Profil Peserta Piala Dunia Wanita 2015 – Grup D: Swedia


International-75

Piala Dunia Wanita Kanada 2015 telah memasuki hari ketiga. 552 Pemain dari 24 negara siap bertarung memperebutkan trofi utama dan memberikan yang terbaik untuk bangsa mereka.Satu diantaranya adalah Swedia, yang lolos  sebagai salah satu wakil Eropa. Swedia adalah juara Grup IV Kualifikasi Piala Dunia Wanita Kanada 2015 zona UEFA pada 2014 lalu.

Pengantar
Swedia merupakan salah satu kekuatan kuno di sepakbola wanita, terkhusus di Eropa dimana mereka lebih dulu menggebrak panggung dunia sebelum Jerman. Pia Sundhage, pelatih mereka sekarang, menjadi bukti nyata kedigdayaan mereka di masa lalu. Walau hasil terbaik mereka adalah runner-up di 2003.

SWE

Skuad Swedia di Piala Dunia Wanita 2015 [sumber: fifa.com ]
Sundhage yang juga sukses menangani Amerika Serikat meraih runner-up Piala Dunia 2011 dan medali emas Olimpiade. London 2012 kembali ke tanah airnya untuk merajut mimpi bersama di Kanada. Deretan pemain berpengalaman dipanggil, namun tak hanya bintang yang berkarya di luar kompetisi lokal Damallsvenskan beberapa bintang lokal muda juga menjadi amunisi tersendiri lepas pensiunnya beberapa alumnus WWC 2011 seperti Josephine Oqvist.

Player To Watch

Kosovare Asllani

SWE-02

Swedia dan Paris Saint Germain nampaknya tak hanya sumringah memiliki Zlatan Ibrahimovic saja, karena insting pembunuh dalam diri “Zlatan wanita” yang sudah bersama timnasita sejak 2008 juga patut diwaspadai. Sama halnya Zlatan “Kosse”, yang memiliki tatoo berlambang burung berkepala dua yang menggambarkan etnis asalnya Albania, merupakan striker pengembara. Ia mengawali karier di Linköpings dan sempat hijrah ke Amerika Serikat sebelum pulang ke Eropa dan membela PSG. Uniknya duet sehatinya di lini depan adalah musuh bebuyutannya pula di liga, Lotta Schelin.

Malin Diaz

13 - MALIN DIAZ

Malin Sophie Diaz Petersson lahir dari seorang ayah berkebangsaan Swedia dan ibu dari Chile. Gelandang yang menjadi anggota termuda tim akan menjalani debut Piala Dunia Wanita nya tahun ini ketika genap berusia 21 tahun. Malin merupakan gelandang serang yang memiliki segudang pengalaman di klub top lokal. Bergabung bersama AIK sejak berusia 15 tahun, karirnya melesat bersama Tyresö dan juga merasakan atmosfer pertandingan antar klub Eropa sebelum hijrah ke Eskilstuna United.

Gaya Permainan dan Prediksi
Pia akan menggunakan strategi menyerang dan bermain cepat seperti yang selalu menjadi gaya khasnya selain hobi memetik gitar. Ia akan memusatkan permainan dari tengah dan tidak melebar, karena memiliki duet pertahanan yang cukup baik.

[Prediksi starting 4-3-1-2] Penjaga gawang baru Chelsea, Hedvig Lindahl akan menjadi benteng terakhir permainan Swedia. Nilla Fischer akan menjadi komandan di lini belakang dan berduet bersama Linda Sembrant, diapit Charlotte Rohlin dan Sara Thunebro. Lini tengah akan menjadi kunci permainan Caroline Seger dan Theresse Sjögran di kanan dan kiri playmaker Lisa Dahlkvist. Lotta Schelin akan menjadi deep lying striker dibawah duet Kosovare Asllani dan Sofia Jakobsson yang akan mematikan.

International-95

Beberapa nama muda yang disertakan akan menjadi rencana lain jika barisan pertahanan Swedia yang memiliki rataan umur 32.4 tahun sudah hilang konsentrasinya. Amanda Ilestedt menjadi salah satu yang bisa diharapkan. Swedia harus memanfaatkan skuad yang ada, nama-nama seperti Olivia Schough atau Malin Diaz bisa jadi opsi underdog yang mematikan di lini serang juga. [sd]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s