Profil Peserta Piala Dunia Wanita Kanada 2015 – Grup E: Korea Selatan


image

Piala Dunia Wanita Kanada 2015 telah memasuki pertandingan kedua fase grup. 552 Pemain dari 24 negara siap bertarung memperebutkan trofi utama dan memberikan yang terbaik untuk bangsa mereka. Satu diantaranya adalah Korea Selatan. Korea Selatan lolos ke Piala Dunia Wanita 2015 Kanada dengan berstatus sebagai peringkat ke-4 pada Piala Asia 2014 di Vietnam.

Pengantar

Korea Selatan memasuki Piala Dunia Wanita 2015, dan ini untuk kedua kalinya mereka berpartisipasi sejak tahun 2003 dimana Taeguk Ladies hanya bisa sampai fase grup saja saat itu. Pada partisipasi mereka di Piala Asia tahun lalu juga tidak terlalu bagus. Setelah menang dari Thailand dan Myanmar, mereka takluk dari Australia di semifinal dan juga Tiongkok pada perebutan tempat ketiga.

image

Skuad Korea Selatan di Piala Dunia Wanita 2015 [sumber: fifa.com]

Skuad Taeguk Ladies ditangani oleh mantan bek timnas Korea Selatan, Yoon Deok-yeo pada era 90an sejak tahun 2013 lalu. Sebagian besar skuad Korea Selatan bermain di liga lokal, delapan diantaranya untuk Incheon Hyundai Steel Red Angels yang awal Februari lalu beruji coba dengan sejumlah klub papan atas Spanyol. Hanya dua yang bermain di Eropa seperti Park Eun-sun untuk klub Rusia, FC Rossiyanka dan Ji So-Yun yang bermain untuk klub FA WSL 1 Inggris, Chelsea Ladies.

Player To Watch

Park Eun-sun

image

Park Eun-sun merupakan salah satu pemain yang sudah cukup senior di timnas Korea Selatan. Merupakan salah satu pemain yang memiliki postur tubuh tertinggi di skuad Taeguk Ladies dengan 182 cm. Selama Piala Asia 2014, ia mencetak enam gol dan menjadi pencetak gol terbanyak bersama striker Tiongkok Yang Li. Park Eun-sun sempat menjalani serangkaian test gender dan akibatnya sempat absen di timnas Korea Selatan. Kemudian Park Eun-sun pindah ke Rusia pada Agustus 2014 dengan bergabung bersama FC Rosiyanka.

Ji So-Yun

image

Nama Ji So-Yun mulai bersinar saat bergabung dengan Chelsea Ladies pada tahun 2014 setelah tampil impresif bersama INAC Kobe Leonessa. Pada musim pertamanya di Chelsea Ladies, ia sukses memenangi FA WSL1 Player of The Year 2014, pesepakbola perempuan terbaik versi PFA dan sebagai PFA WSL Team of The Year setelah mencetak sembilan gol dari 19 laga. Pada November 2006, ia menjadi pencetak gol termuda di timnas senior Korea Selatan (15 tahun, 282 hari) setelah memulai debutnya pada Oktober 2006.

Gaya Permainan dan Prediksi

Yoon Dukyeo akan mengandalkan dua pilarnya yang bermain di Eropa seperti Park Eun-sun dan Ji So-Yun, terutama mereka ingin lolos dari Grup E. Korea Selatan juga memiliki pengalaman di sektor gelandang bertahan seperti Cho So-Hyun dan kiper Kim Jung-mi yang merupakan kunci sentral di lini pertahanan Korea Selatan.

[Prediksi starting 4-4-2] Kim Jung-mi tetap diplot sebagai benteng terakhir pertahanan dari Korea Selatan. Kemudian lini belakang diisi oleh Lee Eun-mi, Seo-yeon, Kim Do-yeon, dan Jeon Gae-ul. Sementara Lini tengah diisi oleh Cho Soh-yun, Ji So-yun, Yoo Younga dan Kwon Hah-nul. Kemudian Park Eun-sun dan Kim-Hye-ri sebagai ujung tombak. Atau bisa memasang Kang Yu-mi sebagai alternatif di lini depan.

image

Korea Selatan pernah bermain di Piala Dunia Wanita pada tahun 2003. Namun, kalah di semua laga yang mereka jalani pada saat itu. Target Korea Selatan adalah mengejar kemenangan perdana di Piala Dunia Wanita yang menjadi prioritas. Namun, Spanyol dan Kosta Rika juga memiliki peluang yang sama untuk itu, karena merupakan Piala Dunia Wanita pertama mereka dan Korea Selatan bisa memanfaatkan peluang tersebut. [rn]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s