Afrika.

Pengantar

Setelah menjejaki Olimpiade pertamanya pada 2012 lalu, Kamerun juga lolos ke Piala Dunia Wanita untuk pertama kalinya dengan berstatus sebagai runner-up Piala Afrika setelah kalah dari Nigeria di babak final. Kamerun kebobolan 4 gol dalam 6 laga selama Piala Afrika 2014. Kamerun berada di ranking 52 FIFA saat ini.

CMR

Skuad Kamerun di Piala Dunia Wanita 2015 [sumber: wikipedia.org]

Skuad Kamerun sebagian ada yang bermain di klub-klub Eropa yang tersebar di divisi utama dan kedua di Perancis, Swiss, Rusia, Rumania, Belarusia dan Swedia. Ada satu pemain yang bermain di klub NWSL Amerika Serikat bersama Western New York Flash, yaitu Ajara Nchout.

Player To Watch

Ajara Nchout

CAM-02

Nama aslinya adalah Njoya Ajara Nchout. Striker muda yang satu ini juga membela Kamerun saat Olimpiade 2012 di London. Nchout memiliki pengalaman bermain di Liga Champions Wanita saat masih membela Rossiyanka pada 2012-2013. Kemudian awal tahun ini, Nchout ditransfer ke klub NWSL Amerika Serikat, Western New York Flash. Di timnas Kamerun, Nchout sudah bermain sebanyak 39 kali dengan mencetak 2 gol.

Gaëlle Enganamouit

CAM-01

Enganamouit telah menjejaki Eropa saat usianya masih 20 tahun. Saat itu ia bergabung dengan Spartak Subotica di Serbia pada tahun 2012 hingga 2013, dan saat itu Subotica bermain di Liga Champions Wanita. Bersama Spartak Subotica, Enganamouit menjadi pencetak gol tercepat dalam sejarah sepakbola wanita Serbia. Kemudian tahun 2014 lalu, Enganamouit bergabung dengan klub Swedia yang baru promosi ke Damallsvenskan (liga utama), Eskilstuna United. Pemain yang bisa bermain di posisi sebagai gelandang sekaligus penyerang ini telah membela Kamerun sebanyak 18 kali dengan mencetak 2 gol.

Gaya Bermain dan Prediksi

Kamerun punya kelebihan di sektor pertahanan, sebagai hasilnya Ajara Nchout dan kawan-kawan kebobolan 3 gol selama Piala Afrika 2014 lalu. Jauh lebih baik daripada saat Olimpiade 2012 lalu. Apresiasi tertuju pada kiper utama mereka Annette Ngo Ndom yang menjadi andalan dibawah mistar gawang klub hat trick Juara Liga Slovakia, Union Nove Zamky.

Team-GBs-Jill-Scott-score-008

Untuk formasi, Ngachu Enow cukup familiar dengan skema 4-4-2 dengan menempatkan Annette Ngo Ndom sebagai kiper utama. Kemudian lini belakang diisi oleh Augustine Ejangue, Auerelle Awona, Christine Manie dan Yvonne Leuko. Kemudian lini tengah diisi oleh Ninon Abena, Agathe Ngani, Genevieve Ngo dan Henriette Akaba. Sementara Lini depan diisi oleh Ajara Nchout dan Gaelle Enganamouit.

Kamerun sempat mengalami mimpi buruk di Olimpiade 2012 setelah kalah menyakitkan dari Brasil, Britania Raya dan Selandia Baru. Jika bisa menang dari Ekuador pada laga pembuka, maka akan menjadi momentum yang bagus untuk sejarah sepakbola wanita Kamerun. [rn]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s