Profil Peserta Piala Dunia Wanita 2015 – Grup D: Nigeria


asisat-oshoala-celebrates-goal-against-cameroon-women_10dmxv5vvyyq3z809byw0qcrv-600x336

Piala Dunia Wanita Kanada 2015 telah memasuki hari ketiga. 552 Pemain dari 24 negara siap bertarung memperebutkan trofi utama dan memberikan yang terbaik untuk bangsa mereka.Satu diantaranya adalah Nigeria, yang lolos sebagai salah satu wakil Afrika. Nigeria adalah juara African Women’s Championship 2014 lalu.

Pengantar

Nigeria merupakan salah satu tim kuat dalam tradisi sepakbola wanita,  terkhusus di Afrika. Namun sayang beberapa individu gagal menolong mereka melaju sejauh 1999 ketika dapat bermain hingga perempat final.

NGA

Skuad Nigeria di Piala Dunia Wanita 2015 [sumber: fifa.com]

Edwin Okon yakin dengan tampil baiknya tim U20 "Super Falcons" di gelaran U20 WWC di tempat yang sama tahun lalu akan sedikit berdampak bagi timnasita senior yang menggunakan beberapa alumnus turnamen tersebut. Edwin memadukan mereka dengan beberapa legends hidup Nigeria yang terus berkarya demi bangsa.

Player To Watch

Asisat Oshoala

454106564

"Superzee" merupakan fenomena tahun lalu, tak hanya untuk Nigeria apalagi Afrika dan Dunia.  Striker yang kini menemukan performa bersama klub idola masa kecilnya, Liverpool, akan menunjukkan kebintangannya seperti pada turnamen tahun lalu di level U20. Oshoala yang menjadi pemain terbaik dan topskorer di ajang tersebut memiliki kecepatan di atas rata-rata. Inggris menjadi tempat baik untuk mendidiknya, apalagi ia baru bergabung di musim ini sebelum menjalani debut Piala Dunia Wanitanya. Pemain terbaik tahun ini versi BBC Sport ini juga mendapat bintang kehormatan dari presiden Goodluck Jonathan.

Perpetua Nkwocha

4 - Perpetua Nkwocha

Lain halnya striker yang menginjak usia 39 tahun ini, dan diklaim sebagai pemain tertua di turnamen. Perpetua akan menjadi sosok guru bagi banyak striker muda "Super Falcons". Pengalamannya di Eropa bersama klub Swedia, Sunann√• SK,  dari 2007 hingga 2014 lalu akan cukup diwaspadai para bek lawan. Ia sendiri telah mencetak 9 gol dalam 32 kali penampilan bersama timnasita Nigeria.

Gaya Permainan dan Prediksi

Nigeria merupakan tipikal negara Afrika seperti biasa kita kenal. Fisik akan jadi hal utama terlebih para pemain muda yang dibawa Edwin. Jika menerka-nerka sulit untuk membongkar pertahanan lawan jika mereka tidak mencoba untuk menguasai bola di 15-20 menit awal, dan lawan justru harus hati-hati dengan bola-bola atas dan serangan balik.

Falcons-celebrate2-620x330-1

[Prediksi starting: 3-4-3] Precious Dede akan mengawa gawang bersama trio Josephine Chukwunonye, Onome Ebi, dan eks pemain Houston Dash Oshinaci Ohale di depannya. Tim akan tampil menyerang dengan duet Evelyn Nwabuoke dan Martina Ohadugha, sementara Courtney Dike dan Fransisca Ordega akan digeser posisinya ke sayap penyerang kedua sisi. Trisula Asisat Oshoala, Perpetua Nkwocha, dan Desire Oparanzie akan jadi penuntas kemenangan mereka.

Banyak striker yang dibawa oleh Okon, 8 pemain, menandakan mereka akan lebih aktif melakukan serangan balik ketimbang bermain defensif di ajang sebesar ini. Mereka juga dapat diposisikan lebih ke belakang utamanya sebagai pemain sayap utamanya karena fisik dan kecepatan mereka. [sd]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s