Profil Peserta Piala Dunia Wanita 2015 – Grup D: Amerika Serikat


USA

Piala Dunia Wanita Kanada 2015 telah memasuki hari ketiga. 552 Pemain dari 24 negara siap bertarung memperebutkan trofi utama dan memberikan yang terbaik untuk bangsa mereka.

Satu diantaranya adalah Amerika Serikat yang lolos sebagai salah satu wakil Amerika Utara dan Tengah. Amerika Serikat adalah juara CONCACAF Women’s Championship 2014 lalu.

Pengantar

Peraih dua bintang juara Piala Dunia 1991 dan 1999 ini bukan tanpa evaluasi selama beberapa tahun terakhir. Abby Wambach cs. harus dapat menjawab tantangan yang sempat diajukan Julie Foundy dan kawan-kawan secara verbal di Twitter tentang kemunduran mereka. Dendam akan Jepang di Final 2011 menjadi api yang menyulut tiap dada pemain USWNT.

USA-3

Skuad Amerika Serikat di Piala Dunia Wanita 2015 [sumber: wikipedia.org]

Jill Ellis melakukan persiapan yang cukup matang untuk Amerika Serikat sendiri. Walau kalah di turnamen Internasional Brasilia  akhir 2014 lalu mereka cepat bangkit dan memenangkan turnamen invitasi tahunan, Algarve Cup 2015. Bahkan kerangka tim sejatinya sudah terbentuk lewat turnamen yang tiap tahun diadakan di Portugal itu.

Player To Watch

Julie Johnston

19 - JULIE JOHNSTON

Namanya melesat secepat sundulan yang menjadi andalannya.  Pemain kelahiran 6 April 1992 ini memiliki tinggi badan yang cukup untuk berduel di udara. Salah satu faktor yang menjadi alasan cukup membawanya ke timnasita.

Pengalaman internasionalnya juga cukup berkembang di usia muda. Bersama Morgan Brian, Jullie yang adalah kapten USWNT U20 di 2012 telah membawa trofi U20 WWC ke Amerika Serikat. Trofi Algarve Cup 2015 dan tentunya CONCACAF Women’s Championship 2014 menjadi dua trofi pertamanya di level senior.

Pemain yang kini membela Chicago Red Stars itu harus bisa menghadapi striker-striker berkelas seperti Kosovare Asllani sebelum melaju jauh bersama USWNT.

Christen Press

23 - CHRISTEN PRESS

Rekan satu tim Johnston, Christen Annemarie Press, mungkin menjadi salah satu sosok kunci keberhasilan USWNT di era Ellis. Sudah merebut hati para staf pelatih sejak era Tom Sermanni ia selalu tampil di seluruh laga USWNT sejak 2014.

Kemampuannya dimainkan sebagai striker maupun sayap kanan membuatnya semakin memiliki kans mengamankan satu tempat di starting eleven. Pengalamannya berkarier bersama Tyresö dan Kopparbergs/Götteborg FC membuatnya semakin bersinar diantara striker lain yang hanya berkarier di Amerika Serikat.

Gaya Permainan dan Prediksi

Walau memiliki individu-individu  berskill di atas rata-rata, saya pribadi merasakan “Grup Neraka” ini akan cukup berat bagi USWNT. Ellis harus merubah permainan mereka agar tak monoton dan mudah ditebak lawan.

USA-02

[Prediksi starting 4-4-2] Hope Solo akan mengawal mistar USWNT dibantu sosok-sosok berpengalaman seperti Ali Krieger di kanan dan Meghan Klingenberg di kiri, duet tua-muda kapten tim Christie Rampone dan debutan Julie Johnston akan berada di tengah pertahanan.

Mereka berdiri di belakang Morgan Brian dan Lauren Holiday yang akam menjadi dua gelandang bertahan ditopang Megan Rapinoe dari sisi kiri dan Carli Lloyd yang digeser lebih ke kanan. Duet pemain yang bertukar klub musim ini, Abby Wambach dan Sydney Leroux akan jadi tumpuan Ellis.

USWNT sendiri harus waspada dengan tiga tim yang menjadi lawannya , maklum rata-rata para pemain tidak mengenal lebih dekat sosok lawan mereka seperti Tobin Heath yang pernah berkarier bersama PSG.

Ellis juga harus pandai melakukan rotasi, agar tak lagi kehilangan pemain kunci seperti Alex Morgan yang cidera ketika melakukan ujicoba. [sd]

One thought on “Profil Peserta Piala Dunia Wanita 2015 – Grup D: Amerika Serikat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s