Profil Peserta Piala Dunia Wanita 2015 – Grup D: Australia


aus-01

Piala Dunia Wanita Kanada 2015 telah memasuki hari ketiga. 552 Pemain dari 24 negara siap bertarung memperebutkan trofi utama dan memberikan yang terbaik untuk bangsa mereka. Satu diantaranya adalah Australia, yang lolos sebagai salah satu wakil Asia. Australia adalah juara AFC Women’s Championship 2014 lalu.

Pengantar

"Westfield Matildas" dikenal dengan permainan cepat nan keras tiap tahunnya, walau rata-rata pemain yang dibawa dalam event internasional tergolong muda. Pada gelaran sebelumnya di 2011 Australia hanya mampu melaju hingga babak perempat final. Namun, tahun ini Australia bisa saja menyulitkan di Grup D karena kualitas pemain-pemain muda mereka yang semakin bertambah terutama sejak ditangani pelatih Alen Stajcic yang turut mereformasi sepakbola di Negeri Kanguru.

aus-

Skuad Australia di Piala Dunia Wanita 2015 [sumber: fifa.com]

Dominasi "Matildas" ataupun "Socceroos" semakin terasa kala mereka mampu mengatasi perlawan tim kuat seperti Jepang ataupun Korea Selatan. Pun demikian dengan gaya Eropa rasa Asia yang kental dengan kecepatan dan determinasi; ditunjukkan pemain-pemain yang berkompetisi di luar negeri. Jika di sektor pria banyak yang mengadu nasib di Eropa, kebanyakan pemain timnasita Australia justru memilih Amerika Serikat sebagai "kawah candradimuka"nya.

Player To Watch

Stephanie Catley

7 - Stephanie Catley

Muda dan berbakat, adalah dua kata untuk menggambarkan sosok kelahiran 1994 ini. Catley yang baru mengemas 32 caps bersama timnasita Australia ini lekat dengan ban kapten di klubnya, Melbourne Victory. Bahkan Catley bisa dibilang  salah satu kapten muda di W-League. Ia yang kini melanjutkan karier bersama Portland Thorns, dengan kepemilikan bersama Victory, juga berkesempatan untuk menambah jam terbang internasionalnya tahun ini karena selalu menjadi pilihan utama pelatih di sisi kiri pertahanan.

Katrina Gorry

19 - Katrina Gorry

Gelandang yang dijuluki "Australian Woman Messi" ini memang memiliki kecepatan dan akselerasi walau memiliki tubuh yang terbilang mungil yakni 152 sentimeter. Gorry yang sudah merasakan dua juara di liga berbeda bersama Brisbane Roar (2012 – Pemuncak klasemen musim reguler) dan FC Kansas City (2014 – Juara di sesi kejuaraan) merupakan kreator utama di lini tengah Australia sejak 2012 lalu. Tiga pelatih sudah merasakan kepuasan atas servis yang Ia berikan.

Gaya Permainan dan Prediksi

Stajcic, pelatih berusia 41 tahun, adalah pelatih Sydney FC Women’s sebelum ditunjuk menangani timnasita Australia. Pria yang terakhir kali membela Sutherland Sharks pada 2002 ini merupakan pelatih bertangan dingin yang mampu mencetak bintang-bintang muda seperti Teigen Allen dan Chloe Logarzo.

tildz_1

Prediksi starting [4-3-3]: Lydia Williams akan menjadi sosok utama di bawah mistar. Eks penjaga gawang Wester New York itu akan ditemani oleh empat pemain bertahan yakni Elise Kellond-Knight di kanan, duet Laura Alleway dan Claire Polkinghorne, serta Stephanie Catley di kiri. Tameka Butt akan menjadi penyeimbang di lini tengah bersama Emily van Egmond dan Katrina Gorry yang terkenal dengan akselerasinya dari sisi sayap. Trisula maut Lisa De Vanna dan Caitlin Foord yang pernah dan sedang membela klub asal New Jersey, Sky Blue FC, akan dilengkapi dengan seorang Samantha Kerr di depan. 

Australia setidaknya akan memanfaatkan kecepatan para pemainnya untuk menghadapi "Grup Neraka" di Grup D kali ini. Bermain terbuka melawan tim kuat seperti Amerika Serikat dan Swedia mungkin akan menguntungkan para pemain muda yang dapat bertahan selama 90 menit. Namun Australia patut waspada dengan Nigeria yang akan menjadi pesaing terberat mereka mengamankan satu posisi lainnya ke babak selanjutnya. [sd]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s