Profil Peserta Piala Dunia Wanita 2015 – Grup C: Swiss


SUI-01

Piala Dunia Wanita FIFA akan segera dimulai, kali ini Kanada menjadi tempat perhelatan akbar empat tahunan tersebut. 24 negara dan 552 pemain akan bersaing menjadi tim dan individu-individu terbaik. Satu diantaranya adalah Swiss yang memastikan diri lolos di Piala Dunia Wanita untuk pertama kalinya.

Pengantar

Mungkin Piala Dunia Wanita tahun ini akan menjadi turnamen Internasional pertama bagi Swiss setelah La Nati ditangani oleh Martina Voss Tecklenburg pada 2012 lalu. Berkat tangan dingin empat pemegang gelar Eropa inilah Swiss menjadi tim yang superior di Kualifikasi Piala Dunia Wanita dengan perolehan 53 gol dan 1 kali kebobolan. Bahkan dari 10 laga, Swiss bisa memenangkan 9 pertandingan termasuk dari Islandia dan Denmark yang bermain di Piala Eropa 2013.

Skuad Swiss di Piala Dunia Wanita 2015 [sumber: fifa.com]
Skuad Swiss di Piala Dunia Wanita 2015 [sumber: fifa.com]

Sebagian besar skuad Swiss bermain untuk klub Frauen Bundesliga seperti Ana Maria Crnogorcevic (FFC Frankfurt), Vanessa Burki dan Caroline Abbe (Bayern Munich), Rahel Kiwic dan Gaelle Thalmann (MSV Duisburg), Noelle Maritz dan Vanessa Bernauer (VfL Wolfsburg), Stenia Michel (FF USV Jena), Lia Waelti (Turbine Potsdam), dan Martina Moser (Hoffenheim). Lara Dickenmann akan bergabung dengan VfL Wolfsburg musim depan dan Cinzia Zehnder akan bergabung dengan SC Freiburg. Hanya Ramona Bachmann yang bermain di Damallsvenskan Swedia untuk FC Rosengard.

Dengan pengalaman sebagian besar pemain yang merumput di Frauen Bundesliga inilah yang akan menjadi modal Swiss untuk berlaga di Piala Dunia Wanita 2015. Jangan lupa, Bachmann juga membawa FC Rosengard juara Liga Swedia untuk kedua kalinya secara beruntun.

Player to Watch

Lara Dickenmann

SUI-02

Versatille, ya inilah kelebihan yang dimiliki oleh Lara Dickenmann. Pemain yang bisa bermain sebagai bek sayap dan winger ini menjadi berkah tersendiri untuk La Nati. Produk asli Ohio State ini telah menyelesaikan musim terakhirnya bersama Lyon sejak bergabung pada tahun 2009. Dicko, panggilan dari Dickenmann telah mempersembahkan dua gelar Liga Champions, tujuh gelar liga dan juga tiga gelar Coupe de France Feminine. Setelah sukses bersama Lyon selama empat musim, Dicko akan bergabung dengan juara DFB Pokal, VfL Wolfsburg.

Vanessa Bernauer

22 - Vanessa Bernauer

Vanessa Bernauer dituntut untuk menggantikan peran Nadine Kessler yang sudah absen lama karena cedera. Bernauer sejatinya baru bergabung dengan Wolfsburg pada musim 2014-15. Dengan absennya Kessler, Bernauer otomatis mengambil alih peran Kessler sebagai gelandang bertahan. Pada akhirnya perlahan tapi pasti, eks BV Cloppenburg ini menjelma menjadi gelandang bertahan terbaik di Frauen Bundesliga. Di musim pertamanya, Bernauer sukses membawa Wolfsburg meraih gelar DFB Pokal walaupun harus gagal mempertahankan gelar Frauen Bundesliga dan Liga Champions.

Gaya Bermain dan Prediksi

Swiss tidak memiliki masalah dalam mencetak gol terutama dengan adanya Dickenmann, Bachmann dan Crnogorcevic. Tetapi, kendala di La Nati adalah di sektor pertahanan. Pada laga preparasi menuju Kanada, Swiss kebobolan 13 gol dalam lima laga walaupun sempat mengalahkan Swedia pada 5 April lalu.

SUI-02

Formasi 4-2-3-1 adalah skema yang sudah familiar untuk Martina Voss yang ia terapkan di timnas Swiss saat ini. Gaelle Thalmann yang baru kembali dari cedera ACLnya akan kembali mengawal gawang La Nati. Kemudian lini belakang diisi oleh Noelle Maritz, Caroline Abbe, Rahel Kiwic dan Sandra Beschart. Untuk lini tengah diisi oleh Fabienne Humm, Lia Waelti, Vanessa Bernauer, Lara Dickenmann dan Ana Maria Crnogorcevic. Untuk lini depan diisi oleh Ramona Bachmann atau Vanessa Burki bisa jadi alternatif.

Swiss tidak memiliki pengalaman bermain di turnamen Internasional, tetapi menarik juga ditunggu sebagai salah satu kuda hitam di Piala Dunia Wanita 2015. Swiss diprediksi bisa lolos dari Grup C sebagai runner-up bersama Jepang. [rn]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s