Profil Peserta Piala Dunia Wanita Kanada 2015 – Grup E: Brasil


image

Piala Dunia Wanita Kanada 2015 telah memasuki pertandingan kedua fase grup. 552 Pemain dari 24 negara siap bertarung memperebutkan trofi utama dan memberikan yang terbaik untuk bangsa mereka. Satu diantaranya adalah Brasil yang lolos ke Piala Dunia Wanita 2015 dengan status sebagai Juara Copa America 2014. Prestasi terbaiknya adalah sebagai runner-up Piala Dunia Wanita 2007 di Tiongkok.

Pengantar

Brasil datang ke Kanada dengan statusnya sebagai Juara Copa America 2014. Dari 7 partisipasi di Copa America, Brasil memenangi 6 gelar bergengsi di Amerika Latin sejak diadakan pada tahun 1991. Sebelumnya pada Piala Dunia Wanita 2011 di Jerman, anak asuhan Vadao ini tersisih di babak perempatfinal dari tangan Amerika Serikat lewat adu penalti. Pencapaian terbaik Brasil adalah saat Piala Dunia Wanita 2008 di Tiongkok dimana Brasil menjadi runner-up setelah tumbang dari Jerman. Saat ini Brasil berada di ranking 7 FIFA.

image

Skuad Brasil di Piala Dunia Wanita 2015 [sumber: fifa.com]

Player to Watch

Marta

BRA-KOR01

Marta sudah tidak asing lagi untuk penggemar sepakbola wanita. Ia merupakan pemenangan FIFA Women’s Player Of The Year sebanyak 5 kali dan selalu menjadi nominator pada penghargaan tersebut. Saat Piala Dunia Wanita 2011, Marta mencetak empat gol dan membuat 12 kali peluang untuk Brasil. Marta baru saja melewati rekor gol terbanyak di Piala Dunia Wanita milik Birgit Prinz. Marta menandatangani kontrak bersama klub juara Liga Swedia, FC Rosengard selama 6 bulan pada 2014 sebelum dipermanenkan pada awal 2015.

Andressa Alves

image

Andressa merupakan aset masa depan di timnas Brasil. Ia merupakan pemain serba bisa dimana ia bisa bermain sebagai bek sayap, pemain tengah dan juga striker. Sempat menandatangani kontrak bersama klub NWSL Amerika Serikat, Boston Breakers. Namun, ia memutus kontraknya karena ingin fokus untuk persiapan Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro.

Gaya Permainan dan Prediksi

Taktik Brasil tidak terlalu banyak berubah sejak ditangani oleh Vadao. Tetapi saat bertemu tim sebesar Amerika Serikat dan Jerman tentu akan terjadi banyak perubahan. Kelemahannya mungkin adalah kurangnya persiapan sebelum turnamen dari federasi itu sendiri. Jika mendapat persiapan yang bagus, Vadao bisa mengembangkan skuad dengan lebih atraktif.

Vadao cenderung menggunakan formasi 4-3-3. Cristiane diplot sebagai pilar utama Brasil. Kemudian Andressa Alves sebagai sayap kanan dan Marta di sayap kiri Serta Formiga, Andressa dan Thaisa menjadi bagian dari lini tengah Selecao. Untuk Kiper biasanya diisi oleh Luciana. Sementara Fabiana, Monica, Rafaelle dan Tamires mengisi posisi bek.

BRA-KOR03

Tidak terlalu banyak perubahan berarti di skuad Selecao sejak menjadi finalis Piala Dunia Wanita 2007. Marta dan Cristiane sudah sangat familiar di skuad Brasil dan mungkin jadi peluang terakhir mereka untuk mengejar gelar Juara Dunia. Kemudian ini merupakan Piala Dunia Wanita ke-enam bagi Formiga yang sudah berusia 39 tahun, sama halnya dengan Homare Sawa. [rn]

One thought on “Profil Peserta Piala Dunia Wanita Kanada 2015 – Grup E: Brasil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s