Profil Peserta Piala Dunia Kanada – Grup F : Inggris


Piala Dunia Wanita Kanada 2015 telah memasuki hari ketiga. 552 Pemain dari 24 negara siap bertarung memperebutkan trofi utama dan memberikan yang terbaik untuk bangsa mereka. Satu diantaranya adalah Inggris, yang lolos sebagai salah satu wakil Eropa. Inggris lolos sebagai juara Grup VI di Kualifikasi UEFA 2014 lalu.

england-women-line-up-germany Pengantar

“Three Lionesses” datang ke Kanada dengan mimpi meraih gelar Piala Dunia Wanita mereka yang pertama, dengan harapan tak menunggu waktu lama seperti timnas (pria) mereka yang terakhir juara pada 1960. Berbeda pula dengan Roy Hodgson yang kesulitan dengan regenerasi pemain Inggris karena bertaburan pemain asing di liga mereka; Mark Sampsons, pria asal Wales yang menangani Inggris, tidak menemui kesulitan berarti apapun.

4-ENG

[sumber: wikipedia.org]

Sampsons sendiri cukup beruntung karena memiliki beberapa pemain yang berkembang di Women’s Super League yang cukup kompetitif untuk pemain lokal. Perkembangan sepakbola wanita di Inggris yang terus berkembang menuju arah yang lebih baik menjadi pemicunya. Bahkan dengan aturan ketat dalam mendatangkan pemain asing, FA WSL menjadi salah satu liga yang diperhitungkan UEFA untuk masuk jajaran elit seperti halnya Frauen Bundesliga (Jerman) dan D1 Feminine (Perancis). Hal ini berdampak bagi timnasita Inggris yang berkembang makin baik.

Who To Watch

Fran Kirby

Reading & England Footballer Fran Kirby speaking at the Inspiring Women in Sport event backed by principal partner BT Sport at the London Aquatics Centre (25/02/2015)

Kirby menjadi buah bibir sejak tahun lalu. Penampilannya yang gemilang dan konsisten Ia tunjukkan ketika masih berseragam Reading FC. Uniknya, Kirby dipanggil padahal timnya (Reading FC) tidak mengikuti liga teratas Inggris. Kirby sendiri sudah mencatat 8 laga bersama Inggris.

Fara Williams

fara-williams-ukraine-620

dentiknya dengan nomor punggung 4, gelandang yang lekat bermain untuk Liverpool dan Inggris menjadi motor serangan tim. Williams yang mecatat 140 caps bersama “Lionesses” dan 37 gol membuat pilihan gelandang di skuad inj beragam. Fara adalah salah satu gelandang serba bisa Inggris.

Prediksi dan Gaya Permainan

Inggris tidak akan memainkan gaya permainan cepat nan pragmatis. Kini, Mark Sampsons untuk menekankan penguasaan bola dan pressing ketat ketimbang bermain tiki-taka atau semacamnya.

[Prediksi Starting: 4-2-3-1] Karen Bardsley di depan mistar gawang berharap dewi fortuna menaunginya sepanjang turnamen. Perpaduan antara Alex Scott dan Alex Greenwood di lini sayap belakang Inggris akan diperkokoh duet sentral bek Manchester City, Lucy Bronze dan Stephanie Houghton. Di lini tengah Katie Chapman dan Fara Williams akan bertugas lebih ke dalam sementara Karen Carney dan Jordan Nobbs akan bermain di kedua sisi sayap. Eniola Aluko dapat ditaruh lebih ke belakang agar Lianne Sanderson leluasa mengobrak-abrik pertahan lawan.

Christine Sinclair, right, of Canada challenges for the ball with Fara Williams of England during the Cyprus Women's Cup soccer final match, at GSP stadium in Nicosia, Wednesday, March 11, 2015. (AP Photo/Petros Karadjias)

Beberapa bintang muda yang patut dipertahankan seperti Jordan Nobbs, Alex Greenwood, dan Fran Kirby seharuanya bisa menjadi aset Inggris di masa depan. Publik tentu tak mau ada kemunduran lagi di sepakbola wanita Inggris. Jadi, siapkah Inggris membawa trofi itu “pulang ke rumah” ? Kita tunggu saja. [sd]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s